Tanggal:06 May 2024

8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Fotografi

Saat ini skill fotografi begitu diminati, terlebih di zaman digital yang memudahkan orang untuk mengunggah foto lewat media sosial. Momen berharga yang tertangkap kamera dalam sudut yang sempurna akan jadi media yang tepat untuk berbagi cerita.

Sebab itu banyak yang ingin meningkatkan skill fotografi yang mereka miliki. Sebab jika ditekunin, skill ini dapat menjadi prospek kerja yang cukup menjanjikan. Berikut ini adalah cara efektif yang dapat meniambah skill fotografimu.

1. Buat Perencanaan Matang

Kamu dapat menambah skill fotografi dengan membuat perencanaan matang. Sebelum kamu mulai memotret, kamu harus melakukan survei lokasi, lihat dari mana datangnya cahaya, verifikasi arah angin, cari gangguan potensial, periksa apa yang terjadi pada pasang dan ombak, lihat apakah ada sesuatu yang tampak tidak diinginkan dalam bidikan, dan pertimbangkan variabel lokal lain yang mungkin berlaku. Dengan perencanaan matang kemungkinan mendapatkan jepretan yang bagus juga meningkat.

2. Persiapan yang Tepat

Daripada hanya pergi keluar dengan kamera kamu, putuskan apa yang akan kamu potret. Kemudian, siapkan kit yang kamu perlukan untuk itu. Misalnya seperti pilih lensa yang tepat, pastikan baterai terisi dan kartu memori kosong, atur kamera ke mode pemfokusan, dan lain-lain. Tinggalkan semua yang tidak kamu butuhkan. Pada pemotretan, jumlah peralatan dan persiapan yang minimal ini akan membantu kamu berkonsentrasi untuk mendapatkan satu bidikan yang sempurna. Kamu tidak akan terganggu saat menukar lensa atau mengubah pengaturan kamera di lokasi.

3. Kenali Kameramu

Pastikan kamu membaca guide mode pada kamera yang dimiliki dan memahami simbol-simbol yang ada pada petunjuk manualnya. Pelajari fungsi kamera, fitur dan menunya. Jika perlu, praktikkan satu persatu petunjuk tersebut untuk mengetahui secara langsung kegunaannya. Selain itu, Jangan ragu untuk memotret objek yang sama dengan settingan berbeda. Bisa jadi dengan begitu kamu menemukan posisi dan settingan favorit pada kamera.

4. Belajar Kenali Subjek

Setiap lokasi dan setiap subjek memiliki fitur uniknya sendiri yang harus kamu ketahui. Banyak fotografer jalanan yang baik akan mencari latar belakang dan memvisualisasikan bidikan yang mereka inginkan. Mereka kemudian akan menunggu orang yang tepat, melakukan sesuatu yang menarik yang sesuai dengan visi mereka, untuk mengembara ke dalam bingkai dan menyelesaikan gambar. Sementara itu, fotografer satwa liar akan mempelajari dan memahami perilaku makhluk.

5. Pahami Komposisi (Rule of Third)

Jika kamu ingin menambah skill fotografi, baik itu menggunakan kamera DSLR maupun smartphone, kamu harus memahami dan menguasai komposisi dalam fotografi. Berbicara tentang komposisi dalam fotografi, kamu mau tidak mau harus memahami konsep dasar komposisi fotografi yang dikenal dengan istilah rule of third.

Jika kamu sudah menguasai komposisi dalam fotografi dengan baik, kamu dapat menerapkan teknik pengambilan sudut pandanng (angle), leading line, framming dan teknik komposisi lainnya pada saat kamu mengambil foto.

6. Berpartisipasi dalam Komunitas Fotografi

Saat ini sudah banyak komunikas fotografi yang bisa kamu ikuti. Berpartisipasi dalam komunitas fotografi sangat perlu dalam proses memupuk skill fotografi karena di dalamnya kamu bisa sharing dengan orang-orang yang mempunyai kegemaran yang sama. Kamu juga bisa meminta kritik dan saran mengenai potret yang telah dihasilkan. Selain itu, kamu juga dapat belajar dari pengalaman-pengalaman dan tips fotografi  dari teman komunitas. Dan enaknya jika bergabung dengan komunitas fotografi, kamu bisa pergi (hunting) foto bersama.

7. Rutin Praktik Memotret

Jangan pernah merasa puas dengan hasil bagus yang pernah dihasilkan. Selalu asah skill fotografi kamu agar tidak lupa dan selalu tambah ilmu mengenai fotografi agar kemampuan Kamu meningkat. Buatlah jadwal khusus untuk memotret. Misalnya setiap hari paling tidak menghasilkan satu gambar atau jika tidak memungkinkan bisa satu minggu tiga kali dan sebagainya, yang penting jarak antar praktiknya tidak terlalu jauh agar teknik yang telah dikuasai tetap diingat.

8. Rajin Mencari Ide Dan Referensi

Saat ini, untuk mencari ide fotografi tidak harus datang ke tempat yang mempunyai objek menarik. Kamu cukup membuka internet dan berselancar dalam situs-situs foto stream seperti Flickr. Dengan begitu, kamu dapat mengumpulkan beberapa referensi dan mulai mempelajari bagaimana cara menghasilkan gambar yang diinginkan.

Kursus menjadi youtuber pro vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *