Tanggal:17 June 2024
Perawatan Alami di Rumah

Cara Perawatan Wajah Secara Alami di Rumah

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang wajib kita rawat sebab sangat berpengaruh terhadap penampilan harian kita. Kalau kita tidak merawat wajah dengan baik, wajah akan terlihat lesu dan menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, bruntusan, dan lainnya. Hal ini tentu akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Kalau kita tak percaya diri, kinerja kita dalam menjalani aktivitas pun menurun.

Baca Juga : Jenis Kulit

Nah, merawat kulit wajah tak selalu di klinik kecantikan dan perlu merogoh kocek cukup banyak. Pasalnya, kamu bisa merawatnya sendiri di rumah secara rutin. Penasaran apa saja cara perawatan alami yang bisa dilakukan di rumah? Simak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Cara Perawatan Wajah Secara Alami di Rumah

Seperti yang telah disebut di atas, kamu tak perlu pergi ke salon atau klinik kecantikan untuk merawat wajah kamu. Sebab, dengan merawatnya secara rutin di rumah, kamu bisa mendapatkan wajah kinclong tanpa harus merogoh biaya besar, lho.

Dengan melimpahnya produksi skincare, kamu dapat menemukan beragam produk skincare yang terjangkau dan aman di pasaran. Selain itu, kamu juga dapat membuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur, lho. Sehingga, tidak ada lagi alasan untuk tidak merawat wajah kamu, ya.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Adapun beberapa cara atau metode perawatan wajah secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Membersihkan dan mencuci wajah

Cara pertama yang wajib kamu lakukan adalah membersihkan dan mencuci wajah. Apalagi bagi kamu yang beraktivitas di luar seharian dan menggunakan make up, pastinya polusi jalanan sudah menempel sampai pori-pori kulitmu.

Baca Juga : Urutan Skincare Pagi dan Malam

Namun, tahukah kamu membersihkan wajah tidak cukup hanya menggunakan facial wash? Kamu harus rutin melakukan double cleansing, yaitu menggunakan make up remover kemudian dilanjutkan dengan facial wash. Lebih jelasnya, berikut metode sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membersihkan wajahmu:

  • Membersihkan wajah menggunakan make up remover

Urutan yang paling pertama adalah menggunakan makeup remover. Mengangkat sisa kotoran dan makeup yang menempel merupakan tahap pertama yang wajib kamu lakukan agar kulit wajah siap menerima nutrisi dari urutan skincare selanjutnya.

Pembersih wajah ini terbagi menjadi beberapa jenis contohnya, micellar water, cleansing oil, cleansing gel, cleansing balm, dan masih banyak lagi. Pastikan kamu memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan kulitmu agar kulit wajah benar-benar bersih, sehat, dan tidak ada residu makeup yang tertinggal.

  • Mencuci wajah menggunakan facial wash

Step kedua double cleansing yaitu mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah. Usahakan untuk menggunakan sabun pencuci wajah yang dapat membersihkan dan menjaga hidrasi kulit tanpa membuatnya kering. Saat memilih produk, cobalah amati daftar komposisi produk.

Sebagian besar sabun pencuci wajah mengandung bahan sodium lauril sulfat memang dapat membersihkan kulit, tetapi juga membuatnya kering. Oleh karena itu, pastikan produk yang kamu pilih mengandung bahan-bahan lain yang dapat menjaga hidrasi kulit dengan formula yang seimbang, ya.

2. Mengeksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah. Meskipun langkah ini penting, namun kamu disarankan untuk tidak melakukannya berlebihan. Cukup eksfoliasi wajah dua kali dalam satu minggu.

Produk eksfoliasi instan pun sudah banyak beredar di pasaran. Kamu hanya perlu memperhatikan kandungan produk dan memilahnya sesuai jenis kulit kamu, ya.

Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Selain mengeksfoliasi wajah dengan produk yang dijual di pasaran, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Contohnya seperti gula pasir, kopi bubuk, madu, atau oatmeal.

Berikut adalah cara eksfoliasi wajah menggunakan gula pasir yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah:

  • Siapkan ½ cangkir gula pasir dan 2 sendok teh (sdt) minyak zaitun. Tuangkan kedua bahan ini ke mangkuk lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Setelah tercampur, oleskan scrub ini ke permukaan kulit wajah secara merata, lalu gosok secara lembut dan perlahan selama kurang lebih 3-4 menit.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan.

Nah, sebelum mengoleskan scrub eksfoliasi wajah ini ke kulit, pastikan tangan dan wajahmu sudah dalam kondisi bersih, ya.

Baca Juga : Cara Eksfoliasi Wajah

3. Menggunakan masker wajah

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa mengeskfoliasi kulit tidak disarankan berlebihan, yakni cukup 2-3 kali seminggu. Nah, kamu bisa memanfaatkan masker untuk menutrisi kulit di hari selain eksfoliasi wajah. Ada banyak masker instan yang dijual di pasaran. Namun, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan di dapur untuk membuat sendiri masker alami di rumah, lho.

Masker wajah dengan bahan alami

Pilihan masker wajah kini memang semakin beragam. Tapi, bagi kamu yang ingin mencoba bahan-bahan alami, berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan masker sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki:

  • Alpukat
alpukat

source: pixabay

Bagi kamu si kulit kering, kamu dapat memanfaatkan alpukat sebagai masker. Caranya cukup mudah, siapkan satu buah alpukat yang hampir matang dan campur dengan satu sendok teh minyak zaitun, aduk hingga tercampur rata. Gunakan sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kamu juga bisa mencampurkan satu sendok makan madu ke masker tersebut agar kulit kamu lebih terhidrasi secara maksimal.

  • Oatmeal
oatmeal

source: pixabay

Tak hanya untuk dikonsumsi, oatmeal juga bisa dimanfaatkan sebagai masker alami wajah terutama buat kamu yang memiliki masalah kulit berminyak. Sebab, oatmeal mampu menyerap minyak berlebih di wajah.

Untuk memanfaatkan oatmeal sebagai masker, kamu bisa mencampurkan ½ cangkir oatmeal dengan air panas, dan aduk sampai membentuk pasta. Lalu campur dengan 1 sendok makan madu, aduk kembali sampai merata dan oleskan ke wajah. Pijat lembut secara perlahan selama 3 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Mentimun
mentimun

source: pixabay

Bagi kamu yang memiliki berjerawat, memanfaatkan mentimun sebagai masker wajah bisa menjadi opsi yang bagus. Kamu bisa menghaluskan mentimun, ambil sarinya. Kemudian tambahkan satu sendok makan gula, aduk sampai merata. Oleskan masker mentimun dan campuran gula ke wajah secara merata dan biarkan selama 10 menit, kemudian cuci bersih menggunakan air dingin.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Wajah

4. Menggunakan toner

Langkah perawatan kulit wajah selanjutnya adalah mengaplikasikan toner. Pemakaian toner pada wajah berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga kulit tetap lembap. Selain itu, toner juga dapat mengangkat sisa kotoran pada wajah yang mungkin saja masih tertinggal, lho. Untuk mengaplikasikan toner, kamu bisa menggunakan kapas atau diteteskan langsung pada telapak tangan. Kemudian diusap secara lembut ke kulit wajah. Pastikan kapas maupun telapak tangan yang hendak kamu usapkan ke wajah dalam keadaan bersih, ya.

Baca Juga : Merek Skincare Lokal Yang Bagus

5. Menggunakan moisturizer (pelembap)

Moisturizer berperan besar untuk mengunci dan menjaga kelembapan pada kulit wajah. Selain itu, dengan menggunakan moisturizer sebelum mengaplikasikan make up juga dapat membuat wajah terlihat glowing dan membuat riasan pada wajah bertahan lebih lama.

Baca Juga : Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kering

6. Menggunakan sunscreen (tabir surya)

Last but not least, adalah menggunakan tabir surya. Penggunaan tabir surya sangat bermanfaat dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mampu menyebabkan perubahan warna kulit, munculnya bintik pada wajah, keriput, dan juga kanker kulit. Untuk itu, sebaiknya kamu mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 30 ke wajah dan kulit setiap hari meski cuaca sedang tidak panas sekalipun.

Itu dia cara perawatan wajah secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, rawat kulit kita dengan benar, rutin, dan gentle. Kalau bukan kita sendiri yang merawatnya, lalu siapa lagi?

Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Baca Juga : Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *