Tanggal:29 April 2024

Cara Record Google Meet, Gampang Banget!

Cara record Google Meet penting untuk diketahui. Sebab, sejak munculnya pandemi Covid-19, hampir segala mobilitas dilakukan secara online. Nah, Google Meet merupakan salah satu aplikasi yang dapat menunjang aktivitas belajar, rapat, dan konferensi secara online. Sehingga, kita bisa tetap produktif meskipun harus dilakukan di rumah saja.

Google Meet adalah software atau aplikasi video conference gratis yang dapat digunakan melalui browser PC dan aplikasi smartphone. Aplikasi yang sebelumnya bernama Hangouts ini menawarkan fitur gratis yang lebih menarik dibanding aplikasi lainnya, yakni dengan batas waktu meeting 60 menit dan maksimum 100 peserta.

Fitur yang ditawarkan oleh software yang satu ini juga cukup mumpuni. Salah satu di antaranya yakni dapat me-record atau merekam selama rapat berlangsung. Lalu, bagaimana sih caranya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Baca juga: Mengenal Google Meet: Pengertian, Fitur, Kelebihan, Cara Menggunakannya

Keunggulan aplikasi Google Meet

cara record google meet

source: pixabay

Sebelum membahas prosedur record Google Meet, ada baiknya kamu mengetahui keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Dengan mengetahuinya, kamu pun bisa memaksimalkan fitur-fitur canggih di aplikasi ini. Berikut adalah beberapa keunggulan Google Meet yang membuatnya menjadi populer:

  • Integrasi akun Google

Google merupakan akun utama bagi sistem Android saat ini. Sedangkan Android yang beroperasi di seluruh dunia mencapai 2,5 milliar. Pastinya integrasi akun Google akan membuat pengalaman pengguna lebih meningkat dalam memakai ekosistem berbagai aplikasi Android, salah satunya Gmeet.

Integrasi ini akan memudahkan para penggunanya untuk beberapa kepentingan, salah satunya adalah menyimpan hasil rekaman Gmeet di Gdrive.

  • Satu klik untuk daftar

Penggunaan akun Google yang menjadi satu-satunya cara login ke Gmeet pun memudahkan kamu saat mendaftar serta mengikuti pertemuan atau meeting lewat aplikasi. Kamu bisa memakai Gmeet hanya dalam waktu kurang dari satu menit, asal kamu sudah punya akun Google, ya.

  • User interface yang sederhana

Saat masuk pada aplikasi ataupun halaman web Gmeet, kamu akan melihat 2 menu, yaitu Mulai Rapat ataupun Gabung ke Meeting. Opsi-opsi tersebut dapat dilihat dengan mudah. Jadi, kamu pun dapat mengerti dengan cepat bagaimana cara mengoperasikannya.

  • Aplikasi ringan

Sederhananya, Gmeet akan memungkinkan ukuran aplikasi serta yang benar-benar optimal. Ukuran di Android untuk aplikasi Gmeet sendiri adalah 55.37 MB, sedangkan aplikasi yang lain mencapai 100 MB lebih. Tentunya dengan ukuran yang ringan, Gmeet tidak akan membuat memori ponsel kamu cepat penuh.

  • Akses meeting mudah

Software yang satu ini juga memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasinya, baik itu di komputer, PC, maupun di smartphone Android serta iOS. Terutama di komputer atau PC, kamu tak perlu mengunduh aplikasi tambahan yang nantinya akan memakan ruang penyimpanan perangkatmu.

Baca juga: 7 Aplikasi WFH yang Wajib Kamu Miliki

Cara record atau merekam Google Meet

Gmeet menyediakan fitur merekam untuk ponsel maupun laptop. Rekaman ini bisa dibagikan ulang oleh pengguna untuk dokumentasi dan pembelajaran. Proses record ini menyimpan percakapan, pesan, dan apa pun yang dipresentasikan selama rapat berlangsung.

Proses recording ini berguna untuk menyediakan materi pada audiens. Selain itu, hasil rekaman bisa dibagikan kepada orang yang tidak menghadiri rapat online. Rekaman Gmeet akan disimpan ke Drive penyelenggara. Peserta bisa mendapatkan link rekaman melalui email atau tautan yang dikirim. Perlu diketahui, fitur merekam di Google Meet ini hanya bisa dilakukan oleh penyelenggara rapat (host).

Berikut adalah panduan merekam rapat Gmeet melalui dua perangkat, yakni melalui laptop dan HP:

1. Melalui laptop

Merekam rapat Gmeet di laptop bisa diproses tanpa aplikasi. Proses ini dilakukan maksimal 8 jam. Lebih dari itu, maka proses perekaman otomatis akan terhenti. Berikut cara record Gmeet melalui laptop:

  • Pertama klik bergabung ke rapat Google Meet melalui browser.
  • Kemudian klik “Aktivitas” lalu pilih “Rekaman” (Record).
  • Setelah itu klik “Mulai Merekam“.
  • Tunggu jendela muncul notifikasi, lalu klik “Mulai“.
  • Setelah itu tunggu sampai rekaman dimulai sehingga peserta yang lain mendapat pemberitahuan ketika proses perekaman.
  • Jangan lupa klik berhenti merekam saat sudah selesai. Sebagai host (penyelenggara), rekaman akan disimpan secara otomatis di bagian Drive Saya lalu folder Rekaman Meet.

2. Melalui HP

  • Buka aplikasi Google Meet di HP kamu.
  • Mulai atau bergabung untuk meeting (pertemuan).
  • Ketika masuk pilih titik berjumlah tiga yang ada di bawah Kemudian klik “Record Meeting”.
  • Setelah itu akan ada tampilan jendela Recording.
  • Lalu pilih Start Recording, kemudian pilih Start.
  • Biasanya akan muncul pemberitahuan untuk akses permintaan merekam dari host Terima atau Accept, setelah itu proses rekaman akan berlangsung.
  • Jika ingin berhenti, klik tombol “Stop Recording” di tanda titik tiga yang sama.

Cara membagikan file rekaman

Hasil rapat yang telah direkam dari Google Meet bisa dibagikan kepada peserta meeting lainnya. Cara pertama adalah dengan men-download file tersebut. Pilih download pada bagian download folder di perangkat. Selain itu, kamu juga bisa membagikannya tanpa men-download file terlebih dahulu.

Cara membagikan tanpa men-download hanya dengan membuka kembali file yang ada di Google Drive. Setelah folder terbuka, kamu akan menemukan pilihan “bagikan file” yang berada di pojok kanan atas. Lalu, kamu hanya perlu membagikan tautan kepada pengguna yang kamu inginkan.

Itu dia beberapa cara record Google Meet. Gampang banget, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Mengganti Background Google Meet di HP

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *