Tanggal:25 April 2024

Belum Tahu Cara Membersihkan Plafon Mobil? Ini Caranya!

Mobil merupakan kendaraan yang biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal ini membuat banyak bagian di mobil cepat kotor, jadi kamu harus sering membersihkannya. Bagian yang sering terlupakan adalah atap mobil. Membersihkan atap memang cukup sulit, karena kamu harus mengikuti beberapa cara yang wajib dilakukan agar plafon mobil kamu tetap dalam kondisi baik setelah dibersihkan. Berikut beberapa cara membersihkan plafon mobil dari Vocasia!

Berbagai Cara Bersihkan Plafon Mobil

Plafon Mobil (Sumber: ulasmobil.com)

1. Cara Membersihkan Langit-Langit Mobil yang Berdebu

Saat membersihkan plafon mobil yang berdebu, kamu bisa menyikatnya tanpa air. Kemudian sikat langit-langit ke arah yang sama dengan sikat lembut. Lakukan secara perlahan dan gunakan sikat kering. Karena sikat basah hanya membuat plafon kotor. Debu di plafon bisa menyatu dengan air dan saat disikat maka kotoran akan makin menyebar. Bukan bersih yang didapatkan, malah noda membandel yang akan menempel. Metode ini hanya dapat digunakan dengan plafon debu.

Baca Juga | Serba-Serbi Asuransi Mobil: Pengertian, Manfaat, Dan Tips Memilihnya!

2. Cara Membersihkan Langit-Langit Mobil yang Berjamur

Kamu harus menyiapkan alat yang diperlukan untuk menghilangkan bentuk plafon. Alat yang diperlukan adalah sikat gigi, cairan pembersih dan lap kering. Celupkan sikat ke dalam cairan pembersih. Pastikan sikat menyentuh cairan pembersih, bukan busa. Gosokkan sikat ke langit-langit yang berjamur. 

Kamu harus menggosoknya dengan arah yang sama jika selimutnya terbuat dari beludru atau kain lembut. Jika solnya terbuat dari kulit atau kain, kamu bisa melakukan gerakan melingkar. Gosok sampai plafon bersih dan jamur hilang. Kamu dapat mengulangi proses ini jika yang sebelumnya tidak berhasil. Jika sudah bersih, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan sisa cairan pembersih. Kamu bisa menggunakan kain atau handuk bersih. Jika jamur masih ada, ulangi langkah sebelumnya hingga bersih.

3. Cara Membersihkan Noda Ringan yang Ada Pada Langit-Langit Mobil

Noda ringan dapat dihilangkan dari plafon mobil dengan sikat basah. Kita bisa menggunakan sikat basah dengan sedikit cairan pencuci. Cara ini bisa dilakukan jika area plafon memiliki noda ringan. Kamu dapat menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan detergen rendah sulfur. Kamu bisa menambahkan deterjen ke dalam air, tetapi jangan mencampurnya. Tunggu 3 menit agar partikel detergen bereaksi dengan air. Celupkan kuas ke dalam larutan pembersih lalu lepaskan. 

Kuas ini dapat digerakkan ke atas dan ke bawah sehingga larutan pembersih tidak terbuang percuma dan kuas menjadi basah. Kemudian sapukan pada atap mobil. Jangan mengaduk larutan pembersih agar tidak berbusa. Jika ada busa di sikat, akan ada noda di langit-langit yang tidak bisa dihilangkan.

4. Cara Menghilangkan Noda Pekat Pada Langit-Langit Mobil

Plafon mobil yang sangat kotor bisa dibersihkan dengan cairan fabric. Ada cara untuk menggunakannya. Namun sebelum itu, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan. Kain lembut dan halus. Kamu bisa menggunakan kain microfiber agar atap mobil tidak rusak saat dibersihkan. cairan pembersih Pilih bahan pembersih khusus untuk atap mobil (fabric). Kamu bisa membeli cairan ini di bengkel atau toko lainnya. Siapkan air. Gunakan air tanpa campuran sabun atau detergen. Hanya air jernih.

Setelah semua perangkat siap, kamu dapat mengikuti langkah selanjutnya. Basahi kain dengan air lalu peras sampai kering. Kain basah akan membuat plafon lembab. Plafon yang lembab menghasilkan lebih banyak bakteri dan jamur lebih cepat, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Kemudian perlahan lap kain di langit-langit agar tidak merobek langit-langit. Semprotkan cairan pembersih pada kain, lalu gosok langit-langit dengan kain tersebut. Cairan pembersih ini berguna untuk menghilangkan noda pada atap mobil.

Baca Juga | Cara Pasang Central Lock Mobil Sendiri Dengan Mudah Dan Murah

Cara Bersihkan Plafon Mobil Sesuai Materialnya

Plafon Mobil (Sumber: bisnisolahragaterkini.blogspot.com)

1. Cara Membersihkan Langit-Langit Mobil dari Fabric

Plafon dengan jenis fabric dapat dibersihkan dengan pembersih kain dan kain mikrofiber. Kamu bisa melembabkan kain dengan pelembut kain. Jangan menyemprotkan langsung ke langit-langit karena akan menodai permukaan langit-langit. Proses perawatan atap terbuang sia-sia. 

Cairan fiber ini harus disemprotkan ke kain agar atap tidak terlalu basah. Langit-langit tidak boleh basah, karena banyak kotoran dan bakteri disana. Saat membersihkan plafon, serat halus kain plafon bergerak, jadi sebaiknya gunakan gerakan satu arah saat membersihkan. Setelah dibersihkan, kamu bisa menunggu hingga permukaan plafon mengering dan melihatnya. Pastikan semua serat atap bersih. Untuk menjaga kebersihan serat atap, kamu bisa menggunakan kain mikrofiber sebagai pengganti sikat. 

2. Cara Membersihkan Langit-Langit Mobil dari Beludru

Plafon yang dilengkapi dengan bahan beludru sulit dibersihkan dan perawatan juga harus diperhatikan saat merawatnya, karena beludru merupakan bahan yang berlapis. Kamu harus mulai membersihkan dengan air dan menggosoknya dengan setengah kain. Lapisan luar atap terbuat dari wol dan kontak sekecil apa pun dengan air akan membasahi lapisan wol. Atap yang basah menyebabkan bau dan jamur yang kuat. Karena itu, harus dibersihkan sebelum kelembapan menyebar. Jika mobil kotor dan rusak sebaiknya dibawa ke bengkel.

Baca Juga | Penyebab Radiator Mobil Bocor Dan Tips Mengatasinya

Itu adalah beberapa cara agar dapat membersihkan plafon mobil kamu. Pembersihan plafon mobil di atas bisa kamu lakukan sesuai dengan kondisi atap mobil kamu. Pastikan kamu mengikutinya dengan benar untuk menjaga atap kamu dalam kondisi baik.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *