Tanggal:15 May 2024

Ingin Jadi Peringkat 1 di Kelas? Ikuti 10 Langkah Berikut!

Bagi sebagian besar murid, menjadi peringkat 1 di kelas adalah hal yang sulit diraih. Butuh usaha lebih untuk berada di peringkat pertama. Memang untuk mencapai sesuatu yang ingin kamu raih memerlukan usaha yang menggunakan cara-cara efektif, termasuk dalam usaha menjadi ranking 1 di kelas. 

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk menjadi peringkat 1, tetapi belum mencapainya artikel ini akan membahas beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan peringkat 1 di kelas. Simak di bawah ini!

Baca juga: Cara Menjadi Agen Aqua Galon

Cara Menjadi Ranking 1

Langkah Menjadi Peringkat 1 di Kelas. Sumber: pexels.com

Prestasi dalam bidang akademis mungkin menjadi salah satu yang diinginkan setiap siswa dalam menjalani proses pembelajaran. Penasaran bagaimana cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat meraih ranking 1 di sekolah? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Datang Tepat Waktu

Datang ke sekolah tepat waktu agar tidak membuat kamu terlihat buruk di mata guru. Selain itu, jika terlambat datang ke sekolah kamu akan banyak kehilangan banyak waktu untuk belajar. Biasanya siswa yang terlambat diberi hukuman terlebih dahulu, sehingga melewatkan jam pelajaran di kelas. Agar tidak terlambat, kamu perlu bangun pagi dan mempersiapkan segala keperluanmu sebelumnya.

2. Pilih Posisi Tempat Duduk di Depan

Pernah mendengar ungkapan posisi menentukan hasil? Kamu bisa menerapkannya dalam menentukan posisi tempat duduk. Memilih posisi duduk di depan akan memberimu banyak keuntungan. Kamu bisa melihat tulisan di papan tulis dengan jelas dan mendengarkan secara seksama penjelasan materi dari guru. Kamu tidak perlu takut disuruh untuk mengerjakan tugas di papan tulis karena biasanya guru justru menyuruh murid yang duduk di belakang dan selalu bising untuk maju dan mengerjakan soal.

Baca juga: Cara Bikin Kartu Pra-Kerja

3. Aktif Berkontribusi di Kelas

Siswa yang aktif di kelas akan lebih disukai oleh guru dibanding yang pasif. Keaktifan ini bisa dilakukan ketika pelajaran berlangsung seperti sering bertanya dan menjawab soal yang diberikan. Jangan malu atau takut untuk bertanya, menjawab soal, atau menyatakan pendapat. Hal tersebut tentunya akan menjadi salah satu pertimbangan guru dalam memberikan nilai, sehingga kamu berpeluang untuk mendapatkan nilai bagus. 

4. Rajin Mencatat Materi

Meskipun materi sudah ada di buku, mencatat penjelasan guru tetap perlu kamu lakukan. Hal tersebut dilakukan karena kamu bisa saja lupa atau penjelasan dibuku berbeda dengan yang diterangkan oleh guru. Mencatat juga akan membantu kamu untuk lebih mudah mengingat apa yang telah dipelajari. Catatan yang kamu buat cukup dengan menuliskan poin-poin penting yang diperlukan.

5. Menjaga Hubungan Baik dengan Guru

Hubungan komunikasi yang dijalin bersama dengan guru perlu lancar sebab akan memberikanmu kemudahan pada saat meminta penjelasan tambahan ketika ada pelajaran yang belum dimengerti. Hubungan komunikasi yang baik dengan guru ini bisa menunjang prestasi di sekolah.

6. Selalu Berbuat Baik

Kepribadianmu yang baik pada lingkungan sekitar juga perlu ditanamkan. Berbuat baik kepada sesama temanmu di sekolah. Sikap atau perilaku yang baik ini akan disenangi oleh banyak orang. Perilaku baik yang kamu tanamkan dapat memberikan kemudahan ketika kamu mengalami kesulitan seperti tidak tahu cara mengerjakan soal atau tidak paham suatu pelajaran, mereka dengan senang hati membantu.

Baca juga: Ancaman Bisnis Coffee Shop

7. Mengulas Kembali Pelajaran

Apakah kamu pernah merasakan, saat kelas berlangsung dan kamu kembali pulang, materi yang dipelajari siang langsung hilang? Lupa akan materi pelajaran biasanya jadi masalah utama para siswa, nih. Jangan khawatir kamu bisa melakukan ulasan kembali atau semacam review materi yang telah dipelajari setiap harinya. Nah, saat mengulasnya kamu bisa memanfaatkan catatan yang sudah kamu buat ya! Melakukan ulasan materi secara berkelanjutan dapat membuat kamu mudah mengingat sebagian besar materi yang telah dipelajari.

8. Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Guru menyukai murid yang disiplin dan selalu mengerjakan tugas. Pekerjaan rumah dan tugas yang diberikan oleh guru harus selalu kamu kerjakan dan kumpulkan tepat waktu. Latih dirimu dalam menghindari untuk menunda-nunda pekerjaan karena dengan menunda kamu hanya akan menambah pekerjaan menjadi lebih banyak. Selain itu, tinggalkan kebiasaan buruk mengerjakan tugas rumah di sekolah karena hasil yang akan kamu dapat juga tidak akan memuaskan. 

9. Memanfaatkan Teknologi dengan Baik

Penggunaan teknologi saat ini sudah sangat meluas ke berbagai kalangan, termasuk siswa yang juga menggunakan internet untuk keperluan bacaan atau pencarian referensi. Teknologi ini bisa kamu gunakan dengan bijak untuk membuka hal-hal yang bermanfaat. Pemanfaatan teknologi ini bisa kamu gunakan untuk mencari berbagai materi pelajaran yang bisa diakses dengan mudah dan praktis. Jadi, sudah tidak ada alasan bagi kamu kekurangan bahan bacaan atau referensi!

10. Pola Hidup Sehat

Memiliki pola hidup yang sehat juga penting untuk proses pembelajaran. Kamu dapat memulainya dengan rajin mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup. Ketahui batasan tubuhmu dan jangan terlalu memforsir diri terlalu keras untuk belajar secara berlebihan. Ketika kamu memiliki time management yang baik semua pekerjaan akan cepat terselesaikan.

Pola hidup sehat juga bisa kamu terapkan dengan membiasakan diri untuk sarapan sebelum melakukan semua kegiatan termasuk sekolah. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi agar lebih mudah menangkap materi yang disampaikan guru. Selain itu, sarapan juga memberikan energi pada tubuh kamu untuk belajar hingga waktu istirahat tiba.

Baca juga: Universitas yang Menerima Lulusan SMK

Itu dia 10 langkah yang bisa kamu lakukan agar mendapat peringkat 1 di kelas. Sudah mencoba semua langkah tersebut? Jika sudah tetapi belum mendapatkan ranking 1 di kelas, kamu perlu lebih memaksimalkan lagi usaha yang kamu lakukan, ya. Semangat!

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Jenis-Jenis Dokter

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *