Tanggal:17 May 2024
blog.hootsuite.com

Facebook dan Pixel: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Apa itu Facebook pixel?

Facebook pixel adalah bagian dari kode yang Anda tempatkan di situs web Anda. Ini mengumpulkan data yang membantu Anda melacak konversi dari iklan Facebook, mengoptimalkan iklan, membangun audiens yang ditargetkan untuk iklan di masa mendatang, dan memasarkan ulang kepada orang-orang yang telah mengambil tindakan di situs web Anda.

Pengaturan pixel Facebook

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang dapat Anda lacak, dan mengapa Anda ingin melakukannya, inilah saatnya untuk membuat piksel Facebook Anda dan menjalankannya di situs web Anda.

Langkah 1: Buat pixsel Facebook

  1. Dari Pengelola Peristiwa Facebook Anda, klik Hubungkan ke Sumber Data di menu sebelah kiri, lalu pilih Web. Klik Mulai untuk melanjutkan.
  2. Pilih Piksel Facebook, lalu klik Hubungkan.

Beri nama pixel Anda, masukkan URL situs web Anda, dan klik Lanjutkan.

Saat memilih nama piksel, perlu diingat bahwa dengan Pengelola Peristiwa, Anda hanya mendapatkan satu piksel untuk setiap akun iklan. Nama harus mewakili bisnis Anda, bukan kampanye tertentu.

Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu piksel per akun iklan, Anda dapat melakukannya menggunakan Pengelola Bisnis Facebook.

Langkah 2: Tambahkan kode piksel Facebook ke situs web Anda

Agar piksel berfungsi mengumpulkan informasi di situs web Anda, Anda sekarang perlu menginstal beberapa kode piksel Facebook di halaman web Anda.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini tergantung pada platform situs web yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan salah satu mitra integrasi Facebook, seperti WordPress atau SquareSpace, pilih Gunakan Integrasi Mitra. Ini akan memandu Anda melalui serangkaian langkah untuk menghubungkan piksel Facebook Anda tanpa pengkodean apa pun.

Jika Anda bekerja dengan pengembang atau orang lain yang dapat membantu Anda mengedit kode situs web Anda, klik Instruksi Email untuk mengirimi pengembang Anda semua yang mereka butuhkan untuk memasang pixel.

Jika tidak satu pun dari opsi di atas berlaku, Anda harus memasukkan kode piksel langsung ke halaman web Anda. Itulah yang akan kami jelaskan kepada Anda di bagian ini.

  1. Klik Instal kode secara manual.
  2. Klik tombol hijau Salin Kode.
  3. Tempelkan kode piksel tersebut ke dalam kode header situs web Anda, tepat di atas tag </head>. Anda perlu menempelkannya ke setiap halaman, atau ke templat tajuk Anda jika Anda menggunakannya. Klik Lanjutkan.
  1. Pilih apakah akan menggunakan pencocokan lanjutan otomatis. Opsi ini mencocokkan data pelanggan yang di-hash dari situs web Anda ke profil Facebook. Ini memungkinkan Anda melacak konversi dengan lebih akurat dan membuat audiens kustom yang lebih besar. Kemudian klik Lanjutkan.

Langkah 3: Siapkan acara pixel Facebook

  1. Klik tombol Buka Alat Pengaturan Acara.

Pilih ID piksel Facebook Anda, lalu klik Pengaturan dan gulir ke bawah ke Buka Alat Pengaturan Acara.

  1. Masukkan URL Anda dan klik Buka Situs Web.
  2. Facebook akan memberikan daftar acara yang disarankan. Klik Tinjau di samping setiap acara, lalu pilih Konfirmasi atau Tolak. Klik Finish Setup untuk melanjutkan.

Jika Anda terganggu dalam penyiapan piksel, Anda selalu dapat kembali lagi nanti dengan membuka Pengelola Acara.

Langkah 4: Konfirmasikan piksel Anda berfungsi dengan pembantu piksel Facebook

Sebelum Anda mulai mengandalkan data dari piksel Facebook Anda, Anda harus mengonfirmasi bahwa itu melacak dengan benar.

  1. Tambahkan ekstensi Facebook Pixel Helper ke browser Google Chrome Anda. (Ini hanya tersedia untuk Chrome, jadi jika Anda menggunakan browser yang berbeda, Anda harus menginstal Chrome untuk menggunakan Pixel Helper.)
  2. Kunjungi halaman tempat Anda menginstal pixel Facebook. Munculan akan menunjukkan berapa banyak pixel yang ditemukan di halaman. Munculan juga akan memberi tahu Anda apakah pixel Anda berfungsi dengan baik. Jika tidak, itu akan memberikan informasi kesalahan sehingga Anda dapat melakukan koreksi.

Langkah 5: Tambahkan pemberitahuan pixel Facebook ke situs web Anda

Untuk mematuhi persyaratan Facebook (dan, dalam beberapa kasus, undang-undang), Anda perlu memastikan pengunjung situs web Anda tahu bahwa Anda mengumpulkan data mereka.

Itu berarti Anda perlu memberikan pemberitahuan yang jelas bahwa Anda menggunakan piksel Facebook dan bahwa informasinya dapat dikumpulkan melalui cookie atau metode lain. Anda juga perlu memberi tahu pengguna bagaimana mereka dapat memilih untuk tidak mengumpulkan data mereka.

Untuk mendapatkan semua detailnya, buka Persyaratan Alat Bisnis Facebook dan gulir ke bawah ke poin 3: Ketentuan Khusus Mengenai Penggunaan Alat Bisnis Tertentu. Atau, lihatFacebook’s Cookie Consent Resource.

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *