Tanggal:23 July 2024

Bingung? Berikut Cara Menghilangkan Cegukan Terus-Menerus

Pernah nggak sih kamu tiba-tiba cegukan saat sedang asyik ngobrol bersama teman atau bahkan saat sedang nikmat menikmati suatu hidangan? Rasanya pasti cukup mengganggu kan? Apalagi jika cegukan tersebut tidak kunjung hilang, yang ada ngobrol dan makan jadi nggak seru lagi! Namun, jangan khawatir karena sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan cegukan yang tidak kunjung berhenti loh! Yuk simak cara menghilangkan cegukan terus-menerus yang bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana berikut ini!

Penyebab Cegukan

Cegukan adalah kondisi tubuh yang terjadi ketika diafragma (otot yang memisahkan rongga dada dari rongga perut) mengalami kejang. Kejang ini menyebabkan pernapasan tiba-tiba berhenti saat pita suara menutup. Alhasil, kondisi ini memicu munculnya suara “hiccup” atau “hic”.

Penyebab Cegukan atau Hiccups (sumber: canva.com)

Cegukan disebabkan oleh banyak hal, seperti makan yang terlalu terburu-buru, minuman panas dan bersoda, merokok, stres hingga perut kembung. Meski banyak yang menganggapnya sepele, cegukan terus menerus adalah hal yang harus diwaspadai, lho. Hal ini karena cegukan yang berlebihan bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Meski biasanya tidak berbahaya, cegukan terus-menerus yang berlangsung lebih dari dua hari harus segera diatasi. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan cegukan terus-menerus, seperti:

  • Iritasi benda asing di gendang telinga
  • Sakit tenggorokan
  • Pembesaran kelenjar tiroid
  • Tumor atau kista di tenggorokan
  • Kehamilan
  • Hernia hiatus
  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Refluks asam ke kerongkongan (gastroesophageal reflux disease/GERD)

Kondisi kronis seperti diabetes, penyakit Parkinson, gagal ginjal, kanker atau efek samping kemoterapi juga bisa memicu cegukan terus-menerus. Selain itu, cegukan tersebut dapat disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf pusat, sehingga tubuh tidak mampu mengendalikan cegukan tersebut. Selain beberapa hal tersebut, kemungkinan lain yang juga dapat menyebabkan cegukan adalah beberapa prosedur medis juga dapat penggunaan kateter pada otot jantung, prosedur bronkoskopi di paru-paru dan prosedur trakeostomi di leher.

Di samping itu, kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti minum terlalu banyak alkohol dan merokok juga bisa memicu cegukan terus-menerus.

Cara Mengatasi Cegukan

Cara mengatasi cegukan terus-menerus sebenarnya cukup sederhana. Jika kamu atau orang terdekatmu mengalami cegukan berkepanjangan, berikut adalah cara mengatasi cegukan yang bisa kamu coba.

1. Mengatur Pernapasan Serta Posisi Tubuh

Cara mengatasi cegukan yang pertama adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Kita bisa melatih pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam lalu menahannya selama 10-20 detik untuk kemudian dihembuskan perlahan.

Baca juga: 14+ Makanan Untuk Penderita Diabetes

Selain cara itu, kita juga bisa melakukan teknik pernapasan lainnya. Misalnya, tarik napas selama 5 detik lalu hembuskan selama 5 detik. Kamu juga bisa mencoba manuver Valsava, di mana kamu perlu menghembuskan napas dengan mencubit hidung dan menutup mulut selama beberapa detik dan ulangi. Perlu diingat bahwa kamu perlu mencari tempat duduk serta posisi yang nyaman dengan cara menekuk lutut di depan dada dan tahan di sana selama dua menit sampai cegukan berhenti.

2. Menggigit Jeruk Nipis/Lemon

Menggigit atau mengunyah jeruk nipis atau lemon dapat membantu kamu menghilangkan cegukan. Hal ini dikarenakan jeruk nipis dan lemon mengandung vitamin C yang mampu membantu mengatasi gangguan saraf vagus penyebab cegukan.

3. Memakan Gula

Memakan Gula Untuk Mengatasi Cegukan (sumber: canva.com)

Memakan gula adalah salah satu cara yang yang bisa kamu coba untuk mengobati cegukan. Hal ini dikarenakan gula bisa membuat saluran pernapasan menjadi lebih efektif dan efisien. Taruh saja sesendok gula dan masukkan gula tersebut ke dalam mulut kamu. Tunggu beberapa detik dan perlahan untuk membiarkan gula larut tanpa perlu mengunyahnya sampai cegukan hilang.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

4. Memakan Cuka

Rasa asam dari memakan cuka dapat mengalihkan perhatian kamu. Oleh karena itu, menggunakan asam seperti cuka dapat membantu menghentikan cegukan. Cukup campurkan 1 sendok makan cuka (kamu bisa menggunakan cuka putih, cuka gandum, atau cuka sari apel) dengan sedikit air lalu telan perlahan sampai cegukannya hilang.

5. Minum Air Hangat

Kamu bisa mencoba salah satu cara menghilangkan cegukan yang terbilang cukup mudah ini, yakni dengan meminum air hangat. Hal ini dikarenakan air hangat dapat memperlancar peredaran darah dan oksigen sehingga dapat memenuhi kebutuhan oksigen tubuh kamu. Caranya sangatlah mudah, cukup siapkan air hangat kemudian minum. Selanjutnya tahan napas selama beberapa detik. Bila sudah cukup, kamu bisa bernapas lagi dan menelan air hangat lagi (mengulang step sebelumnya). Lakukan ini beberapa kali sampai cegukan hilang.

Baca juga: Contoh Iklan Sabun yang Menarik

6. Mencoba Teknik Bernapas dengan Kantong Plastik atau Kertas

Cara ampuh mengatasi cegukan berikutnya adalah dengan bernapas melalui kantong plastik atau kertas. Sebenarnya teknik ini mirip dengan menahan nafas, yaitu meningkatkan konsentrasi karbondioksida. Yang perlu dilakukan adalah bernapas normal tetapi ke dalam kantong plastik atau kantong kertas.

7. Memakai Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih Untuk Mengobati Cegukan (sumber: pexels.com)

Apakah kamu tahu bahwa minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengobati cegukan yang sangat efektif? Jika belum, maka kamu perlu mencobanya. Penggunaannya sangat praktis dan mudah. Pertama, oleskan minyak kayu putih ke daerah leher dan perut dan biarkan panasnya menyebar. Kehangatan minyak kayu putih dipercaya dapat membantu diafragma menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan dengan cepat.

8. Mengatasi Cegukan Melalui Titik Tekanan

Terletak di seluruh tubuh, titik-titik tekanan ini disebut titik hipersensitif dan mampu membantu membuat diafragma menjadi lebih rileks. Kamu bisa mencoba memencet area diafragma dan meremas telapak tangan dengan ibu jari. Ada juga titik arteri karotis di kedua sisi leher yang bisa dipijat untuk membantu menyembuhkan cegukan.

Nah, itulah dia beberapa cara mudah menyembuhkan cegukan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jika cegukan tidak kunjung berhenti dalam waktu yang lama meski telah mencoba cara-cara di atas, kamu bisa mendatangi rumah sakit dan berkonsultasi secara langsung untuk menelisik masalah kesehatan lain yang mungkin menjadi penyebab dari cegukan tersebut. Semangat ya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *