Tanggal:15 May 2024

5 Manfaat IELTS untuk Menunjang Karir di Masa Depan

Kamu mungkin sudah tidak asing mendengar tes IELTS, bukan? IELTS didesain sebagai tes untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris seseorang. IELTS berguna bagi seseorang untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dalam kegiatan penting seperti studi maupun pekerjaan. 

Sedikit mengulas kembali mengenai komponen yang diujikan dalam IELTS di antaranya adalah membaca, menulis, berbicara, dan mendengar. Semua elemen tersebut dibutuhkan saat pada kegiatan sehari-hari yang kamu jalani.

Salah satu manfaat terbesar yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki skor tinggi dalam IELTS adalah pendekatan secara internasional. bagi kamu yang memiliki keperluan seperti studi di luar negeri, kerja di luar negeri, mengembagkan karir atau bahkan tinggal di luar negeri IELTS ini akan menjadi salah satu hal yang bermanfaat yang kamu butuhkan.

Tes IELTS telah tersedia di lebih dari 130 negara dan dapat diambil sampai dengan 48 kali setahun. Serta sudah lebih dari tujuh juta orang di dunia mengambil IELTS. Yakin tidak memerlukan IELTS untuk menambah poin plus yang bisa dimiliki? Mungkin kamu perlu mengetahui manfaat IELTS untuk masa depan!

Baca juga: Contoh Visi dan Misi Perusahaan

Manfaat IELTS

Manfaat IELTS untuk Masa Depan. Sumber: unsplash.com

Kami telah merangkum beberapa manfaat IELTS yang bisa seseorang dapatkan, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

1. Kemampuan Bahasa Inggris Diakui Organisasi dan Lembaga di Dunia

Jika kamu telah mengikuti tes IELTS dan memperoleh skor yang tinggi, kamu dapat dikatakan telah diakui oleh lebih dari 6.000 organisasi di dunia, termasuk lebih dari 3.000 program dan lembaga di Amerika Serikat. 

Kegunaan IELTS yang mendunia ini bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal, misalnya ketika memasuki perguruan tinggi di Inggris atau beberapa negara lainnya, karena tes IELTS telah diakui oleh perguruan tinggi di beberapa negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat. Selain itu, manfaat IELTS juga bisa berguna bagi kamu yang bekerja maupun yang akan menetap di luar negeri.

Baca juga: Tips Bimbingan Skripsi

2. Peluang Besar Bekerja di Luar Negeri

Telah disinggung di atas, bahwa IELTS juga diterima dalam urusan pekerjaan yang artinya banyak perusahaan, otoritas imigrasi, dan organisasi lain di dunia yang telah mengakui bahwa IELTS berguna dalam penerapannya. 

Dari sini kita menyadari bahwa IELTS tidak hanya memberikan keuntungan untuk urusan kuliah, tetapi saat mencari pekerjaan. Hal ini akan sangat berguna untuk kamu memiliki peluang yang besar untuk bekerja di perusahaan yang ternama.

3. Nilai Tambah di CV

Mengikuti dan memperoleh hasil IELTS juga akan menambah pengalaman kerja bagi kamu, lho. Dalam hal ini, kamu telah dianggap memiliki nilai lebih yang bisa kamu ‘jual’. Dengan mempelajari IELTS, kamu akan dianggap mampu melewati satu tantangan dalam hal komunikasi. 

Kamu bisa mencantumkan hasil skor yang kamu peroleh agar perusahaan dapat memberi kesimpulan bahwa kamu dapat bekerja dengan baik tanpa ada hambatan berkomunikasi. Tentunya perolehan skor ini juga memiliki batasan atau angka tertentu agar dianggap mumpuni dalam Bahasa Inggris, ya!

Baca juga: Sejarah Singkat Perkembangan Bahasa Indonesia

4. Fasih dalam Percakapan Bahasa Inggris

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa manfaat IELTS akan mempermudah kamu dalam berkomunikasi atau melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris. Tidak hanya menerapkan grammar ataupun structure dalam kalimat, tetapi kamu akan terbiasa untuk mendengar percakapan Bahasa Inggris yang secara tidak langsung membuat telinga lebih akrab dengan aksen Bahasa Inggris yang dituturkan seseorang. 

5. Memudahkan Proses Negosiasi dan Presentasi 

Penerapan grammar dan structure yang benar akan membuat kamu terbiasa untuk merangkai kalimat dengan tepat.  Hal tersebut menjadi bagian dari komunikasi yang penting dilakukan saat kamu melakukan komunikasi bisnis ketika negosiasi dan presentasi yang mana hasilnya akan kembali pada proses komunikasi yang telah kamu jalani.  

Baca juga: Pengertian Influencer Jenis-Jenis Influencer

Nah, itu dia manfaat IELTS yang bisa kamu ketahui. Kamu perlu mempersiapkannya mulai dari sekarang agar kamu memperoleh batas nilai yang diharapkan. Ketika kamu telah mencapai nilai IELTS sesuai yang diharapkan, secara langsung dapat dikatakan bahwa kamu telah mendapatkan tiket untuk perjalanan keliling dunia.

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Cara Menghadapi Klien yang Menyebalkan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *