Tanggal:15 May 2024

10+ Cara Promosi di Instagram untuk Pemula, Pasti Untung!

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram menjelma sebagai salah satu platform media sosial yang meraih kepopuleran luar biasa. Fitur-fiturnya yang andal serta besarnya jumlah pengguna di Instagram membuatnya menjadi salah satu media promosi yang sangat potensial, baik untuk mempromosikan jasa, produk, hingga self branding untuk menunjang kariermu di masa depan. Hal ini juga didukung dengan Instagram ads, fitur collaborator, dan sebagainya yang memungkinkan kamu untuk bisa memasang iklan dan mempublikasikan postingan kolaborasi dengan influencer. Maka dari itu, berikut ini adalah rekomendasi cara promosi di Instagram untuk pemula yang pastinya dapat mendatangkan keuntungan untuk kamu!

1. Mencoba Beralih ke Akun Bisnis

Beralih ke Akun Bisnis (sumber: pexels.com)

Untuk bisa mengakses beberapa fitur tertentu di Instagram, kamu perlu mengubah akun milikmu dari akun personal menjadi akun bisnis atau akun profesional. Selain memudahkan kamu untuk mengakses beberapa fitur unggulan yang dimiliki Instagram dalam rangka berpromosi, kamu juga dapat memantau insight serta engagement dari setiap konten yang kamu unggah. Fitur ini dapat menunjukkan mulai dari interaksi audience dengan konten milikmu, jumlah kunjungan profil, aktivitas audience, dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Iklan Makanan Sehat untuk Promosi

Jika saat ini akun milikmu masih dalam mode akun personal, kamu bisa mengubahnya terlebih dahulu menjadi akun bisnis.

2. Lengkapilah BIO Instagram

Agar akun kamu lebih meyakinkan dan dapat dipercaya, ada baiknya kamu menambahkan BIO Instagram yang lengkap dan informatif. Kamu bisa menambahkan slogan, produk, akun media sosial kamu yang lain, serta informasi penting lainnya yang dapat memberikan sedikit gambaran mengenai produk dan tokomu kepada calon pelanggan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips menulis BIO Instagram yang baik.

  • Gunakan username yang singkat, jelas, mudah dicari serta mudah diingat
  • Tambahkan kata kunci
  • Gunakan profile picture yang baik (bisa logo, merek, dan lain sebagainya)
  • Berikan deskripsi singkat
  • Gunakan emoji agar lebih menarik
  • Berikan kalimat Call to Action untuk menggugah calon pelanggan
  • Tambahkan link website/link pembelian

3. Buatlah Konten yang Menarik

Membuat Konten yang Menarik (sumber: pexels.com)

Sebelum menerapkan beberapa tips promosi yang tepat, kamu sudah harus mulai mengunggah konten-konten yang menarik baik secara visual maupun isi dari konten tersebut. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens dengan cara menunjukkan nilai-nilai serta karakteristik yang kamu miliki. Selain itu, upayakan untuk memilih tema pembahasan konten yang relevan dengan target pasar serta produk yang hendak dipromosikan. Kamu juga bisa mencoba menentukan tema feed Instagram agar postinganmu lebih menarik dan rapih secara visual.

Baca juga: 10+ Media Promosi Online dan Contohnya

4. Konsisten dalam Membuat Konten

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dalam membuat konten. Meski pada awalnya audiens serta insight dari konten yang kamu buat tidak langsung banyak, tetapi konsisten akan memperbesar peluang kontenmu bisa masuk ke pencarian utama sekaligus membangun akun yang solid dengan audiens yang setia.

5. Mencoba Beriklan dengan Fitur di Akun Bisnis

Salah satu fitur yang akan kamu dapatkan apabila beralih ke akun bisnis adalah fitur promote postingan. Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengiklankan produk, layanan, hingga postingan tertentu. Hal ini cukup efektif untuk membuat postingan atau produkmu dilihat oleh lebih banyak audiens. Ditambah lagi, algoritma Instagram yang memungkinkan untuk memberi rekomendasi iklan berdasarkan dengan jenis konten yang sering diakses dapat mengoptimalkan instagram ads agar dilihat oleh target pasar yang sesuai.

Fitur Promote postingan langsung muncul setelah konten diunggah, baik itu di feed atau story Instagram kamu. Salah satu persyaratan penting untuk beriklan di Instagram adalah akun kamu harus ditautkan ke Halaman Facebook dengan profil yang sama. Selanjutnya, kamu tinggal menentukan audience dan budget untuk iklan kamu. Setelah itu, kamu harus memasukkan metode pembayaran, baik dengan kartu kredit atau kartu debit. Setelah itu, tunggu saja persetujuan Instagram dan Instagram akan berhasil mempromosikan konten kamu.

6. Memanfaatkan Jasa Paid Promote atau Endorsement

Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan jasa paid promote atau endorsement. Jika dirasa jasa endorsement artis terlalu mahal, kamu bisa mencoba influencer lokal yang umumnya mematok tarif yang lebih terjangkau serta audience yang dekat denganmu. Sementara itu, untuk paid promote kamu bisa menemukannya dengan cara mengetikkan hastag di pencarian Instagram atau mencari akun-akun mahasiswa yang seringkali menggunakan paid promote sebagai salah satu cara mengumpulkan dana usaha. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak audience dengan harga yang lebih terjangkau.

7. Manfaatkan Hastag

Agar postingan kamu lebih mudah ditemukan, kamu bisa mencoba untuk melakukan optimalisasi hastag agar orang lebih mudah menemukan postingan kamu. Misalkan kamu berjualan produk minyak kemiri dan domisili kamu berada di Malang, maka hastag yang bisa kamu tambahkan di antaranya adalah minyak kemiri murah, jual minyak kemiri, minyak kemiri malang, penumbuh rambut, dan hastag lain yang berhubungan dengan produk milikmu.

Maka dari itu, sebelum memposting konten kamu perlu melakukan riset berbagai macam keyword yang paling sering dicari orang terkait dengan produk kamu.

8. Buat Giveaway Untuk Mempromosikan Produk dan Mendapatkan Exposure dari Masyarakat

Diskon memang merupakan bentuk periklanan yang baik, namun cara promosi produk ini dianggap kurang efektif. Alih-alih memberikan diskon, kamu bisa mencoba memberikan hadiah produk kepada followers kamu di Instagram. Hadiah promosi dianggap lebih efektif untuk bisnis karena memungkinkan konsumen untuk membeli dan mencoba produk secara gratis. Artinya, konsumen memiliki kesempatan untuk menguji sendiri kualitas produk kamu.

Jika kualitasnya benar-benar bagus, konsumen tidak akan segan-segan mempromosikan produknya tanpa diminta. Konsumen bahkan lebih cenderung untuk kembali membeli produk yang sama jika ia merasa produk tersebut berkualitas dan cocok untuknya.

9. Bagikan Pula Testimoni-Testimoni Positif dari Pelanggan

Membagikan Testimoni Pelanggan (sumber: pexels.com)

Cara promosi yang satu ini juga dinilai cukup ampuh karena hampir semua orang selalu melihat review dan penilaian pelanggan terdahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Selain menggaet pelanggan baru, memposting testimoni dan review baik dari pelanggan yang sudah mencoba produk juga dapat menjadi salah satu bentuk apresiasi kepada mereka lantaran sudah membeli produk darimu.

10. Manfaatkan Tren

Tren mereka bisa menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan akun Instagram kamu. Trending bisa merupakan sesuatu yang sederhana seperti fitur terbaru Instagram, hal yang menyenangkan seperti mengikuti tantangan viral terbaru atau melakukan pekerjaan amal untuk mendukung perubahan sosial.

Baca juga: 9 Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnismu!

Memposting postingan yang menarik dan berkualitas pada topik yang sedang tren kemungkinan akan membuat pengikut kamu memposting ulang di akun pribadi mereka. Ini dapat semakin memperluas jangkauan kamu dan memperkuat nilai utama merek kamu. Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag yang relevan.

11. Posting di Waktu yang Tepat (Prime Time)

“Waktu yang tepat” ini sendiri bergantung pada audiens yang menjadi target, jenis bisnis, dan lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkannya dan melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya, jika target pasar kamu adalah para eksekutif, waktu terbaik untuk memposting mungkin setelah kantor tutup, sekitar pukul 17.00, atau selama perjalanan pagi mereka.

Namun, jika audiens kamu sebagian besar terdiri dari ibu dengan anak kecil, waktu terbaik untuk memposting mungkin pagi-pagi sekali setelah mereka mengantarkan anak mereka ke sekolah. Lakukan eksperimen dan lihat analitik kamu untuk melihat waktu posting mana yang paling efektif saat mempromosikan akun Instagram milikmu.

Nah, itulah dia beberapa cara promosi di Instagram yang bisa kamu coba untuk membantu menaikkan nama besar akun serta produk yang hendak kamu promosikan. Jika kamu belum terlalu paham bagaimana menjadi content creator yang baik, kamu bisa mengikuti kursus murah dan efektif berikut ini.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *