Tanggal:25 April 2024

15 Kata Kunci Elemen Canva Agar Desainmu Menarik

Canva merupakan salah satu aplikasi atau web yang digunakan untuk mendesain atau membuat karya visual.  Beberapa kelebihan menggunakan canva, yaitu fitur yang mudah didapatkan dan juga cara mengedit yang praktis. Selain itu, Canva merupakan salah satu aplikasi editing yang bisa dioperasikan melalui Hp. Jadi, disaat seseorang memiliki deadline tertentu dan tidak sempat untuk mengeditnya di laptop, maka bisa mengedit desain di Hp menggunakan aplikasi Canva. Hasil editing dari aplikasi Canva pun tidak kalah menarik daripada menggunakan aplikasi atau software editing lainnya, loh.

Dalam Canva, begitu mudah mencari sebuah elemen yang digunakan untuk mengisi desain tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa kata kunci yang kamu masukkan untuk mencari sebuah elemen harus sesuai agar desain terlihat lebih menarik. Oleh karena itulah, penggunaan kata kunci atau keyword yang kamu tulis juga memengaruhi hasil pencarian elemen tersebut. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang kata kunci elemen Canva yang berguna agar isi desainmu lebih menarik dan berbeda dari desain lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) Di Canva

Elemen-elemen Canva Anti-Mainstream

1. Aesthetic

Seperti namanya, elemen ini bisa menambah desain kamu lebih estetik dan soft. Elemen ini dilengkapi dengan ornamen yang didominasi oleh warna-warna pastel. Bentuknya didominasi oleh lengkungan dan garis yang bisa diaplikasikan dalam desain promosi bisnis, seperti pakaian, aksesoris, dan lainnya.

2. Bright Leaves

Elemen yang pada dasarnya berbentuk daun ini bisa diaplikasikan dalam berbagai jenis desain. MIsalnya, presentasi, kampanye tentang lingkungan, maupun aksesoris sebuah desain produk tanaman. Namun, elemen ini juga terbilang estetik juga, loh. Jadi, cocok untuk dijadikan kombinasi desain lainnya.

3. Brush Stroke

Brush stroke merupakan bentuk elemen yang yang berbentuk usapan kuas yang biasanya digunakan sebagai layer sub judul. Elemen ini juga bisa diletakkan di bagian tepi atas, kiri bawah, atau sudut desain agar lebih eye catching . Elemen ini didominasi oleh warna yang cukup vibrant, membuat desain tampak lebih berwarna. Ada berapa pilihan kata kunci elemen brush stroke  yang bisa digunakan, seperti splash brush, paint stroke, color splash, dan paint splatter. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Twibbon Di Canva

4. Boho Aesthetic

Pada elemen ini, kamu bisa menciptakan suatu desain agar terlihat lebih menunjukkan kesan seni dan juga tetap memperhatikan ke estetikanya. Elemen ini juga bisa menghadirkan nuansa modern yang dikolaborasikan dengan aksen klasik. Kata ‘boho’ sendiri berasal dari kata Bohemian yang terkesan santai, ringan, unik, dan estetik. Pada elemen ini, biasanya memiliki konsep abstrak dengan warna-warna bumi bergambar daun. 

5. Doodle

Saat kamu ingin membuat desain yang simple, santai, namun tetap estetik, kamu bisa menggunakan elemen doodle. Doodle merupakan gambar berupa coretan dan berbagai konsep. Elemen ini cocok digunakan sebagai ilustrasi awal atau desain yang berupa rancangan sederhana dan cocok untuk desain yang berhubungan dengan anak-anak. Ada beberapa sub-keyword yang bisa kamu gunakan dalam elemen ini, seperti doodle heart, flower doodle dan doodle line. 

6. Abstract

Pada elemen abstract ini bisa digunakan di berbagai keperluan desain karena bisa menciptakan sebuah ciri khas pada visual desain. Kamu bisa mencari kata kunci lain yang masih menggunakan keyword abstract, seperti dot abstract shapes icon, atau abstract shape. 

Baca juga: 12 Istilah Dalam Desain Grafis Yang Harus Kamu Ketahui!

7. Freeform Vector

Free font vector merupakan salah satu elemen yang ada di Canva untuk memberikan kesan seni pada suatu desain. Pada elemen ini, terdapat berbagai warna dari soft hingga vibrant yang membuat desain semakin eye catching dan stand out. Selain itu, elemen ini juga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki bisnis agar feed social media lebih terkonsep. Beberapa sub-keyboard yang bisa kamu gunakan seperti free form, geometric shapes, brutalist, psychedelic, dan aesthetics.

8. Pattern

Jenis elemen ini bisa kamu gunakan di hampir semua desain karena memiliki cukup banyak pilihan mulai dari titik, garis, gelombang, dan lain-lainnya. Adanya elemen pattern bisa membuat desainmu lebih bercorak, beragam, dan tidak monoton pada desain-desain tertentu. Beberapa kata kunci yang bisa digunakan dari elemen pattern ini, seperti swatch pattern, geometric pattern, linen pattern, flower pattern, dan Islamic pattern.

9. Rustic

Lagi-lagi, elemen ini cocok untuk desain agar terlihat lebih estetik. Seperti saat kamu ingin membuka bisnis minuman kopi kamu bisa menggunakan elemen ini. Dengan elemen ini berguna agar desain lebih terlihat segar dan menggugah selera. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beberapa grafis lain tetapi line drawing atau gambar dengan garis saja.

10. Monoline Elements

Jika kamu memilih tipe desain yang sederhana namun tetap estetik, kamu bisa menggunakan elemen ini. Monoline elements merupakan kumpulan grafis yang yang berdasar pada garis-garis dan cocok digunakan pada sudut-sudut desain. 

11. Organic Summer

Dalam elemen ini, kamu bisa menemukan beberapa grafis yang girly dan feminin karena didominasi oleh daun, bunga, dan elemen lainnya. Elemen ini digunakan untuk mempermanis desain, apalagi jika kamu memiliki suatu bisnis aksesoris atau florist, kamu bisa menggunakan elemen ini. 

Baca juga: 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik Di 2022

12. Duo Color Avatar

Kamu membutuhkan ilustrasi manusia tetapi hanya berwarna hitam putih? Elemen ini cocok untuk desainmu sebagai form pengenalan diri ataupun lainnya. 

13. Me Time

Saat kamu membuat CV atau lainnya, elemen ini cocok digunakan pada desain karena terdapat banyak ikon dan ilustrasi yang bisa menggambarkan hobi atau kegiatan bersantai. Elemen ini cocok untuk kamu yang akan presentasi memperkenalkan diri. 

14. Organic Rainbow

Tidak ada salahnya jika kamu menambahkan elemen pelangi dalam desain, bukan? Elemen ini bisa juga dikombinasikan dengan elemen aesthetic, abstract ataupun Bohemian. Karena  warna pelangi di elemen ini berbeda dengan pelangi biasanya, yaitu lebih ke arah warm tone yang estetik. 

15. Social Media UI Frames

Jika kamu membutuhkan presentasi yang membutuhkan frame sebagai salah satu elemen presentasi, kamu bisa menggunakan social media UI frames. Dalam elemen ini, kamu bisa menyertakan judul subbab, pilihan atau opsi, maupun desain lainnya.

Itulah tadi beberapa elemen yang anti-mainstream atau hidden gem elemen yang ada di Canva. Kamu bisa menggunakan elemen ini untuk mempercantik desain agar terlihat eye catching dan tidak biasa-biasa saja. Jika kamu ingin memperdalam skill desain menggunakan Canva, kamu bisa mengikuti kursus online dari Vocasia, yaitu Kelas Singkat – Mahir Desain Grafis menggunakan Canva

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *