Tanggal:25 April 2024

Sudah Tahu Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak? Berikut Penjelasannya!

Bagi pengguna mobil, dinamo starter memegang peranan penting karena dapat mempercepat start mobil. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak. Tentu saja, ketika dinamo mobil melemah, mobil menjadi sulit untuk dihidupkan. Karena jika tidak segera diperbaiki, kerusakan bisa menjalar ke beberapa bagian mesin lainnya.

Tentu saja, ini tidak menjamin perjalanan yang santai. Kerusakan pada dinamo starter mobil dapat menyebabkan mobil berhenti mendadak. Kondisi ini tentu bisa menghambat aktivitas kamu. Tentunya Sobat Vocasia tidak ingin mengalami hal tersebut saat mengendarai mobil kesayangan, bukan? Yuk, ketahui ciri-ciri dan cara memperbaikinya melalui informasi di bawah ini!

Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

Ilustrasi Mobil Rusak (Sumber: freepik.com)

  1. Mesin Sulit untuk Distarter Dalam Keadaan Panas

Tanda awal dinamo starter rusak adalah mesin akan sulit dihidupkan saat panas atau baru dikendarai. Jika mobil diparkir dalam waktu lama atau mesin dalam keadaan dingin, mesin lebih mudah dihidupkan dan mesin tidak menunjukkan gejala. Jika kamu kesulitan menyalakan mobil saat mesin mobil panas, hal itu jelas disebabkan oleh peningkatan resistansi koil.

Saat panas dari motor mengenai badan magnet, resistansi koil meningkat. Hal ini mempengaruhi arus listrik yang menggantung dan tidak dapat mengalir dengan sempurna pada kumparan. Jika aliran listrik tersumbat atau terhalang, otomatis mesin akan sulit dihidupkan.

Baca Juga | Penyebab Radiator Mobil Bocor Dan Tips Mengatasinya

  1. Terdengar Bunyi Mendengung

Mesin berdengung, yang juga bisa menjadi tanda dinamo starter rusak. Hal ini dapat disebabkan karena arus listrik tidak dapat mengalir ke solenoida untuk menggerakkan pinion dan flywheel. Kesalahan biasanya disebabkan oleh arus rendah yang disebabkan oleh aki mati atau sambungan listrik yang buruk di sirkuit starter. Ini juga termasuk sambungan baterai yang terkorosi (batang baterai).

Selain itu, adanya suara bising biasanya juga merupakan tanda dinamo starter yang rusak. Ini karena hubungan antara gigi persneling dan gigi persneling mesin. Tentu saja, jika kamu menemukan dua gigi yang rusak atau aus pada alternator starter, mereka akan mengeluarkan suara berisik. Jika suaranya semakin keras, ini pertanda kerusakannya sangat serius. Faktor umum lainnya adalah suara yang sangat berderak saat menghidupkan atau menyalakan mobil. Dengungan biasanya terdengar saat gear one way bearing rusak.

  1. Lampu Depan Mobil Mati Mendadak

Gejala dinamo starter mobil rusak selanjutnya adalah lampu depan mobil tiba-tiba padam. Kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh baterai atau baterai yang sudah mulai melemah atau bahkan mati. Kemungkinan lain juga bisa disebabkan oleh rangkaian terbuka pada auto starter. Penyebab lain mungkin juga termasuk sambungan (konektor) yang berkarat (biasanya sambungan baterai) yang mencegah arus listrik mencapai motor starter atau sistem lain.

  1. Aki Lemah Atau Soak

Masalah lain yang menunjukkan ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak bisa disebabkan oleh aki yang lemah atau aki, bahkan mati total. Guncangan memperlambat starter dan tidak mengangkat kunci kontak. Dalam hal ini, kamu mungkin mendengar geraman “RRR-RRR-RRR”. Saat voltase turun tajam, nada berubah menjadi “K-K-K” putus-putus atau “rendah”. Jika voltase semakin turun, suara mungkin tidak terdengar. Oleh karena itu, periksalah kondisi aki mobil kamu secara berkala.

  1. Mobil Tak Bereaksi Ketika Distarter 

Jika motor starter merespon, bisa jadi itu tandanya motor starter rusak karena tidak kuat menghidupkan mesin. Kemungkinan penyebab kerusakan terbesar adalah sekering yang rusak di dinamo. Sekring yang putus biasanya berarti ada korsleting atau kebakaran di saluran listrik. Kondisi tersebut biasanya menyebabkan munculnya sikat karbon dan gulungan tembaga yang cenderung terbakar.

Baca Juga | 18 Cara Menghemat BBM Mobil

Cara Perbaiki Dinamo Starter Mobil yang Rusak

Ilustrasi Mobil Diperbaiki (Sumber: freepik.com)

  1. Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Soket Dinamo Starter

Jika ternyata starter mobil kamu tidak berfungsi dengan baik, tetapi lampu check engine menyala dan menyala di dasbor, ada beberapa langkah penting yang perlu kamu lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Selanjutnya, periksa stopkontak yang secara otomatis terletak di alternator starter. Kamu biasanya dapat menemukan kabel kecil yang biasanya dihubungkan ke dinamo starter.

Selanjutnya kamu juga bisa mengecek bagian relai sekring. Saat kamu melakukan starter akan mengeluarkan bunyi klik sehingga kemungkinan kerusakan bukan dari relay atau sekring. Jika ternyata masalahnya terlalu parah, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel dan pastikan datang ke bengkel resmi agar service terjamin.

  1. Kabel Aki wajib Selalu Diperiksa

Jika kamu menyalakan mobil dan semua kontrol mobil mati juga, mobil memiliki masalah kabel aki. Untuk melakukan ini, periksa sengatan listrik mobil, apakah kabel aki berfungsi dengan baik, dan perbaiki jika ada bagian yang kendor. Setelah mencoba memperbaikinya dan kondisinya tetap sama, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terdekat. Banyak bagian lain dari mobil juga dapat mengalami masalah yang memerlukan perbaikan intensif. Pastikan pekerjaan dilakukan oleh teknisi profesional untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga | Serba-Serbi Asuransi Mobil: Pengertian, Manfaat, Dan Tips Memilihnya!

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri dinamo starter mobil rusak dan cara memperbaikinya. Semoga artikel ini membantu! 

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *