Tanggal:29 April 2024

Auto Pede! Berikut 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut merupakan salah satu hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini seringkali terjadi saat puasa atau ketika seseorang tidak memasukkan makanan atau minuman ke dalam mulut dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan mulut kering dan membuat bakteri nyaman tinggal di mulut. Jika kamu mengalami masalah bau mulut atau memiliki orang terdekat yang mengalaminya, maka berikut adalah cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami yang bisa kamu coba dengan mudah!

Penyebab Bau Mulut

Penyebab Bau Mulut (sumber: canva.com)

Sebelum kamu menerapkan cara menghilangkan bau mulut secara alami, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa saja penyebab bau mulut agar kami bisa mengantisipasi dan mengatasinya dengan baik. Melansir dari Medical News Today, faktor utama yang bisa menjadi penyebab bau mulut adalah makanan beraroma tajam seperti bawang, petai, jengkol, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat menimbulkan bau tidak sedap lantaran aroma tajam dari makanan tertentu dapat terserap melalui aliran darah dan diembuskan oleh paru-paru sehingga tercium bau mulut.

Selain itu, mulut kering juga mendukung bakteri yang ada di mulut dapat tumbuh dan berkembang biak sehingga dapat menimbulkan bau tidak sedap. Ditambah lagi, kuman dan bakteri yang menumpuk di mulut serta dibarengi dengan kurangnya kebersihan mulut dapat menyebabkan kemunculan plak atau karang gigi. Selain itu, pertumbuhan bakteri juga dapat dipicu dengan beberapa kondisi seperti sisa makanan yang kurang bersih, kurang bisa menjaga kebersihan kawat gigi atau gigi palsu, jarang menyikat gigi, dan lain sebagainya.

Jika kamu perokok atau gemar meminum alkohol, hal tersebut juga dapat memicu bau napas tidak sedap. Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, penyebab napas bau lainnya juga bisa karena gangguan kesehatan seperti GERD, diabetes, bronkitis, sariawan, amandel, dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut adalah masalah yang cukup sensitif bagi sebagian orang dan tidak jarang membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena bau mulut merupakan sesuatu yang bisa diatasi dan dihilangkan. Untuk itu, berikut adalah cara menghilangkan bau mulut secara alami yang super mudah dan aman.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami adalah dengan minum air putih. Menurut penelitian, mulut kering seringkali menjadi penyebab bau mulut. Air liur memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan mulut.

Perbanyak Konsumsi Air Putih (Sumber: canva.com)

Tanpa minum air yang cukup, bakteri penyebab bau mulut dapat berkembang biak dengan subur dan masif. Di sisi lain, mulut secara alami mengering saat seseorang tidur sehingga seringkali membuat bau napas menjadi lebih buruk di pagi hari. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga agar tubuhmu tetap terhidrasi serta menghindarkan kamu dari bau napas. Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dengan minum air putih (tidak berkafein atau bergula) ini bertujuan agar produksi air liur tetap terjaga dan mulut tidak kering. Karenanya, penuhi setidaknya kebutuhan cairan tubuh dengan 8 gelas air putih setiap hari.

2. Sering Menyikat Gigi serta Menggunakan Benang Gigi

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami selanjutnya adalah dengan lebih sering menyikat gigi dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau kotoran di celah gigi. Hal ini dapat mencegah akumulasi plak berlebih yang menyebabkan bau mulut.

Rawat mulutmu dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari dan lakukan flossing minimal sekali sehari. Jika kamu khawatir dengan bau napas, cara terbaik untuk menghilangkan napas bau secara alami adalah dengan melakukan keduanya sedikit lebih sering dan tidak berlebihan.

3. Menggosok Lidah

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan menggosok lidah. Hal ini dikarenakan lidah berpotensi menjadi sarang berkembang biaknya bakteri di mulut. Oleh karena itu, kamu bisa menyikat lidah dengan sikat gigi yang lembut atau menggunakan sikat gigi yang memiliki bagian pembersih lidah.

4. Membilas Mulut dengan Obat Kumur

Cara menghilangkan bau mulut secara alami untuk selamanya yang satu ini adalah dengan rajin berkumur menggunakan obat kumur. Kenapa hal ini diperlukan?

Baca juga: 10+ Cara Promosi di Instagram Auto Cuan!

Jadi, selain menyegarkan nafas, obat kumur memberikan perlindungan ekstra dengan menghilangkan bakteri. Ditambah lagi, rasa mint pada kebanyakan obat kumur memberikan sensasi segar segar yang bisa membuat seseorang merasa lebih baik. Namun, pastikan terlebih dahulu obat kumur yang kamu pilih dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut, bukan sekadar menutupi baunya. Bilas mulut setiap hari dengan obat kumur yang baik. Waktu yang ideal untuk berkumur dengan obat kumur adalah sebelum tidur. Bilas mulut dengan air bersih setelah makan untuk mencegah makanan menempel di gigi.

5. Hindari Makanan Beraroma Tajam

Kamu bisa mulai mengurangi atau bahkan menghindari untuk mengonsumsi makanan-makanan beraroma tajam secara langsung seperti bawang merah, bawang putih, petai, jengkol, dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan karena sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa makanan beraroma tajam dapat masuk ke aliran darah dan diembuskan melalui paru-paru saat kita bernapas. Jika kamu masih ingin memakan makanan dengan aroma tajam, setidaknya hindari mengonsumsi makanan tersebut sebelum pergi bekerja atau bertemu teman.

6. Kurangi atau Hilangkan Kebiasaan Merokok

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Merokok tidak hanya dapat menyebabkan kanker, tetapi juga dapat merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Menyambungkan HP Ke TV? Ini Dia Tutorialnya!

7. Jagalah Kesehatan Gusi

Cara menghilangkan napas bau selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kesehatan gusi. Penyakit gusi adalah salah satu penyebab bau mulut. Kondisi ini menyebabkan bakteri menumpuk di kantong di dasar gigi dan kemudian menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, upayakan untuk terus menjaga kesehatan gusi kamu.

8. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut yang bisa menjadi alternatif pilihan daripada mengunyah permen gula biasa. Bakteri di mulut menyukai gula dan mereka akan menggunakannya untuk membentuk asam, merusak gigi dan menyebabkan bau mulut.

Mengunyah Permen Karet (sumber: canva.com)

Kunyahlah permen karet tanpa gula, ini adalah cara alami untuk menghilangkan bau mulut selamanya. Permen karet bekerja dengan merangsang air liur yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak serta menjaga mulut agar tidak kering.

9. Meminum Jus Nanas

Cara menghilangkan bau mulut secara alami yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jus nanas. Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan tercepat dan paling efektif untuk bau mulut. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini, laporan anekdot menunjukkan bahwa jus nanas secara alami dapat menghilangkan bau mulut selamanya.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP, Super Gampang!

Cobalah minum segelas jus nanas organik setelah makan atau mengunyah irisan nanas selama 1-2 menit. Penting juga untuk selalu ingat untuk berkumur guna menghilangkan gula dalam buah dan jus buah dari mulut kamu sesudah memakannya.

10. Bertemu dengan Dokter

Jika bau mulut terus berlanjut meskipun telah berusaha sebaik mungkin, buatlah janji dengan dokter. Nantinya, mereka akan memeriksa dan melihat masalah kesehatan yang mungkin saja menjadi dalang utama atau penyebab dari bau mulut tersebut.

11. Mengonsumsi Yoghurt

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dengan mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut Lactobacillus. Bakteri sehat ini dapat membantu melawan bakteri jahat di berbagai bagian tubuh, seperti usus. Selain itu, terdapat pula studi yang menunjukkan bahwa yoghurt dapat mengurangi bau mulut. Studi tersebut menemukan cara menghilangkan bau mulut secara alami selamanya dengan bantuan yoghurt.

Dalam penelitian tersebut ditemukan hasil yang menunjukkan bahwa setelah enam minggu mengonsumsi yoghurt, 80 persen peserta mendapati bahwa bau mulut yang dialaminya berkurang. Probiotik dalam yoghurt efektif mengurangi keparahan bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan yoghurt selamanya adalah dengan memakan minimal satu porsi yoghurt tawar bebas lemak per harinya.

12. Mengonsumsi Jeruk

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dengan mengonsumsi jeruk. Jeruk bukan hanya makanan penutup yang sehat, tetapi juga meningkatkan kebersihan mulut. Banyak orang mengalami bau mulut karena mereka tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk membersihkan bakteri yang berbau tidak sedap. Nah, buah yang satu dianggap dapat mencegah bau mulut.

Sebuah studi tentang cara menghilangkan bau mulut secara alami selamanya menggunakan jeruk menunjukkan bahwa vitamin C dalam jeruk membantu meningkatkan produksi air liur. Ini secara efektif membantu menghilangkan bau mulut.

13. Mengonsumsi Teh Hijau

Cara menghilangkan bau mulut secara alami kali ini adalah dengan minum teh hijau. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang dapat menyegarkan nafas. Selain itu, mint juga diketahui memiliki efek yang serupa. Jadi, secangkir teh mint hijau adalah penyegar nafas yang ideal.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan teh hijau ini untuk selamanya? Buat dua cangkir teh sebelum tidur dan dinginkan semalaman. Tuang teh dingin ke dalam botol air dan bawa ketika kamu beraktivitas. Minum perlahan sepanjang hari agar bau mulut berangsur menghilang.

14. Meminum Susu

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dengan mengkonsumsi susu. Mengapa ini berhasil? Susu adalah obat terkenal untuk bau mulut. Studi menunjukkan bahwa minum susu setelah makan bawang putih dapat menghilangkan napas “bawang putih” secara signifikan.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan susu selamanya adalah dengan meminum segelas susu saat atau setelah makan. Ini lebih dianjurkan jika seseorang baru saja memakan makanan yang beraroma tajam seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay.

15. Menggunakan Baking Soda

Penelitian telah menunjukkan bahwa soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, efektif membunuh bakteri di dalam mulut. Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa pasta gigi dengan konsentrasi soda kue yang tinggi efektif mengurangi bau mulut. Jangan ragu untuk mencoba menghilangkan bau mulut secara alami selamanya dengan baking soda ini.

Untuk melakukan cara ini, kamu bisa membuat obat kumur dengan menambahkan 2 sendok makan baking soda ke dalam 1 gelas air hangat. Kumur-kumur setidaknya selama 30 detik sebelum meludahkannya.

16. Memakan Apel

Satu studi menemukan bahwa apel mentah memiliki efek kuat pada bau bawang putih. Senyawa alami tertentu dalam apel menetralkan senyawa bau dalam bawang putih. Ini sangat membantu bagi orang-orang dengan bau bawang putih yang berkepanjangan karena mampu menetralkan senyawa dalam aliran darah daripada hanya menghilangkan bau mulut.

Nah, itulah dia cara menghilangkan napas bau secara alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga berhasil ya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *