Tanggal:25 May 2024

Cara Mencegah Penyakit Varises

Banyak dari kita yang melakukan olahraga, baik di pagi, siang, sore, maupun malam agar tubuh senantiasa tetap sehat dan bugar. Jenis olahraga yang dilakukan juga beragam, seperti berlari, gym, senam, dan lain-lain. Setelah melakukan olahraga, tubuh akan terasa capek dan lelah sehingga memerlukan istirahat agar tubuh terasa rileks kembali. Tanpa kita sadari, saat istirahat dengan posisi duduk kaki kita tidak dalam keadaan lurus atau rileks melainkan bersila atau ditekuk. Posisi tersebut dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh dan menyebabkan munculnya penyakit varises pada bagian kaki. 

Apa Itu Varises?

Varises (Sumber: Freepik)

Penyakit varises adalah suatu penyakit akibat melemahnya katup pembuluh darah yang ada di tubuh, khususnya bagian tangan dan kaki. Kondisi ini menyebabkan terhambatnya pergerakan darah ke jantung dan justru menumpuk di pembuluh darah tersebut.

Pada umumnya, penyakit varises ini terjadi pada permukaan kulit kaki yang ditandai dengan munculnya bentuk menyerupai cacing serta berwarna campuran antara merah dan biru. Pada awalnya tidak ada rasa apapun atau keluhan ketika mengalami penyakit varises, namun jika dibiarkan dapat merusak penampilan dan mengalami pembengkakan pada kulit.  

Baca juga: 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya penyakit varises, antara lain obesitas, riwayat kesehatan keluarga, dan usia. Tapi jangan khawatir, kita bisa mencegah penyakit varises dengan menjalani pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat dapat melancarkan sirkulasi darah pada tubuh kita. Nah, di sini bakal kita bahas gimana, sih, caranya mencegah varises dengan pola hidup sehat?

7 Cara Mencegah Varises

1. Menjaga pola makan 

Menjaga pola makan (sumber: Pexels)

Pola makan yang teratur dan sehat bisa membuat sirkulasi darah dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar. Menghindari makanan yang manis dan asin dalam jumlah besar dan menggantinya dengan makanan berserat bisa menjadi salah satu pilihan dalam menjaga pola makan. Jadwal makan yang teratur bisa membantu tubuh lebih sehat.  Dengan begitu penyakit varises dapat dicegah sedini mungkin.  

Baca juga: Perhatikan! Berikut Makanan Sehat Untuk Jantung 

2. Olahraga yang teratur 

Rajin olahraga (sumber: Pexels)

Bagi sebagian orang olahraga itu menyenangkan karena dengan berolahraga tubuh jadi terasa lebih awet muda, khususnya bagian wajah. Olahraga bisa membantu mengencangkan otot dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga bisa mencegah munculnya penyakit varises. Olahraga yang teratur juga dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar. 

3. Menurunkan berat badan 

Menjaga berat badan (sumber: Pexels)

Urusan mengenai berat badan bisa menjadi momok bagi sebagian orang, apalagi jika berada di angka yang cukup besar. Nah, berat badan yang berlebih atau obesitas juga menjadi pemicu munculnya penyakit varises karena meningkatnya tekanan pada bagian kaki. Perlunya mengatur pola makan melalui diet sehat untuk menurunkan berat badan dapat membantu mencegah penyakit varises. Selain itu, menurunkan berat badan juga dapat mencegah munculnya penyakit lain, seperti diabetes dan jantung. 

Baca juga: Tips Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

4. Tidak merokok serta menghindari alkohol dan kafein 

Hindari rokok dan alkohol (sumber: Pexels)

Merokok, mengonsumsi alkohol, dan kafein, menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit varises. Kebiasaan merokok berdampak pada menyempitnya pembuluh darah sehingga memicu timbulnya penyakit varises. Pada faktanya, mengonsumsi alkohol dapat mengurangi sel darah merah dalam tubuh dan menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah bagian kaki meningkat dan memungkinkan penyakit varises muncul lebih cepat. Selain alkohol, kafein juga memberikan efek serupa untuk pembuluh darah. 

5. Menghindari duduk dan berdiri dalam waktu yang lama 

Rajin gerak (sumber: Pexels)

Duduk dan berdiri dalam waktu yang lama membuat kaki bekerja keras menopang tubuh. Tekanan pada kaki dapat menjadi penyebab munculnya penyakit varises karena darah tidak bisa mengalir dengan sempurna ke jantung sehingga menumpuk di area itu saja. Alangkah baiknya ketika kamu dalam posisi duduk atau berdiri lama, sesekali bisa melakukan peregangan kaki dengan menggerak-gerakkan kaki agar sirkulasi darah tidak terhambat. 

6. Menghindari menggunakan pakaian yang ketat 

Memilih pakaian (sumber: Pexels)

Pakaian yang longgar dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Namun sebaliknya, pakaian yang ketat justru memberikan kesan tidak nyaman ketika dipakai. Selain tidak nyaman, pakaian yang ketat juga dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Darah yang tidak bisa mengalir dengan baik akan menumpuk di pembuluh darah dan menimbulkan munculnya penyakit varises pada tubuh. 

7. Merendam kaki dengan air hangat 

Merendam kaki dengan air hangat (sumber: Pexels)

Ketika seharian melakukan aktivitas yang sebagian besar duduk atau berdiri dalam waktu lama, kaki akan terasa pegal. Cara ini bisa dilakukan untuk memberikan efek rileks pada kaki yang terasa lelah. Rendaman air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada kaki sehingga dapat mencegah munculnya penyakit varises pada kaki. 

Baca juga: Tiba-Tiba Kaki Kram? Berikut Cara Mengatasi Kaki Kram! 

Nah, itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit varises. Penyakit varises bukanlah penyakit yang menakutkan tapi jika dibiarkan bisa menjadi penyakit yang serius. Maka dari itu, mulai sekarang ayo menerapkan tujuh cara di atas agar sirkulasi darah dalam tubuh berjalan lancar sehingga penyakit varises dapat dihindari. Penyakit varises tidak ada, penampilan makin oke.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mencegah penyakit varises. Untuk kamu yang membutuhkan informasi lebih lengkap tentang dunia olahraga, kesehatan, pola hidup sehat, dan lain-lainnya, kamu bisa mendapatkannya di blog Vocasia hanya di sini 

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *