Tanggal:14 June 2024

Cara Pasang Central Lock Mobil Sendiri dengan Mudah dan Murah

Sistem keamanan mobil masa kini telah dibuat begitu canggih. Salah satu sistem keamanan yang umum digunakan oleh masyarakat adalah central lock mobil sebagai pengamanan tambahan pada kendaraan roda empat. .

Central lock merupakan sebuah sistem yang diuntuk mengunci mobil secara otomatis dan elektrik. Central lock bukan hanya dapat dijalankan dengan kunci kontak, tetapi juga bisa menggunakan sakelar atau remot.

Saat ini, produsen mobil sudah banyak mengeluarkan mobil terbaru yang dilengkapi dengan central lock. Meskipun begitu, masih ada beberapa jenis mobil yang belum dilengkapi dengan fitur central lock, terutama pada mobil tua.

Jika ada mobil tua yang memiliki central lock, kemungkinan sang pemilik memasangnya secara mandiri dan bukan central lock yang dikeluarkan oleh produsen mobil tersebut. Jika kamu ingin memasang central lock, kamu bisa menggunakan central lock universal.

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai central lock universal yang dijual oleh toko online atau bengkel. Ketika membelinya secara online, biasanya kamu berencana untuk memasangnya sendiri di rumah. Sebaiknya, jangan memasangnya dengan asal dan pelajari cara memasang central lock mobil dengan cermat terlebih dahulu.

Untuk kamu yang tidak biasa memasang komponen mobil sendiri, tentu akan merasa kesulitan. Hal itu juga berlaku untuk cara pasang central lock yang tidak mudah. Dibutuhkan kewaspadaan dan ketelitian supaya tidak terjadi korsleting dan alarm mobil bisa berjalan dengan optimal.

Sebelum mempelajari cara memasang central lock mobil, kamu harus memahami cara kerjanya terlebih dahulu. Sobat Vocasia bisa membacanya pada pembahasan berikut.

Baca juga: Airbag: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerja

Cara Kerja Central Lock Mobil

Central Lock di pintu mobil. (Sumber: Shutterstock)

Central lock tesusun dari actuator, mainboard, module, sirine, LED, dan remot. mainboard adalah otak yang mengirim sinyal ke komponen-komponen lainnya. Misalnya, Door switch akan mengirim sinyal ke mainboardmainboard pun akan mendapatkan sinyal tersebut dan meneruskan ke komponen-komponen central lock door.

Mainboard sendiri terdiri dari kabel arus dan baterai, kabel massa, kabel ignition switch dan brake switch, kabel memory LED, dua kabel Tail light, satu kabel sirine, dua kabel control module, dan dua kabel actuator. 

Selanjutnya, komponen penting lainnya yang ada di dalam central lock door adalah actuator. Komponen ini adalah mekanik penarik atau pendorong tuas pengunci pintu. Actuator dikontrol oleh module. Module memiliki fungsi sebagai unit utama yang memberikan listrik ke actuator.

Lantas, bagaimana cara pasang central lock yang tepat? Vocasia telah merangkum komponen dan alat-alat yang dibutuhkan, serta cara memasang central lock mobil sendiri dengan mudah dan murah yang bisa kamu lakukan di rumah.

Komponen central lock

Umumnya, setiap central lock dipisahkan pada tiga komponen. Ketiganya adalah door lock actuator, door lock mechanism, dan door lock control unit. Ini dia penjelasannya:

1. Door lock actuator

Komponen central lock ini berfungsi untuk menggerakan locking link yang tersambung pada door lock. Door lock actuator terdapat pada sakelar yang ada pada segi pintu sopir.

2. Door lock mechanism

Komponen central lock yang berperan sebagai penggerak mekanisme pengunci dengan cara manual. Door lock mechanism ini berkaitan dengan door lock actuator sebagai pengaman mobil.

3. Door lock control unit

Door lock control unit berfungsi sebagai pengatur jalan arus yang digunakan untuk menggerakan door lock actuator. Komponen ini terdiri dari tiga relay yang akan dikendalikan dengan beragam sirkuit elektronik.

Baca juga: Bingung? Ini Cara Melacak Motor Yang Hilang Dengan Pelat Nomor

Selain komponen di atas, kamu juga harus menyiapkan alat dan bahan berikut.

  1. Motor central lock
  2. Baut
  3. Penyambung ke pelatuk
  4. Kabel
  5. Kotak kontrol relay

Kamu bisa memastikan jumlah motor yang diperlukan. Jumlah motor tersebut akan disesuaikan dengan jumlah pintu mobil kendaraanmu. Khusus untuk mobil pickup, jumlah yang dibutuhkan hanya dua. Berbeda lagi untuk mobil kendaraan pribadi yang memiliki jumlah empat pintu, maka membutuhkan empat motor.

Motor central lock terdiri dari dua jenis, yaitu motor 5 kabel dan motor 2 kabel. Motor 5 kabel digunakan khusus untuk pintu kanan (tempat sopir) untuk mengontrol motor yang lain.

Kontrol tersebut akan memudahkan ketika ingin melakukan penguncian otomatis pada semua motor. Ketika pelatuknya ditarik atau didorong, semua motor yang ada dalam central lock akan otomatis ikut menarik dan mendorong.

Baca juga: 11 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik Dan Ternyaman 2022

Cara Pasang Central Lock Mobil Sendiri

Proses memasang central lock. ( Sumber: Shutterstock)

Ketika memasang central lock mobil sendiri, kamu harus memperhatikan beberapa hal dengan cermat agar tak terjadi kesalahan dan berujung kerusakan pada mobil ataupun alat yang sudah kamu beli.

1. Pasang motor central lock di pintu pengemudi

Langkah pertama adalah memasang motor utama central lock pintu bagian pengemudi terlebih dahulu. Motor central lock ini terhubung dengan lima kabel di sistem penguncian pintu.

2. Pasang di pintu lain

Lalu, pasang juga motor central lock di pintu mobil yang lain. Pemasangan motor central lock di pintu mobil harus menyesuaikan dengan kondisi masing-masing pintu.

3. Sambungkan kabel-kabel

Selanjutnya, sambung setiap kabel yang ada. Lalu, sambungkan motor central lock utama ke modul atau kontrol relay.

4. Sambungkan sisa kabel modul

Terakhir, sambungkan sisa kabelke aki, ground atau body, dan ke sistem saklar. Sebagai catatan, detail skema pemasangan hingga penyambungan kabel central lock biasanya sudah tertera pada buku manual.

Untuk itu, skema pemasangan pada panduan harus di cermati dengan seksama. Bila kalian tidak yakin untuk memasangnya sendiri, datanglah ke bengkel pintu mobil resmi terdekat.

Baca juga: Serba-Serbi Asuransi Mobil: Pengertian, Manfaat, Dan Tips Memilihnya!

Itu dia cara kerja, komponen, dan cara memasang central lock mobil. Apabila kamu menerapkan langkah-langkah di atas, kamu bisa mulai mempraktikan cara memasang central lock sendiri dengan mudah dan murah tanpa ke bengkel.

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *