Tanggal:29 April 2024

18 Cara Menghemat BBM Mobil

Sebagai pemilik mobil, bukan hanya perawatan dengan servis secara berkala saja yang harus kamu perhatikan. Ada faktor lain yang juga harus diperhatikan, seperti cara mengendarai sehari-hari.

Apalagi jika Sobat Vocasia ingin hemat Bahan Bakar Minyak (BBM), maka berbagai kesalahan dalam berkendara harus diingat dan dihindari. Naiknya harga bahan bakar kendaraan setiap tahunnya membuat kamu harus cerdas dalam menghemat BBM.

Apabila kamu sudah membeli mobil yang hemat BBM, tetapi cara penggunaannya salah, maka percuma saja. Sebab hal itu malah akan membuatnya semakin boros. Belum lagi kamu dituntut untuk terus menggunakan kendaraan karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Serba-Serbi Asuransi Mobil: Pengertian, Manfaat, Dan Tips Memilihnya!

Pentingnya Menghemat BBM Mobil

Lantas, apa pentingnya menghemat BBM mobil? Ada beberapa alasan penting yang harus kamu ketahui tentunya.

Alasan pertama, dengan melakukan penghematan kamu bisa mengurangi biaya operasional rutin bulanan. Sisa biaya bulanan bisa dialokasikan untuk hal lain seperti servis rutin, ganti oli dan tune up.

Alasan berikutnya adalah karena dengan menghemat bahan bakar, kamu bisa menyelamatkan bumi dari dampak emisi karbon hasil pembakaran BBM. Kamu pun bisa ikut serta dalam mengurangi pemanasan global dan membuat lingkungan menjadi lebih baik.

Bensin sendiri merupakan bahan bakar bersumber dari minyak bumi, termasuk dalam sumber daya energi tidak terbarukan. Keberadaanya di dunia saat ini semakin menipis, bahkan diperkirakan akan habis beberapa tahun ke depan. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik kendaraan bisa menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan.

Bagaimana cara menghemat BBM mobil? Pahami caranya pada pembahasan berikut.

Cara Menghemat BBM Mobil

1. Menyesuaikan Batas Kecepatan

Standar dan batas kecepatan setiap mobil berbeda-beda. Kamu hanya perlu mengetahui batas kecepatan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Efisiensi BBM sangat berpengaruh dari kecepatan ketika mengendarai.

Kalau kamu sering mengendarai dalam kecepatan di atas standar atau sebaliknya di bawah standar, BBM tentu akan lebih boros. Tidak hanya itu, BBM akan lebih boros lagi saat kamu berkendara di tengah kemacetan.

2. Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Mesin mobil. (Sumber: Pixabay)

Untuk menghemat BBM, kamu juga perlu menjaga kondisi mesin mobil agar selalu dalam kondisi prima. Kondisi mesin mobil yang sudah tidak prima tentunya akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Akibatnya membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih dari biasanya.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu melakukan servis secara rutin dan berkala di bengkel mobil terpercaya sesuai dengan waktu atau jarak tempuh yang direkomendasikan. Di samping itu, Sobat Vocasia juga dapat menggunakan bahan bakar yang disarankan sesuai dengan kompresi mesin.

3. Jangan Menyalakan Mesin Saat Berhenti Lama

Cara menghemat BBM berikutnya adalah dengan mematikan mesin ketika kendaraan berhenti. Misalnya saat berhenti karena menunggu orang lain atau sedang parkir. Ada baiknya kamu mematikan mesin terlebih dahulu jika akan menunggu lama. Sebab kamu hanya akan membuang banyak BBM padahal mobil sedang tidak digunakan untuk berjalan.

Bahkan jika kamu ingin berhenti dalam waktu satu menit saja, akan lebih baik untuk mematikan mesin. Apabila kamu tidak ingin kabin mobil panas karena tak bisa menyalakan AC, lebih baik memilih tempat parkir di area teduh dan buka kaca jendela.

Baca juga: 5 Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik, Simak Sebelum Membeli!

4. Ganti Oli Secara Rutin 

Mobil akan mendapat dampak buruk apabila olinya sudah lama tidak diganti. Sebab, apabila dibiarkan semakin lama maka konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Mesin akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga konsumsi bensin meningkat.

Oleh sebab itu, para pemilik mobil harus melakukan pergantian oli mobil secara rutin pada jarak dan waktu yang sudah direkomendasikan. Umumnya oli diganti setiap 5.000/km atau 6 bulan sekali. Jangan lupa untuk pastikan bahwa oli yang dipakai adalah oli asli.

5. Kenali Kapan Menggunakan Gigi yang Sesuai

Kesalahan terbesar sering dilakukan tanpa disadari oleh pengemudi adalah mengemudi dengan gigi rendah terus menerus. Kamu juga salah jika menggunakan gigi tinggi ketika melewati area jalan menanjak seperti bukit atau gunung.

Gigi yang rendah justru lebih baik digunakan untuk jalan tanjakan, sehingga mesin kuat untuk melintasi area tersebut. Dengan memaksakan penggunaan gigi tinggi, konsumsi bahan bakar justru akan menjadi lebih banyak dan mesin tidak kuat berjalan di jalur tinggi.

Jika kamu sudah bisa mengendalikan gigi pada mobil dengan tepat, BBM yang digunakan akan lebih hemat. Tak perlu takut lagi akan biaya bahan bakar yang membengkak.

6. Merawat Filter Udara

Filter udara juga menjadi faktor penting penyebab meningkatnya konsumsi bahan bakar mobil. Hal ini dikarenakan filter udara yang kotor dan tidak dirawat membuat mesin bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih. Mesin yang bekerja berat tentu menyedot lebih banyak bahan bakar, padahal kecepatan laju kendaraan tidak terpengaruh.akibatnya konsumsi bahan bakar mobil meningkat

Sebaiknya Sobat Vocasia melakukan perawatan pada filter udara di bengkel mobil terpercaya secara berkala. Saat melakukan sevis rutin biasanya filter udara diganti sesuai kondisinya.

Oleh karena itu pada jangka waktu tertentu pastikan filter udara selalu dibersihkan atau ganti dengan yang baru jika sudah tak bisa bekerja dengan baik.

7. Tekanan Angin Ban Mobil Harus Pas

Ban mobil juga berpengaruh besar terhadap boros tidaknya bahan bakar kendaraan. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan tekanan angin yang terdapat pada ban mobil.

Ban wajib di cek berkala, jika kamu rutin servis mobil maka angin akan ban akan terisi dengan pas. Fungsi dari ban sendiri adalah untuk menjajak di berbagai jalur serta menahan beban dari kendaraan serta mesinnya.

Tekanan angin yang pas dalam ban akan membuat ban memiliki ketahanan gulir yang sangat baik. Apabila tekanan anginnya kurang, ban tidak tahan gulir sehingga bahan bakar yang digunakan lebih boros.

Tidak sedikit juga mesin mengalami masalah karena komponen ban kurang tekanan angin. Angin dalam ban dapat berkurang disebabkan sifat karet ban berpori sehingga tekanan perlu dicek secara rutin.

Baca juga: Penyebab Busi Motor Hitam Dan Basah

8. Perhatikan Penggunaan AC yang Efektif

Sudahkah kamu menggunakan alternating current (AC) mobil dengan efektif? AC yang dinyalakan dengan cara salah bisa jadi faktor boros BBM paling besar. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak karena tenaga mesin sebagian besar akan diarahkan pada mesin AC.

Kamu harus tahu bagaimana cara penggunaan AC secara efektif. Pertama, ketika melewati jalan tanjakan sebaiknya hindari menggunakan AC. Sehingga mesin mobil lebih kuat untuk berjalan. Kedua, nyalakan AC ketika udara dalam mobil tidak terlalu panas.

Menghidupkan AC dalam kondisi kabin yang terlalu panas bukan cara menghemat BBM yang baik. Angin yang keluar dari AC justru akan terasa hangat dan kompresor akan bekerja berlebihan. Jadi pastikan ruangan kabin sedikit sejuk baru menyalakan AC.

9. Hindari Menginjak Pedal Gas Mendadak

Saat melakukan akselerasi, pengendara mobil tidak disarankan untuk menginjak pedal gas secara mendadak. Tujuannya untuk menjaga agar katup throttle gas terbuka dengan konstan. Semakin dalam pedal gas diinjak maka semakin banyak pembakaran yang terjadi sehingga menghasilkan kecepatan yang instan.

Cara menginjak pedal gas yang benar adalah dengan pelan-pelan agar konsumsi bahan bakar lebih hemat. Selain itu, untuk melepaskan gas juga harus dengan pelan disertai dengan pemakaian gigi yang pas supaya mesin tidak mengalami masalah .

10. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Bahan Bakar Minyak (BBM) Mobil. (Sumber: Pixabay)

Jenis bahan bakar yang digunakan juga sangat memengaruhi penghematan BBM. Setiap dealer mobil pasti akan menyarankan jenis bahan bakar apa yang menjadi standarnya. Biasanya yang disarankan adalah bahan bakar dengan oktan tinggi.

Bahan bakar yang kualitasnya bagus akan menjamin pembakaran lebih baik sehingga tidak banyak yang digunakan. Dengan begitu, kamu akan lebih hemat pemakaian BBM.

11. Tutup Jendela

Membuka jendela mobil saat berjalan akan membuat udara masuk ke kabin mobil sehingga memberikan tekanan pada mobil. Padahal mobil sudah didesain aerodinamis agar minim hambatan angin. Tujuannya agar tenaga bisa tersalurkan dengan sempurna tanpa adanya hambatan.

Jika kamu ingin membuka jendela saat mobil berjalan, usahakan menggunakan kecepatan rendah saja. Jika tidak, lebih baik gunakan AC untuk mendinginkan ruang kabin mobil.

12. Mengurangi Beban Mobil

Mesin akan bekerja keras untuk membawa beban pada mobil, semakin banyak bebannya tentu bahan bakar yang digunakan juga lebih besar. Maka dari itu, sebaiknya hindari menempatkan benda yang terlalu berat di dalam mobil.

Apalagi kalau kamu tidak menggunakan benda tersebut, sebaiknya keluarkan dari dalam mobil sehingga akselerasi yang terjadi saat berkendara jadi lebih ringan.

13. Tidak Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Sebagian orang masih beranggapan bahwa memanaskan mesin mobil  dengan durasi waktu yang lama merupakan hal yang benar. Cara memanaskan mesin seperti ini masih digunakan beberapa orang sampai sekarang. Padahal, anggapan ini belum tentu tepat, karena dengan semakin canggih teknologi mobil, tidak perlu waktu lama kondisi mobil bisa prima.

Memanaskan mesin mobil terlebih dalam jangka waktu yang lama tentunya akan membuat pembakaran bensin menjadi sia-sia. Durasi terbaik untuk memanaskan mobil tidak sampai 5 menit, patokannya terletak pada temperatur mesin. Jika temperatur sudah naik ke tengah berarti mesin sudah siap digunakan.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar

14. Lihat Konsumsi Bahan Bakar Mobil Saat Beli

Penanda volume BBM di kendaraan. (Sumber: Pixabay)

Setiap mobil memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Mobil yang digunakan untuk sehari-hari, untuk pergi ke kantor, maupun bepergian jauh akan berbeda konsumsi bahan bakarnya.

15. Mengatur Jarak Tempuh

Mengatur jarak tempuh juga merupakan cara menghemat bahan bakar mobil yang cukup efektif dan bisa kamu praktikan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mengurasi konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih efisien dan hemat dengan menghitung jarak tempuh dan menemukan rute yang lebih cepat.

Bukan hanya itu, kamu juga kamu perlu memperhatikan seberapa banyak titik berhenti atau tempat yang akan dikunjungi. Akan jauh lebih efektif jika kamu tidak terlalu sering berhenti dan mengunjungi suatu tempat secara berlebihan karena hal ini juga bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

16. Hindari Berkendara Pada Jam Sibuk

Cara menghemat bahan bakar mobil yang selanjutnya adalah dengan menghindari berkendara pada jam sibuk. Biasanya pada jam sibuk mobil melewati rute dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi. Kondisi macet yang menyebabkan mobil sering berhenti akan membuat konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

Bahan bakar yang digunakan pada saat macet jauh lebih banyak karena kecepatan yang tidak stabil. Kendaraan juga harus sering berhenti padahal jarak yang ditempuh masih terlampau jauh. Ada baiknya untuk menghindari area macet ketika berkendara, supaya kamu bisa menghemat BBM kendaraan dengan  lebih maksimal.

Apabila kamu memang harus berkendara pada jam sibuk, sebaiknya pertimbangkan rute alternatif terbaik untuk menghindari kemacetan dengan mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh dalam berkendara.

17. Jangan Lupa Tune Up Sesuai Jadwalnya

Tune up atau pengecekan mesin mobil secara mendetail perlu dilakukan setidaknya enam bulan sekali di bengkel resmi. Dengan begitu beberapa komponen yang sudah tidak layak pakai bisa diganti atau dibersihkan. Melakukan tune up rutin akan membuat putaran mesin jadi lancar dan tenaga kembali seperti semula.

18. Jangan Menaruh Barang di Atas Mobil 

Membawa barang dengan meletakkan di atas mobil selain berbahaya, juga dapat membuat bahan bahan bakar menjadi boros. Hal ini disebabkan karena mobil mendapat hambatan udara tambahan sehingga kinerja mesin bertambah berat.

Tekanan dari atas dengan berlebih juga membuat mobil harus menggunakan bahan bakar ekstra untuk menjalankan mesin. Lebih baiknya saat membawa barang usahakan semua bisa masuk dalam mobil.

Baca juga: Kenali Biofuel, Bahan Bakar Alternatif Dari Nabati

Nah, itu dia cara-cara menghemat BBM mobil yang bisa kamu praktikan. Selain bisa untuk menghemat dana otomotif, kamu juga turut berperan dalam menjaga lingkungan loh, Sobat Vocasia!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *