Tanggal:26 July 2024

10 Ide Bisnis Langka, Cocok untuk Kamu yang Mau Untung Besar!

1. Jasa Mendengarkan Curhat

Curhat (sumber: Pexels)

Coba kamu pikirkan apakah ada manusia yang hidup tanpa memiliki permasalahan hidup? Rasanya tak mungkin bahkan kamu saja pasti punya masalah hidup yang belum terpecahkan hingga saat ini. Apalagi saat ini kita tengah berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan segala sesuatunya menjadi sangat terbatas, ya. Tak heran rasa bosan hingga stres muncul pada segala kalangan. Entah itu pada anak kecil, anak remaja, orang dewasa, hingga orang tua sekali pun. Mereka memiliki masalah dengan porsinya masing-masing, juga dengan bidang masing-masing. Seperti masalah pekerjaan, urusan sekolah, masalah pertemanan, masalah dalam percintaan, masalah keluarga hingga masalah sosial yang lebih kompleks lainnya.

Baca juga: Cara Membuka Jasa Ketik Untuk Pemula

Nah, atas dasar hal tersebut, dengan membuka jasa unik dan kreatif, yakni mendengarkan cerita dan keluh kesah orang lain. Selain kita bertindak sebagai makhluk sosial yang beraktivitas atas dasar rasa empati, juga bisa menghasilkan secara fiansial, lho. Kalau kamu berpikir apakah orang lain yang bermasalah itu mau bercerita? Bukankah mereka akan bercerita pada lingkungan sekitarnya dulu? Selain itu, kalian juga orang asing yang tidak saling mengenal? Oke kita pecah satu-satu, ya.

Perlu kamu ketahui bahwa ada orang yang lebih nyaman bercerita dengan orang asin. Seasing mungkin, dengan harapan cerita itu berada di tangan yang tepat. Hal ini karena kamu dan dia tak ada urusan secara jangka panjang dalam kehidupan sehari-hari. Ibaratnya, habis curhat ya sudah selesai cukup di situ saja hubungan kalian.

Hal tersebut dikarenakan orang sekitar yang tak bisa menjaga permasalahan yang dia curhatkan untuk disimpan secara personal saja. Kalau urusan dia percaya atau gak dengan kamu, ya, itu tugas kamu sebagai jasa pendengar curhat orang asing. Kamu harus bisa membangun kepercayaan bahwa mereka harus percaya padamu, tak akan menyebar kemana-mana tanpa seizin kamu, dan kalimat penenang sejenisnya, ya.

Baca juga : Pengertian, Jenis serta Fungsi pada Video

2. Souvenir Pernikahan by Request

Souvenir (sumber: Pexels)

Pernikahan merupakan momen bersejarah dalam kehidupan setiap manusia. Maka dari itu, tak jarang pasangan yang ingin menciptakan hal unik dan kreatif dalam pernikahan sekali seumur hidupnya itu. Di sini kamu bisa menawarkan jasa pembuatan souvenir cantik berdasarkan permintaan dari si pasangan tersebut, nih.

Eitss, selain berdasarkan permintaan pasangan, kamu juga perlu menyiapkan desain-desain souvenir yang unik dan kreatif sebagai referensi. Sehingga tak cuma mengandalkan ide dari si pasangan, kamu bisa berpartisipasi memberikan referensi lalu dicocokkan lebih lanjut.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

3. Penyewaan Kostum

Sewa kostum (sumber: Pexels)

Sering orang berpikir dua kali kalau mau membeli kostum yang mungkin hanya digunakan sekali untuk memenuhi suatu momen, ya. Meskipun momen tersebut rutin adanya dalam suatu periode. Misalnya, perayaan hari Kartini di perusahaan, otomatis diadakan setiap setahun sekali di bulan April. Pastinya kalau kamu membeli kostum kebaya khas kartini. Artinya, dalam setiap perayaannya kamu akan menggunakan kostum itu lagi, lagi, dan lagi? Rasanya cukup membosankan, ya.

Terlebih lagi nih pertimbangan bahwa harga membeli barang dengan menyewa itu jelas lebih murah menyewa, ya. Belum lagi kalau menyewa, artinya untuk kegiatan seperti perayaan hari Kartini kamu bisa ganti kebaya di setiap tahunnya bukan? Iya pastinya. Dari sinilah peluangmu untuk menyewakan kostum-kostum yang cantik dengan nuansa kreatif agar menjadi daya tarik tersendiri di mata calon konsumenmu. Kamu juga perlu harga sedikit miring atau pun diberikan diskon bagi pelanggan rutin yang menyewa kostum setiap periodenya, nih.

Baca juga : 4 Ide Bisnis Jasa yang Tak Butuh Modal Besar, Bisa Jadi Kerjaan Sampingan, Lho!

4. Latar Belakang Foto yang Unik

Backdrop (sumber: Pexels)

Dewasa ini foto ialah aktivitas yang menjadi hobi banyak orang dari berbagai kalangan, ya. Dengan berfoto menurut sebagian besar orang ialah proses mencipatakan kenangan bersama orang-orang yang berharga dalam hidupnya. Foto bersama orang-orang tersayang ini akan lebih lengkap lagi kalau ada nuansa tema yang menghiasi setiap tangkapan momen bukan? Iya pastinya.

Di sinilah peluang bisnis untuk kamu. Coba hadirkan latar belakang foto yang mendukung momen-momen penting, seperti latar belakang untuk pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan sejenisnya. Jangan lupa memasukkan unsur latar belakang yang menjadi daya tarik dalam persaingan bisnis dan di mata calon konsumen. Bahkan kamu juga bisa menawarkan pembuatan latar belakang yang cantik berdasarkan permintaan dari konsumenmu, ya. Dengan melakukan hal ini tentu saja kamu bisa mematok harga jual yang jauh lebih tinggi, lho.

5. Catering Sehat

Catering (sumber: Pexels)

Jasa catering atau pemesanan makanan memang sudah umum dijalankan oleh banyak orang. Namun, jenis usaha ini bisa dikembangkan lebih kreatif, loh, misalnya catering sehat. Maksudnya, usaha catering ini memberikan jasa pemesanan makanan sehat. Makanan yang disediakan, yaitu makanan dengan komposisi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan gizi. 

Target pasar utama dalam bisnis ini, yaitu orang yang diet atau sedang menjalani pola hidup sehat. Namun, ada satu hal penting yang harus kalian ketahui dalam menjalankan bisnis ini, yaitu pengetahuan tentang kesehatan dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Untuk mengetahui hal ini, kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan ahli gizi. Tren bisnis ini mulai bermunculan di kota-kota besar, namun belum begitu dikenal di daerah lain.

Baca juga:

6. Barang Antik

Koleksi barang antik (sumber: Pexels)

Untuk kamu yang menyukai barang-barang lama atau barang antik, kamu bisa membuka suatu usaha barang antik. Karena pada saat ini, sedang marak beberapa anak muda yang memiliki selera antik bahkan masih banyak dijumpai komunitas barang tempo dulu yang masih eksis. Namun, sebelum mencoba menjalankan bisnis ini, kamu harus dekat dengan orang yang memiliki kegemaran dengan barang antik. Beberapa barang yang termasuk dalam bisnis ini, seperti perabot rumah, kamera, otomotif, miniatur, dan lain-lainnya. 

7. Produk Daur ulang

Recycle (sumber: Pexels)

Saat ini gerakan go green sudah mulai digerakkan lebih luas dengan cara mengubah sampah menjadi barang yang dapat digunakan kembali. Beberapa sampah yang bisa digunakan kembali, seperti plastik, kain perca, kaleng, atau bahkan kertas. Selain bisa mengurangi jumlah sampah, bisnis ini juga bisa dijadikan inovasi baru dengan cara memunculkan produk kreatif berbahan dasar sampah. 

Baca juga: Ingin Menjadi Editor Video Profesional? Ikuti Cara-Cara Berikut!

8. Jasa Titip

Jastip (sumber: Pexels)

Nama lain bisnis ini yaitu personal shopper, seseorang yang menyediakan layanan jasa untuk memberikan suatu barang kepada orang lain. Target pasar bisnis ini, yaitu orang yang ingin membeli barang namun terkendala oleh jarak atau waktu. Misal, kamu memiliki hobi jalan-jalan di mall. Kamu bisa membuka usaha ini ini kepada orang-orang yang berminat terhadap produk yang ada di mall tersebut. 

9. Pembuatan Konten

Videografer (sumber: Pexels)

Dengan adanya media sosial membuat orang semakin manfaatkannya. Tak hanya untuk sumber informasi saja, namun juga sebagai ladang bisnis, yaitu sebagai social media content creator. Nah, untuk membuat suatu konten, tentu mereka membutuhkan orang yang bisa mengedit dan membantu memproduksi konten. 

Pekerjaan ini mulai diminati banyak orang, apalagi bagi orang yang sudah biasa berkecimpung di dunia editing, fotografi, dan videografi. Satu hal yang yang harus dimiliki oleh seorang pembuat konten, yaitu kreativitas dalam membuat dan mengonsep sebuah konten. Tujuannya agar bisa menarik perhatian audiens dan bisa menjadi pembeda bagi brand kompetitor.

Baca juga: Sudah Punya Usaha Yang Gak Ada Matinya Ini?

10. Terrarium

Terrarium (sumber: Pexels)

Bisnis ini merupakan salah satu bisnis baru dalam dunia agribisnis. Terrarium merupakan suatu wadah transparan yang terbuat dari plastik dan kaca, lalu diisi tanah atau media tanam lainnya. Terrarium bisa diaplikasikan ke beberapa jenis tanaman. 

Jenis bisnis ini termasuk kreatif dan unik karena jika biasanya tanaman tumbuh di ruang terbuka, tidak dengan terrarium. Ia dapat dipelihara di dalam ruangan, asalkan terdapat sinar matahari yang masuk. Target pasar utama dalam bisnis ini, yaitu orang bertempat tinggal yang tidak memungkinkan untuk memelihara tanaman di ruang terbuka, seperti apartemen.

Nah, itu tadi beberapa bisnis unik yang bisa kamu jalankan, dan tentunya dapat menyesuaikan perkembangan bisnis. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis ini? Tenang, Vocasia  punya solusinya yang akan dibahas dalam kursus online bernama Langkah Praktis Memulai Usaha Dari 0 Hingga Mendatangkan Keuntungan. Dalam kursus ini, kamu akan belajar tentang langkah-langkah yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam membuka usaha

Edited By: Romadhona

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *