Tanggal:17 June 2024

8 Contoh Aplikasi Pengolah Gambar

Di jaman yang serba digital seperti ini, pasti kamu menyimpan data yang berupa foto misalnya seperti foto keluarga, teman, kekasih dan beberapa foto lainnya. Hal ini disebabkan karena mudahnya melakukan pengambilan gambar dengan berbagai macam perangkat.

Tak jarang kamu akan memposting foto-foto tersebut ke media sosial seperti instagram, facebook, twitter atau beberapa media sosial lainnya. Semua orang akan berusaha untuk selalu memposting foto yang terbaik dan layak untuk diliat banyak orang. Maka dari itu tak jarang kamu akan mengedit foto tersebut sebelum mempostingnya ke dunia internet, gunanya agar foto yang sudah kamu posting di media sosial terlihat jauh lebih bagus dan cantik.

Untuk bisa mengedit suatu foto melalui perangkat keras, kamu juga akan membutuhkan perangkat keras atau aplikasi pengolahan gambar yang bagus.

Buat kamu yang berhasil menemukan artikel ini, merasa beruntunglah karena pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu tentang aplikasi pengolah gambar terpopuler dan terbaik.

Daripada terlalu lama berbasa-basi, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas!

1. GIMP

GIMP merupakan salah satu aplikasi yang menjadi pilihan banyak orang untuk mengolah gambar. Aplikasi tak terbayar ini banyak digunakan oleh orang karena memiliki beberapa kelebihan seperti fiturnya yang lengkap, plug-ins yang beraneka ragam, serta aplikasi ini memiliki kesesuaian dengan banyak format file gambar seperti JPEG, TIFF, GIF, dan PNG.

Aplikasi ini akan memberikan kemudahan kepada kamu untuk mengolah dan memberikan efek editing tambahan misalnya seperti mengatur warna, penggandaan, keburaman, dan masih banyak hal lainnya. Saat ini juga GIMP sudah melakukan pembaharuan yaitu menambahkan fitur layer groups. Fitur layer groups berfungsi untuk mgelompokkan beberapa layer ke dalam satu kelompok, fitur ini juga sudah sering terdengar di aplikasi photoshop.

Buat kamu yang sudah pernah mengenal photoshop, akan lebih mudah untuk mempelajari GIMP.

Baca Juga:

2. Photoscape

Photoscape

Tampilan aplikasi photoscape – @photoscape.org

Aplikasi pengolah gambar yang kedua yaitu photoscape. Aplikasi ini bisa kamu unduh tanpa mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Fitur yang disediakan juga sudah beragam seperti Viewer, Editor, Batch Editor, Combine, Animated GIF, Splitter, RAW Converter, dan lain sebagainya. Saat ini memang dengan adanya banyak perangkat smartphone yang canggih sehingga hal ini memungkinkan para penggunanya mengolah gambar melalui smartphone tetapi dgan fitur photoscape yang beragam akan memungkinkan para pengolah gambar berkreasi lebih untuk menghasilkan foto yang jauh lebih menarik.

3. FotoSketcher

Buat kamu yang suka dnegan foto seperti sketsa tulisan tangan, aplikasi fotosketcher bisa jadi opsi aplikasi pengolah gambar yang cocok buat kamu. Aplikasi ini akan sangat membantu kamu untuk mengubah foto menjadi sketsa tulisan tangan dengan sangat cepat dan mudah.

Baca Juga:

4. Picasa

Mungkin kamu sudah pernah mendengar sebelumnya tentang aplikasi pengolah gambar besutan google ini, aplikasi ini bernama Picasa. Picasa bisa kamu unduh dan gunakan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun alias gratis. Ditambah lagi buat kamu yang memiliki pc atau laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup ringan.

Foto yang sudah tersimpan pada komputermu akan dikumpulkan secara otomatis oleh picasa sehingga kamu akan dengan mudah mengolah gambar seperti membuat kolase, slideshow dan lain sebagainya.

5. PaintStar

Tampilan paintstar

Tampilan paintstar – @paintstar.en.softonic.com

Aplikasi pengolah gambar yang kelima adalah PaintStar. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya utnuk melakukan berbagai proses pengolahan gambar seperti re-touching, morping, menyusun dan lain sebagainya. PaintStar juga memiliki beberapa tool yang mendukung proses pengolahan gambar seperti layer, path, dan filter.

Aplikasi ini bisa kamu download dan gunakan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Baca Juga:

6. Paint.NET

Paint.Net merupakan aplikasi pengolahan gambar yang sudah tidak asing terdengar. Aplikasi ini mendukung pemberian efek khusus pada foto seperti efek Blur, Distort, Noise, Render, dan Style

Efek khusus ini akan membantu kamu mengolah gambar dengan cepat.

7. Photobie

tampilan aplikasi photobie

tampilan aplikasi photobie – @photobie.en.softonic.com

Photobie adalah salah satu software gratis yang memiliki beberapa kemampuan lengkap untuk mengedit gambar/foto dengan cepat dan mudah. Photobie yang dirancang oleh seseorang bernama Cheng, memiliki beberapa fitur efek lengkap seperti animasi GIF, screen capture, Color Setup, Layer, dan lainnya. Tersedia juga plugin filter Photoshop dan tamplate foto yang bisa ditambahkan.

Kemudian, tersedia juga fitur 3D yang dapat memberikan efek 3D ringan pada sebuah gambar/foto agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga:

8. FastStone Image Viewer

Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah mampu menampilkan gambar, tetapi tidak hanya menampilkan foto karena aplikasi ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mendukung kproses pengolahan gambar seperti pemberian efek sketsa, oil painting, watermark, frame, adjust level, adjust lightning, curves, dan lain sebagainya.

Demikian 8 aplikasi pengolahan gambar terpopuler. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman.

Sumber : jagatreview.com

autocad
belajar photoshop
kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *