Tanggal:20 June 2024
https://www.canva.com/id_id/membuat/kartu/undangan-pernikahan/

Cara Mudah dan Gratis Membuat Desain Undangan Pernikahan Lewat Canva!

Saat akan mengadakan acara pernikahan, banyak hal yang dipersiapkan oleh pasangan dan keluarga calon pengantin. Persiapan yang dilakukan juga memakan waktu yang cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan sebelumnya. Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dan cukup krusial dalam persiapan tersebut adalah undangan pernikahan.

Undangan pernikahan menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat sedang sedang mempersiapkan pernikahan karena fungsinya yang dapat menginformasikan kepada keluarga, sahabat, dan orang sekitar calon pengantin tentang hari bahagia mereka.

Untuk itu, jika saat ini kamu sedang atau akan mengadakan acara pernikahan. Ketahuilah bahwa di era digital ini, kamu bisa membuat undangan pernikahanmu sendiri dengan mudah dan gratis. Dengan begitu, kamu bisa memangkas budget pernikahan untuk undangan pernikahan yang tidak sedikit.

Lantas, bagaimana cara dan tips mudah untuk membuat desain undangan pernikahanmu sendiri? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Baca juga: 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik Di 2022

Membuat Desain Undangan Penikahan Lewat Canva

Dilansir dari website Canva, merupakan alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Singkatnya, platform online yang sudah ada sejak tahun 2013 ini adalah tempat untuk membuat beragam desain sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk kebutuhan presentasi, logo, pamflet, hingga undangan.

Membuat undangan pernikahan melalui Canva pun tidak sulit, bahkan kamu juga bisa menggunakan platform atau aplikasi ini secara gratis. Ya, untuk beberapa desain dan fitur yang tersedia di Canva, kamu dapat menikmatinya secara cuma-cuma. Hanya saja, beberapa fitur memang membutuhkan biaya khusus berbayar. Tetapi fiur-fitur gratis yang ditawarkan Canva tak kalah menariknya, lho.

Baca juga: 9 Inspirasi Konsep Pernikahan Impian, Mana Impian Kamu?

Cara Mudah dan Gratis Membuat Desain Undangan Pernikahan Lewat Canva

Berikut cara membuat undangan pernikahan dengan desainmu sendiri melalui Canva. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

1. Buka dan Buat Akun Canva

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuka www.canva.com di kolom URL browser kamu. Jika kamu menggunakan hp, kamu juga bisa membukanya melalui aplikasi yang diunduh lewat App Store atau Play Store.

Setelah itu, masuk tau klik ‘Log in’ untuk kamu yang telah memiliki akun Canva, atau ‘Sign up’ untuk kamu pengguna baru. Bagi pengguna baru daftar menggunakan akun Facebook, Google, atau e-mail. Untuk memudahkan, kamu bisa masuk menggunakan akun Google yang sudah kamu punya sebelumnya.

2. Pilih Template

Laman mencari desain undangan pernikahan di Canva.

Saat kamu sudah berhasil masuk ke web atau aplikasi Canva dan telah menampilkan laman ‘Beranda’. Kamu bisa mulai membuat desain sesuai kretivitasmu dengan mengklik ‘Create a design’. Namun, jika kamu ingin membuat undangan pernikahan dengan template yang sudah disediakan Canva, di kolom pencarian ketik ‘undangan pernikahan’.

Dari berbagai pilihan desain undangan pernikahan yang ada, kamu bisa memilih sesuai selera dan kebutuhanmu. Sesuaikan juga dengan tema dan warna acara penikahanmu nanti, selain itu kamu juga perlu memperhatikan ukurannya. Jika kamu berkeinginan untuk mengunggah undangan pernikahan di Instastory, undangan berbentuk potrait (berdiri) bisa menjadi solusi.

Kemudian untuk menikmati dan membuat desain gratis, kamu bisa memilih desain yang tidak ada tulisan ‘PRO’ atau berarti desain tersebut mengharuskanmu untuk berlangganan (berbayar)

3. Mulai Membuat Desain

Laman kerja membuat undangan pernikahan di www.canva.com.

Jika pada laman sebelumnya kamu sudah memilih desain undangan pernikahan yang kamu sukai. Selanjutnya, kamu akan masuk pada laman kerja.

Karena desain sudah tersedia, kamu bisa mengubah beberapa hal yang ada di desain tersebut. Seperti nama, alamat, lokasi, dll. Selain itu, jika terdapat poin yang kurang kamu sukai. Kamu bisa mengubah atau menambahkannya sesuai seleramu.

Pilih ‘Template’ untuk memilih desain lain, ‘Elements’ untuk menambahkan ornamen, atau kamu juga bisa mengubah warna dengan mengklik desain yang kamu pilih dan klik kotak kecil berwarna di bagian atas sebelah ‘Animate’.

Kreasikan desain undangan pernikahan sesuai selera dan kebutuhanmu. Jika kamu khawatir desain kamu akan menghilang atau terhapus tanpa sengaja. Tenang saja, Canva memiliki fitur save otomotasi, yang akan menyimpan desainmu secara otomatis tanpa perlu mengklik save.

4. Simpan atau Share Desain

Simpan atau share undanganmu melalui media sosial.

Jika kamu telah selesai dan puas dengan desain undanganmu. Kamu bisa menyimpan hasil akhirnya dengan klik ‘Share’ di bagian kanan atas, lalu klik ‘Download. Kemudian karena opsi fitur gratis tidak banyak, langsung saja klik ‘Download’.

Namun, jika kamu ingin langsung membagikannya ke media sosial, gunakan cara ini; klik ‘Share’ di bagian kanan atas, klik ‘Share on social’, pilih media sosial mana yang sudah terhubung dengan akun Canva-mu.

Baca juga: 8 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Bagus Dan Murah Untuk Kamu Calon Pengantin!

Nah, itu tadi cara mudah dan gratis membuat desain undangan pernikahan lewat Canva. Cara ini dapat kamu gunakan untuk menghemat budget pernikahan dan kamu bisa mengkreasikan desain undangan pernikahan sesuai selera dan kreativitasmu. Selamat mencoba!

Selain itu, jika kamu tertarik untuk mengembangkan skill  atau baru belajar membuat desain lewat Canva tapi ingin yang simpel dan nggak ribet. Kamu bisa menggunakan smartphone-mu. Vocasia menyediakan media untuk belajar melalui kursus RESEP CANVA : PRO DESAIN PAKAI CANVA DI HP. Yuk! Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar bersama profesional dan tingkatkan kemampuan desainmu meski lewat smartphone saja! Bisa jadi ladang cuan juga, lho. Klik dan ikuti kursusnya sekarang juga.

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *