Tanggal:19 May 2024

Manfaat Retinol Untuk Kulit Berjerawat, Sudah Tahu?

Kamu punya kulit berjerawat dan sudah kehabisan cara untuk mengatasinya? Nah, sudah saatnya kamu menambahkan retinol ke tahapan skincare kamu sehari-hari. Retinol merupakan salah satu kandungan bahan aktif dalam produk skincare yang cukup populer. Salah satu manfaat retinol adalah mengatasi jerawat membandel.

Namun, apa retinol itu dan bagaimana cara kerjanya untuk mengatasi jerawat? Untuk memahaminya, kamu perlu membaca artikel ini sampai tuntas!

Apa Itu Retinol?

Apa itu retinol? (freepik)

Retinol adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling terkenal di pasaran. Retinol adalah turunan dari vitamin A. Retinol termasuk dalam kelompok obat yang dikenal retinoid, yang berasal dari vitamin A. Namun, retinol merupakan sebutan untuk turunan vitamin A yang masih dalam bentuk murni.

Vitamin A adalah vitamin yang berperan penting dalam kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan kesehatan kulit. Vitamin A membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri dengan merangsang produksi protein kolagen dan elastin. Retinol adalah bahan aktif yang sering kali digunakan dalam banyak produk perawatan kulit, salah satunya retinol untuk  jerawat.

Baca Juga : 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Mencegah Jerawat

Oleh karenanya, beberapa orang mungkin menyebut retinol sebagai kosmetik. Bahan aktif ini biasanya tersedia dalam produk topikal, seperti krim, gel, atau serum yang dapat dioleskan langsung ke kulit. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan kulitmu.

Retinol juga dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan tingkat kekuatannya. Biasanya, produk yang bisa dibeli bebas akan mengandung retinol, retinyl palmitate, dan adapalene. Lalu, ada juga jenis yang lebih kuat, seperti tretinoin dan tazarotene. Kedua kandungan ini memberikan hasil yang efektif setelah pemakaian jangka panjang, sesuai aturan pakai.

Golongan retinoid seperti retinol memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengatasi peradangan jerawat. Kandungan ini dapat digunakan untuk mengobati jerawat ringan, sedang, hingga berat. Tak hanya itu, retinol juga berperan untuk membantu menetralisir radikal bebas, meningkatkan produksi elastin dan kolagen, serta menciptakan efek mengencangkan kulit.

Baca juga: 10 Rekomendasi Obat Jerawat Terbaik, Mudah Kamu Temukan Di Pasaran!

Manfaat Retinol Untuk Kulit Berjerawat

Manfaat retinol untuk kulit berjerawat (freepik)

Sekitar tahun 1971, dalam mengobati masalah kulit, retinol direkomendasikan oleh dokter spesialis kulit atau dokter kulit. Dokter kulit secara khusus merekomendasikan retinol untuk jerawat, kerutan halus, atau hiperpigmentasi. Lalu, apa manfaat retinol untuk kulit berjerawat?

Secara umum, manfaat retinol untuk jerawat adalah untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di kulit dan menyumbat pori. Retinol bekerja dengan membuka pori-pori sehingga kulit bisa menyerap obat sampai bagian paling dalam. Retinol juga bekerja dengan mengurangi produksi minyak berlebih, penyebab utama munculnya jerawat.

Dalam mengatasi jerawat, retinol bekerja melalui beberapa cara, yaitu:

  1. Retinol bekerja pada lapisan terluar kulit (epidermis) untuk mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak di pori-pori. Ini dapat mencegah pembentukan jerawat
  2. Retinol juga mampu menembus lapisan tengah kulit (dermis) dan merangsang produksi kolagen dan elastin

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Super Ampuh!

Manfaat Lain Retinol

Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat membandel, retinol masih memiliki manfaat lain bagi kulit, yaitu:

1. Sebagai antiaging

Retinol memiliki manfaat sebagai antiaging (freepik)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, retinol berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Pada akhirnya, kolagen akan bertindak sebagai antiaging dengan merangsang aliran darah bawah kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, kandungan retinol yang disebut dengan tretinoin juga bekerja dalam memudarkan flek hitam akibat penuaan.

2. Membuat kulit terlihat lebih sehat

Retinol membuat kulit terlihat lebih sehat (freepik)

Retinol adalah zat turunan vitamin A yang berarti masih memiliki kandungan nutrisi tersebut di dalamnya. Kandungan vitamin A berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan cantik. Retinol juga jadi salah satu kandungan yang mudah diserap karena komponennya dipecah dan berubah menjadi asam.

Baca Juga : 10 Cara Memiliki Kulit Sehat Alami

3. Menghilangkan milia

Retinol dapat menghilangkan milia (herstory)

Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang pada kebanyakan kasus, tumbuh di sekitar dahi, hidung, dan kelopak mata. Serum retinol khususnya dari jenis tretinoin diyakini dapat membantu menghilangkan milia. Dengan adanya retinol, tekstur kulit akan lebih rata karena milia terkikis dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru.

Tips Menggunakan Retinol Untuk Kulit Berjerawat

Tips menggunakan retinol yang aman (freepik)

Meskipun retinol disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), bukan berarti penggunaannya tidak bebas dari efek samping. Umumnya, efek samping retinol adalah kulit menjadi kering dan teriritasi, terutama ketika baru mencoba menggunakan retinol. Efek samping retinol lainnya mungkin termasuk kulit kemerahan, rasa gatal, dan kulit mengelupas.

Kamu tentu perlu menghindari efek samping itu, bukan? Kamu bisa mengurangi efek samping penggunaan retinol dengan mengikuti tips aman menggunakan retinol. Berikut tips menggunakan retinol untuk kulit berjerawat:

  1. Mulailah menambahkan produk ke rutinitas perawatan kulit satu malam per minggu pada awalnya. Jika tidak merasakan efek samping, kamu bisa mengaplikasikannya lebih sering.
  2. Untuk mengurangi risiko iritasi, bersihkan wajah lalu tunggu setengah jam sebelum mengoleskan retinol.
  3. Tuangkan produk yang menggunakan retinol seukuran kacang polong pada jari tangan dan oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat.
  4. Retinol paling baik digunakan pada malam hari karena mampu meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan tabir surya atau sunscreen pada pagi harinya untuk melindungi wajah.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berjerawat

Demikian penjelasan mengenai retinol, manfaat retinol untuk kulit berjerawat, hingga tips aman menggunakan retinol. Manfaat retinol memang sangat menggiurkan terutama bagi kamu yang mengidamkan wajah glowing. Namun, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan skincare dengan kandungan retinol.

Apabila kamu mengalami iritasi pada kulit ketika menggunakan retinol, lebih baik hentikan penggunaan retinol dan temui dokter kulit. Perlu diingat bahwa resiko munculnya efek samping akibat penggunaan retinol semakin besar apabila kamu menggunakan produk retinol secara bersamaan. Maka dari itu, baca label produk dengan saksama sebelum membeli dan jadilan pembeli yang cermat!

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Super Ampuh!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *