Tanggal:10 May 2024

Contoh Copywriting Produk Herbal Yang Menarik

Bisnis produk herbal merupakan salah satu bisnis yang sedang diminati saat ini. Namun, tahukah kamu bahwa hampir 80% masyarakat Indonesia tertarik produk herbal bukan karena pengetahuan sejak awal, tetapi tertarik karena kata-kata manis yang ditawarkan.

Kata-kata manis tersebut berasal dari skill copywriting. Copywriting merupakan kemampuan menulis dalam bentuk kalimat atau paragraf yang menarik perhatian pembaca agar mengikuti isinya. Copywriting produk herbal merupakan hal yang sangat penting karena dengan begitu pembaca akan memahami dan menggunakannya agar lebih sehat.

Jika kamu bingung membuat copywriting produk kesehatan, berikut contoh copywriting produk kesehatan yang bisa menjadi referensimu.

Baca juga: 6 Tips Dan Contoh Copywriting Untuk Bisnis Makanan, Auto Banjir Pelanggan Deh!

Contoh Copywriting Produk Kesehatan

Contoh Copywriting yang Baik (Sumber: Freepik)

Tidak hanya menarik para pembaca, beberapa contoh copywriting produk kesehatan ini juga terbukti efektif untuk menaikkan brand aware. Simak ulasan dan contohnya berikut.

1. Slogan yang Menarik

Hal pertama yang dapat kamu perhatikan dalam membuat copywriting produk herbal adalah membuat slogan atau tagline produk agar menarik. Tujuan membuat slogan, yaitu untuk menjadi identitas produk yang akan kamu tawarkan dan ketika masyarakat teringat produk herbal maka produkmu yang pertama diingat.

Selain itu, hal yang paling penting adalah slogan yang menarik dapat meningkatkan psikologis pembaca agar tertarik membeli produkmu. Berikut adalah contoh slogan menarik tentang brand kesehatan:

  • Masuk angin? Minum tolak angin!

2. Jelaskan Keunggulan Produk

Contoh copywriting produk kesehatan selanjutnya adalah menjelaskan keunggulan produk yang kamu tawarkan. Hal ini merupakan hal penting yang tidak boleh terlewat karena hal pertama yang dicari oleh pembaca atau konsumen adalah informasi mengenai seberapa berdampak produk herbalmu pada mereka yang dapat diketahui melalui keunggulan produk.

Selain itu, konsumen akan menilai kualitas produk yang kamu jual berdasarkan keunggulannya. Mayoritas konsumen yang membeli produk juga akan yakin untuk membeli produkmu setelah membaca keunggulannya.

Pastikan kamu memberi unsur detail secara spesifik dalam menjelaskan keunggulan produk. Berikut contoh kalimat copywriting produk kesehatan:

  • “Gunakan Paradol obat sakit kepala yang terbuat dari bahan alami dengan kandungan aloe vera yang murni, terbukti sangat ampuh hilangkan keluhan sakit kepala.”
  • “Jaga kadar gula dan pola makan Anda dengan Diabetabol! Dengan bahan alami yang bebas gula, terbukti ampuh menekan kadar gula Diabetes pada tubuh.” 

3. Storytelling

Selain menjelaskan keunggulan produk secara singkat dan detail, kamu juga dapat melakukan storytelling atau menyampaikan argumen dalam bentuk cerita untuk meyakinkan pembaca.

Teknik storytelling dapat mengajak pembaca merasakan berada di posisi yang sama sesuai dengan cerita yang dibuat dan secara psikologis tertarik untuk mengikuti isi cerita. Teknik penulisan ini terbukti ampuh, terutama bagi produk-produk dengan jenis kesehatan.

Kamu dapat menyampaikan cerita berdasarkan pengalaman setelah menggunakan produk kesehatan ini, dan/atau memberi rekomendasi kepada teman, keluarga atau lainnnya tentang testimoni produk. Berikut contoh secara singkat bentuk kalimat storytelling:

“Kemarin magku kumat pas kondangan karena makan pedas, untung aku bawa produk X, lambung langsung normal lagi!”

4. Ajak Interaksi Pembaca

Contoh copywriting produk kesehatan selanjutnya adalah mengajak interaksi pembaca atau konsumen. Tujuannya adalah mengajak pembaca ikut andil dan berinteraksi dalam produk sehingga pembaca merasa menjadi bagian dari produk yang kamu jual.

Dalam pembuatannya, kamu bisa memanfaatkan media sosial produkmu untuk berinteraksi dengan pembaca atau konsumen. Selain itu kamu juga dapat menuliskan di kemasan produkmu dengan diberi kolom kosong untuk menulis jawaban pembaca.

Berikut adalah contoh kalimat interaktif dengan konsumen yang efektif:

  • “Gimana hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu, ya, coba tulis di kolom komentar tentang gambaran kehidupan kamu di hari ini!”

5. Testimoni Penjualan Produk

Contoh selanjutnya adalah testimoni penjualan produk. Tujuannya adalah untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang kamu jual ampuh dalam menangani penyakit yang dialami. Dalam penulisannya, copywriter menampilkan testimoni keampuhan dalam bentuk landing page. Selain itu, sering dijumpai juga dalam bentuk story di media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan lainnnya

Berikut contoh kalimat testimoni:

  • Alhamdulillah, saya berhasil sembuh dari penyakit gondok 100% berkat rutin minum Obat X!

Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Copywriting Terbaik Untuk Pemula

6. Gunakan Konten Tulisan Tips & Trik

Dalam dunia bisnis, bukan hanya sekadar mengejar keuntungan saja, tetapi kita juga harus memberikan manfaat kepada konsumen. Salah satunya adalah menggunakan konten tips & trik untuk meningkatkan brand aware. Tak hanya dalam penjualan produk kesehatan saja, jenis konten tulisan tips & trik terbukti ampuh untuk  promosi branding produk apapun.

Selain itu, wadah yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten tulisan tips & trik pun sangat beragam. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk artikel atau implementasikan dalam bentuk carousel Instagram dengan caption berupa penjelasan konten.

  • “Tips Agar Memiliki Tubuh Ideal”
  1. Rajin Berolahraga
  2. Konsumsi Makanan Sehat
  3. Lengkapi Nutrisi dengan Minum Susu Sapi Murni Setiap Hari

7. Gunakan Kalimat Soft Selling

Dalam ilmu marketing, ada sebuah teknik promosi yang ilmu penerapannya bisa diterapkan dalam bentuk penulisan iklan digital. Teknik tersebut adalah soft selling, merupakan teknik penyampaian promosi yang bentuk penyampaiannya dilakukan secara singkat dan hanya point penting saja yang tertera dalam informasi.

Biasanya, teknik penulisan kalimat iklan secara singkat ini sering digunakan untuk script video promosi dengan durasi pendek. Untuk sebuah promosi di media sosial seperti TikTok dan Instagram, teknik ini terbukti sangat ampuh untuk menarik audiens. Berikut ini adalah contoh teknik soft selling:

Makanan khusus diet dari Toko Maju Mundur rasanya bener-bener enak, beda dari makanan khusus diet yang lain. Diet jalan terus, makan ngemil terus”

Baca juga: 15+ Jenis Headline Beserta Penjelasan Dan Contohnya Lengkap!

Demikian penjelasan tentang contoh copywriting produk herbal. Perlu diingat, bahwa sebaik apapun khasiat produk herbal yang kamu miliki, namun tidak diiringi dengan copywriting yang menarik dan persuasif maka hasilnya tidak akan maksimal. Gunakanlah contoh-contoh copywriting di atas dan sesuaikan dengan kebutuhan pasar agar produk herbalmu laris manis. Selamat mencoba.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *