Tanggal:14 May 2024

8 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Bagus dan Murah Untuk Kamu Calon Pengantin!

Souvenir adalah suatu benda yang dianggap sebagai simbol kenangan atas kejadian dan peristiwa yang telah dialami. Banyak yang menganggap bahwa souvenir adalah hal yang cukup esensial dari sebuah acara pernikahan. Selain dekorasi dan makanan, souvenir pernikahan juga harus diperhatikan agar pernikahan tetap berkesan. Ketika akan melangsungkan pesta pernikahan, souvenir yang dipersiapkan untuk tamu undangan tidak hanya berdesain menarik tetapi juga bermanfaat.

Budaya memberikan souvenir pernikahan kepada tamu undangan tidak hanya ada di Indonesia, di beberapa negara lainnya pun ada. Souvenir yang akan diberikan kepada para tamu undangan dianggap sebagai salah satu tanda penghargaan dan juga terima kasih atas kedatangan mereka. Maka dari itu, tak jarang pasangan yang akan menikah mengalami kesulitan untuk mencari vendor souvenir yang tak hanya berkualitas tetapi juga berkesan untuk tamunya.

Meskipun begitu, saat ini souvenir pernikahan sudah banyak sekali macamnya. Model, corak, dan harganya pun sangat bervariasi, mulai dari gantungan kunci, perlengkapan aromaterapi, bahkan mini gold. Alhasil, calon pengantin dapat lebih leluasa memilih souvenir yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Acara pernikahan membutuhkan souvenir untuk para tamunya (freepik)

Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lain dalam memilih souvenir untuk pesta pernikahanmu. Pertama, sesuaikan jenis souvenir dengan tema pesta pernikahan yang akan dilangsungkan. Hal tersebut dilakukan agar souvenir terlihat lebih serasi dan menarik.

Kedua, pilihlah souvenir yang bermanfaat dan bisa dipakai oleh para tamu di masa mendatang. Souvenir yang tidak memiliki manfaat cenderung akan terbuang percuma. Untuk itu, pastikanlah souvenir yang kamu dan pasanganmu pilih bisa selalu digunakan oleh tamu undangan.

Meskipun menyediakan souvenir bagi para tamu undangan tidaklah wajib, bagi pasangan yang akan menikah dan sedang mencari ide souvenir pernikahan dapat menyimak beberapa rekomendasi souvenir pernikahan bagus dan murah pada artikel ini.

Baca juga: 9 Inspirasi Konsep Pernikahan Impian, Mana Impian Kamu?

8 Rekomendasi Souvenir Pernikahan

Berikut rekomendasi souvenir pernikahan bagus dan murah yang bisa kamu berikan untuk tamu ketika pesta pernikahan.

  1. Gantungan kunci

Gantungan kunci (freepik)

Gantungan kunci merupakan salah satu pilihan souvenir pernikahan yang unik dan menarik. Mungkin souvenir yang satu ini sudah sangat biasa dijadikan sebagai buah tangan untuk tamu undangan pernikahan.

Walaupun begitu, rekomendasi souvenir pernikahan ini tetap menjadi salah satu pilihan favorit bagi calon pengantin yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin memberikan buah tangan sebagai tanda terima kasih kepada para tamu undangan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih gantungan kunci sebagai souvenir pernikahan yang praktis, terjangkau, unik. Kamu bisa mendesain bentuk gantungan kunci yang unik dan disukai para tamu.

  1. Alat makan dari kayu

Alat makan dari kayu (freepik)

Kamu bisa memilih sendok dan garpu atau alat makan dari kayu sebagai souvenir pernikahan. Rekomendasi souvenir pernikahan ini cocok untuk calon pengantin yang ingin berkontribusi untuk menjaga lingkungan dengan cara go green

Selain ramah lingkungan, seperangkat alat makan ini juga terlihat lebih klasik. Aroma khas yang berasal dari kayu juga akan menambah kesan unik dan menarik dari souvenir tersebut. Saat ini sudah banyak vendor souvenir yang berlomba untuk membuat tampilan souvenir yang mereka tawarkan semakin estetis dan unik.

  1. Gelas

Gelas enamel (freepik)

Selain seperangkat alat makan, kamu bisa memilih gelas sebagai souvenir pernikahan. Salah satu jenis gelas yang cocok dijadikan souvenir pernikahan adalah gelas enamel. Gelas yang satu ini hampir sama dengan mug. Namun, cangkir tersebut terbuat dari bahan seng, seperti jenis cangkir zaman dahulu.

Adanya unsur estetis yang kental membuat orang memilih gelas enamel sebagai buah tangan untuk para tamu undangan di acara pernikahan. Kesan klasik dan vintage menjadi salah satu keunikan tersendiri dari souvenir ini. Agar souvenir tersebut memiliki unsur pernikahanmu, kamu bisa menambahkan nama kamu dan pasangan serta kata-kata indah yang mewakili perasaan kedua mempelai.

  1. Card holder

Card holder (beritadiy)

Rekomendasi souvenir pernikahan ini cocok untuk kamu yang ingin memberikan sesuatu yang bernilai, bermanfaat, dan berkualitas. Card holder atau dompet kartu bisa menjadi pilihan terbaik. Souvenir ini sangat fungsional untuk menyimpan segala macam kartu, uang, dan lainnya sehingga akan terlihat lebih simpel dan tidak memakan banyak ruang di tas.

  1. Tempat pensil dari kain batik

Tempat pensil dari kain batik (pinterest)

Tempat pensil dari kain batik ini bisa kamu pertimbangkan untuk souvenir pernikahan. Selain bermanfaat, souvenir ini unik dan cantik berkat kain batiknya. Bentuk tempat pensil yang akan dijadikan souvenir dapat disesuaikan dengan keinginanmu. Bisa berbentuk kotak pensil seperti biasanya, berbentuk ulir, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Menentukan Fungsi Dan Kualitas Produk Kerajinan

  1. Kaktus mini

Kaktus mini (CNN Indonesia)

Rekomendasi souvenir pernikahan yang satu ini cukup unik, yaitu kaktus mini. Tanaman berduri ini sekarang sudah banyak dijual. Kamu tidak perlu khawatir kaktus tersebut akan mati di tengah jalan karena sebenarnya kaktus adalah tumbuhan yang bisa hidup di gurun sehingga membuatnya bisa lebih lama bertahan di dalam kondisi panas.

Walaupun mempunyai banyak duri, kaktus tetap saja cantik dan indah apabila dijadikan tanaman hias. Hal tersebut yang membuat kaktus mini cocok dijadikan souvenir pernikahan yang cukup unik. Kamu bisa memberikan pot dan tali pita untuk memperindah kaktus mini yang nantinya akan diberikan kepada para tamu.

  1. Tas belanja

Tas belanja (freepik)

Buat kamu yang tidak ingin pusing dalam memikirkan dan memilih souvenir yang cocok untuk diberikan kepada tamu undangan, tas belanja bisa dijadikan salah satu pilihan yang paling tepat. Tas belanja ini juga akan terlihat sangat menarik dan pastinya bermanfaat untuk para tamu. Selain itu, souvenir tas belanja juga menjadi salah satu souvenir yang ramah lingkungan karena digunakan untuk menggantikan kantong plastik ketika belanja.

  1. Pouch

Pouch (freepik)

Selain tas belanja, pouch merupakan rekomendasi souvenir pernikahan yang simple dan menarik. Sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan pouch mini untuk menyimpan barang-barang kecil seperti aksesoris maupun perhiasan yang kerap dibawa bepergian. Selain itu, pouch juga bisa digunakan untuk menyimpan uang koin, lipstik, parfum, dan juga cermin.

Maka dari itu, pouch merupakan salah satu souvenir yang sangat bermanfaat bagi para tamu yang menerimanya. Kamu bisa mengukir nama dan tanggal pernikahan serta kalimat manis yang mewakili perasaan kedua mempelai untuk mempercantik pouch.

Itu dia rekomendasi souvenir pernikahan bagus dan tentunya murah yang bisa kamu pertimbangkan untuk acara pernikahanmu nantinya. Perlu diingat, penting atau tidaknya souvenir pernikahan juga tergantung dari kedua mempelai. Oleh karena itu, kamu dan pasangan perlu merundingkan terlebih dahulu mengenai penting atau tidaknya memberikan souvenir saat pernikahan.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *