Tanggal:26 April 2024

13 Isi Seserahan Pernikahan Yang Harus Ada

Seserahan dalam pernikahan merupakan simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan perempuan yang akan dipinangnya. Barang-barang yang dibawa, memiliki makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kehidupan mendatang. Namun tidak sedikit lho, calon pengantin yang terkadang kebingungan untuk menentukan barang apa saja yang mesti dipersiapkan untuk isi seserahan pernikahan kepada sang mempelai.

Sebenarnya tak ada ketentuan khusus mengenai daftar isi seserahan pernikahan yang perlu diberikan. Namun, memang ada beberapa isi seserahan yang jarang absen dalam tradisi pernikahan. Jika mau ditambah uang, barang mewah, atau hal unik lainnya tentu sangat diperbolehkan.

Bahkan sekarang ini dalam pemilihan benda seserahan, pihak perempuan dapat meminta dan memilihkan langsung benda-benda yang ingin dibawa saat lamaran dan pernikahan. Sehingga benda-benda itu benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemauan calon istri. Nah, apa saja yang harus dibawa sebagai hantaran atau seserahan pernikahan? Yuk simak daftar seserahannya di bawah ini.

Baca juga: 5 Konsep Prewedding yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Sesi Pemotretan

13 Barang untuk Isi Seserahan Pernikahan

13 Barang untuk Isi Seserahan Pernikahan. Sumber: unsplash.com

Sedang bingung dengan isi seserahan pernikahan untuk wanita? Jika iya, kamu perlu mencatat isi seserahan pernikahan di bawah ini.

1. Perlengkapan Ibadah

Isi seserahan pernikahan untuk wanita ini umumnya ditemui dalam pernihakan Islam. Isinya berupa kitab suci Al-Qur’an, mukena, sajadah, dan tasbih. Maksud isi hantaran ini adalah sebagai pengingat agar kedua mempelai selalu melaksanakan kewajiban mereka sebagai hamba Allah SWT. Selain dijadikan sebagai hantaran, perlengkapan ibadah juga sering dilibatkan sebagai salah satu maskawin.

2. Perhiasan

Seserahan perhiasan juga sering dijadikan mahar dari pengantin pria untuk calon mempelai wanita. Perhiasan umum yang diberikan pengantin pria kepada wanita bisa berupa sepasang anting, cincin, dan kalung. Namun isi seserahan pernikahan yang satu ini bisa didiskusikan disesuaikan dengan kesanggupan dari pihak pria. Perhiasan mempunyai makna agar calon istri  bisa selalu bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya.

3. Set Pakaian Wanita

Isi seserahan pernikahan yang tak boleh dilewatkan adalah serangkaian pakaian. Ada berbagai macam pakaian yang bisa diberikan, seperti pakaian tidur, pakaian kerja, pakaian kasual, hingga pakaian pesta. Tak ada ketentuan khusus tentang pakaian apa yang harus diberikan. Mempelai pria perlu mendiskusikan dengan calon pengantin wanita, pakaian apa saja yang dibutuhkannya.

Baca juga: 13 Ide Kado Pernikahan yang Bermanfaat

4. Makeup dan Skincare

Seserahan lamaran dan pernikahan yang satu ini pasti sangat disukai perempuan. Benda-benda ini juga menyimpan doa yang baik, lho. Makeup dan skincare, baik untuk wajah maupun tubuh, yang dimaksudkan agar perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik di depan pasangannya.

5. Perlengkapan Mandi

Ini juga menjadi barang yang umumnya ditemui dalam isi seserahan pernikahan untuk wanita. Mandi merupakan aktivitas harian, sehingga dengan memberikan perlengkapan mandi calon pengantin pria diartikan mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari sang calon pengantin wanita. Biasanya, perlengkapan mandi terdiri dari shampoo, sabun, conditioner, sabun cuci muka, sisir dan handuk.

6. Underwear

Set pakaian dalam juga harus ada dalam isi seserahan pernikahan. Sebagai wanita yang santun, kamu tentu perlu mengenakan pakaian dalam saat keluar rumah, seperti underwear dan bra. Untuk itu, pakaian dalam menjadi salah satu isi seserahan pernikahan yang perlu ada. Saat menyusun underwear dalam kotak seserahan, usahakan untuk melipatnya dalam bentuk yang tertutup agar tidak terlihat vulgar.

Baca juga: 7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan!

7. Tas

Untuk melengkapi kebutuhan wanita, tas merupakan aksesoris yang jadi isi seserahan pernikahan. Biasanya, calon pengantin wanita lebih menyukai tas branded, namun pemilihan tas branded tidak diharuskan. Model tas pun disesuaikan dengan keinginan calon mempelai wanita, namun juga berdasarkan kesanggupan si calon pria.

8. Sepatu

Seserahan sepatu juga menjadi salah satu isi seserahan pernikahan yang perlu ada dalam setiap hantaran. Sepatu atau sandal menjadi alas kaki yang wajib digunakan saat pergi ke luar rumah untuk melindungi kaki agar tidak terluka. Itulah mengapa, sepatu menjadi salah satu isi seserahan pernikahan yang selalu ada.

9. Parfum

Parfum memang merupakan kebutuhan yang cukup penting dalam kehidupan sehari hari. Setiap orang punya selera yang berbeda-beda terhadap wewangian. Ada yang lebih suka wangi bunga, ada juga yang lebih suka wangi buah-buahan, atau kalau aroma wewangian yang kini sedang tren cocok-cocokan dengan parfum merk tertentu. Biasanya setiap orang sudah punya brand favoritnya sendiri, lho.

Baca juga: 10 Rekomendasi Lagu Untuk Pernikahan Kamu, Cocok Buat Dansa Bareng Pasangan!

10. Jam Tangan

Jam tangan sudah menjadi salah satu aksesoris yang penting bagi banyak orang untuk di kehidupan sehari hari. Yap, itu semua tentu karena manfaatnya! Melihat jam tangan dapat membuat kamu lebih aware dalam merencanakan sesuatu hal. Seperti kamu yang sedang merencanakan pernikahan dan sedang membuat list seserahan, jam tangan bisa jadi salah satu barang yang kamu bawa nanti.

11. Perlengkapan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga seperti seprei, selimut, piring, cangkir sampai peralatan masak juga bisa masuk menjadi daftar isi seserahan pernikahan. Seserahan perlengkapan rumah tangga ini pun dimaksudkan calon suami mampu memberikan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan pangan istrinya.

12. Makanan Tradisional

Panganan tradisional datang dalam beragam variasi yang menjadi simbol keberuntungan dan doa baik bagi kehidupan baru kedua mempelai. Setiap adat dan budaya daerah memiliki ciri khas kue atau makanan tradisional lainnya yang wajib disertakan, seperti lapis legit, putu ayu, kue lumpur pisang, dan kue bugis mandi.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Menikah, Calon Manten Wajib Baca!

13. Buah-buahan

Buah-buahan tentu sangat baik bagi kesehatan. Tak hanya itu, pemberian buah-buahan sebagai salah satu dari daftar isi seserahan pernikahan dimaksudkan agar bahtera rumah tangganya mampu menghasilkan banyak buah kebaikan yang bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat.

Itulah daftar isi seserahan pernikahan yang perlu dicatat untuk kamu sebagai calon pengantin. Daftar isi seserahan pernikahan ini bukanlah acuan yang wajib diikuti, melainkan yang umum diberikan. Semua pilihan isi seserahan kembali lagi kepada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *