Tanggal:16 May 2024

Deretan Pengusaha Sukses di Indonesia

Tak dapat dipungkiri bahwa untuk menyukseskan sebuah usaha tidaklah mudah. Diperlukan jerih payah, keuletan, kerja keras, dan biaya yang tidak sedikit demi mencapai garis kesuksesan. Proses yang panjang ini telah dilakukan oleh deretan pengusaha asal Indonesia hingga namanya kian melambung menjadi pengusaha sukses.

Lantas, siapa saja sih pengusaha sukses di Indonesia? Tenang saja, artikel ini telah merangkum beberapa sosok pengusaha sukses Indonesia dan menyajikan secuil kisah inspiratifnya. Penasaran? Yuk intip artikelnya sampai akhir!

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

Deretan Pengusaha Sukses di Indonesia

1. Chairul Tanjung

source: bgipin

Nama Chairul Tanjung pasti sudah tidak asing di telinga kamu. Ya, ia masuk ke dalam jajaran orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Namun dibalik kesuksesannya, ia lahir dari keluarga menengah ke bawah yang mana ayahnya bekerja sebagai seorang wartawan pada masa orde lama.

Demi bisa membiayai kuliahnya, Chairul Tanjung muda berdagang buku-buku kuliah, fotokopi, hingga jasa pembuatan kaos. Ia juga pernah mendirikan toko peralatan kedokteran dan laboratorium, usaha kontraktor, sampai usaha rotan walau terus-menerus mengalami kebangkrutan.

Meskipun pernah gagal, sifatnya yang senang membangun relasi dengan berbagai perusahaan, mengarahkan bisnisnya untuk mendirikan satu perusahaan bernama CT Corp yang melingkupi bidang keuangan, multimedia, dan properti.

2. William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison

source:pgsjjakarta

Berikutnya adalah pengusaha muda yang sukses di Indonesia, yaitu William Tanuwijaya dan Leonatus Alpha Edison. Nama mereka berdua kian melambung lantaran berhasil membawa Tokopedia menjadi startup unicorn di Indonesia. William adalah pengusaha muda sukses lulusan Binus. Bersama leonatus, mereka berdua mengembangkan Tokopedia hingga seperti sekarang. Kini Tokopedia menjadi marketplace terbesar di Indonesia dengan perkiraan nilai valuasi yang mencapai US$7 miliar.

3. Gilang Widya Pramana

source: instagram shandypurnamasari

Gilang Widya Pramana atau yang lebih akrab disapa Juragan 99 ini merupakan pengusaha muda yang sukses dari kota Malang. Ia bersama istrinya Shandy Purnamasari menjadi sosok yang banyak diperbicangkan oleh netizen karena usahanya dalam kategori perawatan kulit “MS GLOW” yang terbilang sukses dan laris manis di pasaran. Meski bergelimang harta, namun Gilang dan istrinya Shandy Punamasari tidak jumawa. Bahkan, keduanya mengaku siap jika suatu saat kemewahan yang ada saat ini hilang.

4. James Pranoto

source: bisnis.com

Selanjutnya adalah James Prananto bersama dua rekannya Cynthia Chaerunnisa dan Edward Tirtanata membangun usaha kopi kekinian bernama Kopi Kenangan. Awalnya, Kopi Kenangan berdiri di Menara Standard Chartered Jakarta Selatan pada tahun 2017. Kini Kopi Kenangan sudah memiliki lebih dari 80 gerai yang tersebar di delapan kota di Indonesia. Bahkan, usaha kedai kopi ini mendapat suntikan investor juga, lho.

5. Rachel Vennya

source: instagram rachelvennya

Siapa yang tidak mengenal selebgram berparas ayu dengan endorse Instagram terlaris satu ini? Ya, Rachel Vennya termasuk ke dalam jajaran pengusaha muda yang sukses di Indonesia, lho. Ia memiliki 6,7 juta pengikut di Instagram pribadinya. Beberapa bisnisnya yaitu Sate Goreng Taichan, Rumah Sedep, Raven is Odd, Mahika Kids, dan Ngikan Yuk.

Di media sosial, kiprahnya pun tak main-main. Rachel memasang tarif mulai dari 5 juta sampai puluhan juta untuk jasa endorsement darinya. Selain berbisnis, ia sering kali membagikan momen bersama kedua anaknya di media sosial. Branding yang ia bangun sungguh kuat karena banyak netizen yang menggemari kedua anaknya yang lucu dan menggemaskan.

6. Achmad Zaky

source: instagram achmadzaky

Achmad Zaky merupakan pendiri Bukalapak. Selain pendiri, Achmad juga mantan CEO dari Bukalapak. Ketika SD, Achmad sudah mulai mengenal teknologi dan tertarik dalam dunia pemrograman. Lalu setelah lulus ITM, ia menjadi konsultan IT untuk pengembangan website, aplikasi, dan pemasaran digital. Zaky bersama temannya Nugroho Herucahyono kemudian mulai membangun Bukalapak di tahun 2010.

7. Susi Pudjiastuti

source: instagram susipudjiastuti115

Siapa yang tidak mengenal Susi Pudjiastuti? Ia adalah seorang wanita yang sukses dan berhasil menjadi menteri kelautan dan perikanan di kabinet kerja Presiden Joko Widodo. Puteri seorang peternak ini terbukti memiliki kepribadian yang unik. Di saat gadis remaja SMP lainnya fokus dengan cinta monyetnya, dia justru fokus kepada bisnis.  Demi bisa fokus pada bisnisnya, dia pun memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya dan mulai mengelola bisnis perikanannya.

Tentu bisnis Susi Pudjiastuti tidak serta merta selalu mulus. Dia sempat mengalami kendala saat berniat mengajukan pinjaman dana ke bank demi bisa membuat pesawat yang diberi nama Susi Air guna mempermudah mengakomodir kebutuhan pengiriman ikannya.

Di tengah musibah tsunami Aceh, Susi justru memperlihatkan ketulusannya dengan memberi bantuan pinjaman pesawat guna membantu pengiriman bala bantuan. Sejak saat itu, dia mendapatkan cukup banyak permintaan dari LSM di dalam dan luar negeri. Nama dan reputasi Susi Air pun semakin dikenal banyak pemilik bisnis perikanan.

8. Hendy Setiono

source: instagram hendysetiono

Hendy Setiono adalah pendiri dibalik suksesnya usaha kuliner Baba Rafi. Pria kelahiran 30 Maret 1983 ini memulai bisnis berjualan kebab bersama istrinya pada tahun 2007. Hanya dengan menggunakan gerobak dan bermodalkan usaha Rp4 juta, ia perlahan-lahan mulai mengembangkan bisnisnya dengan cara franchise. Dengan menggunakan sistem ini, Kebab Baba Rafi pun cepat menyebar dan diburu banyak orang. Kini Kebab Baba Rafi sudah memiliki lebih dari 1.200 outlet di Indonesia, Malaysia, China, Filipina, dan Sri Lanka.

9. Ali Muharam

source: instagram alvow

Bagi kamu yang doyan ngemil pasti tidak asing lagi dengan Makaroni Ngehe. Sebuah merek jajanan gurih dan nagih yang digemari banyak orang. Nah, Ali Muharam adalah sosok dibalik kesuksesan Makaroni Ngehe ini. Pengusaha sukses asal Tasikmalaya ini dulunya merupakan seorang office boy lulusan SMA yang bekerja di Bogor dan pernah bekerja di sebuah kantin bank di Jakarta.

Meski kehidupannya pada saat itu terasa sulit, ia memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pengusaha. Dengan modal Rp20 juta yang ia pinjam dari temannya, Ali membuka usaha makaroni pedas dengan menggunakan gerobak di daerah Jakarta Barat. Selama delapan bulan menabung dari usahanya tersebut, Ali berhasil mengembangkan usahanya. Dari usaha makaroninya ini, ia pernah mencapai omzet hingga Rp3 miliar. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?

Nah, itulah deretan pengusaha sukses asal Indonesia. Semoga dengan membaca kisah inspiratif mereka, bisa memotivasi kamu dalam menghadapi naik turunnya bisnis yang sedang kamu operasikan.

Faktanya, ilmu yang kokoh menjadi fondasi utama untuk menjadi pebisnis sukses. Tak perlu khawatir, Vocasia menghadirkan kursus terkait kiat-kiat menjadi pengusaha sukses. Kamu bisa join kursusnya di sini. Dengan mempelajarinya, kamu bisa memperoleh ilmu seputar bisnis dan bisa mengaplikasikan strategi yang tepat dalam merintis dan mengembangkan usaha.

Ingat, tidak ada yang instan di dunia ini. Kamu perlu belajar terus menerus dan bersahabat dengan kegagalan. Semangat buat kamu!

Baca juga: Tips Memulai Menjadi Pengusaha Muda Sukses Untuk Pemula

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *