Tanggal:04 May 2024

Cara Cerdas Menghadapi Rekan Kerja Manipulatif

Di tempat kerja, kamu bakal berhadapan dengan manusia dan berbagai macam karakternya. Ada yang asyik banget dijadikan teman, ada juga yang toxic. Salah satu makhluk toxic yang banyak kamu temukan di tempat kerja adalah rekan yang manipulatif.

Kamu tidak butuh indera ke-enam buat tahu seperti apa mereka. Orang yang manipulatif biasanya bakal merendahkan orang lain, dan di saat yang sama membuat diri mereka sendiri kelihatan lebih baik. Berikut cara menghadapi rekan kerja yang manipulatif.

1. Cobalah melihat sesuatu dari perspektif mereka

Cara paling efektif untuk menghadapi rekan kerja yang manipulatif adalah dengan menentukan mengapa ia berperilaku seperti itu. Apakah dia memang terbiasa bersikap manipulatif, ataukah hanya untuk menarik perhatian?

Daripada menyalahkan perilakunya, cobalah untuk memahaminya. Melihat berbagai hal dari sudut pandang adalah langkah selanjutnya untuk dapat secara efektif memiliki hubungan kerja dengan orang seperti ini.

2. Tetaplah bersikap profesional

Cara paling efisien untuk menangani perilaku manipulatif adalah dengan tetap bersikap profesional. Tahan diri dari berbicara buruk tentang orang tersebut dan cobalah menemukan hal positif darinya.

Cara terburuk untuk menanganinya adalah dengan memberikan kritik kepada rekan kerja kamu. Ini hanya akan membuat mereka mendapatkan pembenaran untuk tindakannya.

Ketika kamu berfokus hal positif yang ia miliki, hal itu akan terlihat dalam interaksimu dengannya. Secara tidak langsung itu akan membuat ia akan semakin menyukaimu dan tidak ingin membuatmu marah.

3. Jangan biarkan ia mendikte perasaan atau tindakanmu

Cara  menghadapi teman kerja yang manipulatif adalah jangan pernah membiarkan mereka mendikte kamu. Sadari bahwa kamu tidak dapat mengontrol tindakannya, tetapi kamu dapat mengontrol cara kamu menanggapinya.

Tetap tenang dan lakukan pekerjaan dengan cara yang ramah, positif, dan rajin, terlepas dari bagaimana rekan kerja kamu bersikap padamu. Jangan pernah mau melakukan sesuatu yang membuatmu tidak nyaman. Sampaikan apabila kamu merasa tidak nyaman dengan perilakunya dan tetap pertahankan sikap yang profesional.

4. Jangan takut mengatakan tidak

Hanya rekan kerja yang manipulatif meminta sesuatu darimu, bukan berarti permintaan itu sendiri manipulatif. Terkadang, nasihatnya dapat bermanfaat untukmu.Hadapilah permintaan atau sarannya dengan pikiran yang terbuka.

Sebelum mengatakan “ya” atau “tidak” untuk permintaanya, analisis bagaimana dampak tindakan tersebut terhadapmu. Ketegasan adalah salah satu kunci untuk menghadapi rekan kerja yang manipulatif. Jangan takut menolak permintaan rekan kerjamu jika kamu merasa nyaman.

5. Hadapi mereka dengan rasa percaya diri

Seorang rekan kerja manipulatif biasanya punya tujuan untuk mengontrolmu. Mereka ingin agar kamu merasa takut, sedih, atau bahkan minder sehingga mudah dimanipulasi.

Satu-satunya cara adalah menghadapi mereka dengan percaya diri. Misal, saat mereka merendahkan dirimu (bahkan dalam bentuk bercanda), katakan pada mereka kalau kamu menolak penilaian yang mereka lontarkan padamu. Dengan mengambil kontrol atas emosimu sendiri, hal itu bakal bikin kamu jadi mangsa yang susah buat dimanipulasi.

Baca juga :

7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress

Cara Mendapatkan Teman Di Kantor

Begini Lho Cara Keluar Dari Lingkungan Kerja Toxic, Simak Baik-Baik!

Pahami Kerja Cerdas Agar Pekerjaan Terselesaikan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *