Tanggal:15 May 2024

6 Prinsip Kerja yang Wajib Diterapkan Agar Sukses Berkarir

Semua orang pasti memiliki definisinya masing-masing mengenai kesuksesan. Meskipun perbedaan dari definisi sukses begitu beragam, serta cara meraihnya pun mungkin akan berbeda pula. Namun, kesuksesan bisa didapkan apabila dirimu memiliki prinsip yang dipegang teguh.

Baca Juga : Apa itu Karir

Terdapat beberapa prinsip kerja untuk mencapai kesuksesan yang bisa kamu aplikasikan secara universal. Prinsip kerja ini harus kamu selalu lakukan dan tumbuhkan, apapun pekerjaan, bakat, minat, dan tujuan hidupmu. Berikut prinsip-prinsip kerja yang harus kamu miliki agar menjadi sukses.

Baca Juga : Mindest Orang Sukses

1. Memiliki Target di Masa Depan

Target di masa depan ini sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jadi, setiap orang pasti punya target yang berbeda-beda. Kamu juga bisa memasang target sendiri. Dengan memiliki target yang jelas, kamu akan lebih semangat untuk meraihnya. Kamu akan lebih terpacu bekerja dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga : Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Untuk meraih target ini pastikan kamu tahu bagaimana cara-cara untuk mencapainya. Lalu, lakukan secara konsisten dalam kurun waktu tertentu. Kamu pasti mendapatkan apa yang diinginkan.

2. Menerima Kritikan dengan Baik

Prinsip kerja berikutnya adalah jangan takut ketika menerima kritikan. Kamu yang paling tahu tentang dirimu, jadi kamu bisa menyaring kritikan sesuai dengan kinerjamu. Jika kritikan itu hanya gertakan semu saja, kamu tidak perlu mendengarnya. Bos yang baik biasanya akan memberikan kritikan yang baik, disertai dengan solusi dan bersedia berbagi pengalaman denganmu.

Di sini kamu perlu memiliki mentor yang kamu percaya dan bersedia membantumu ketika membutuhkan pencerahan. Perlu diingat tidak semua kritikan perlu kamu dengar, terutama yang berbau nyinyir dan asal bunyi.

Baca Juga :

3. Jangan Ragu Menyampaikan Ide

Prinsip kerja lain yang perlu kamu terapkan adalah ketika memiliki ide untuk proyek kantor, jangan ragu menyampaikannya. Keraguan muncul mungkin karena kamu takut idemu itu jelek atau takut ditertawakan. Padahal sebenarnya itu hanya ketakutanmu, jadi buang jauh pikiran yang terlalu berlebihan itu.

Bos biasanya akan menghargai usulan dari anak buahnya. Jika usulan ditolak, jangan panik. Kamu sudah punya keberanian untuk speak up saja sudah bagus. Bos biasanya akan memperhatikan karyawannya yang aktif. Jika ide yang kamu sampaikan diterima, itu akan sangat bagus untukmu ke depannya.

Baca Juga : Tips Branding Diri di Sosmed

4. Membangun Networking

Membagun networking yang baik akan bagus untuk karirmu. Networking itu tidak hanya teman, tapi bisa menjadi rekan kerja mewujudkan kerja sama baru ke depannya.

Kamu bisa membangun networking dengan orang-orang yang punya visi yang sama denganmu. Ada juga yang berhasil membangun jaringan dari hal-hal yang disukainya bersama-sama. Kesempatan untuk karir yang lebih tinggi bisa didapat dari jaringanmu yang luas itu.

Baca Juga : Pekerjaan Wanita Dengan Gaji Tertinggi

5. Pertahankan Konsistensi

Konsistensi adalah kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sama terus menerus. Prinsip kerja ini akan sangat membantumu dalam meraih kesuksesan yang besar dalam jangka panjang.

Salah satu konsistensi yang bisa kamu coba adalah dengan terus menjaga hubungan dengan relasi-relasimu. Prinsip kerja konsisten ini akan membawamu  pada kesempatan-kesempatan baru.

Baca Juga : Meningkatkan Konsentrasi Dalam Bekerja

6. Terus Bereksplorasi

Kamu harus selalu mencari cara untuk mendorong dirimu keluar dari zona nyaman dan memperluas wawasan. Prinsip kerja inilah yang akan membawamu pada kesuksesan. Orang yang terus konsisten dan memiliki prinsip kerja terus bereksplorasi, pasti akan mendapatkan banyak pengalaman di banyak bidang berbeda.

Baca Juga : Memanfaatkan Twitter Untuk Mengembangkan Karir

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *