Tanggal:28 April 2024
gdn adalah

Facebook Marketing : Pengertian Beserta Strategi Ampuhnya!

Saat ini, media sosial semakin berkembang salah satunya media sosial Facebook. Seperti yang kita ketahui, Facebook menjadi media sosial yang populer karena pengguna yang sangat banyak, untuk dunia bisnis tentu hal tersebut menjadi potensi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produk.

Di era digital saat ini, Facebook menawarkan kesempatan yang baik sebagai sarana pemasaran, disebut dengan Facebook Marketing, yang dapat menjadi strategi pemasaran bagi bisnis online. Apakah kamu tahu apa itu Facebook Marketing? Berikut penjelasan.

Apa Itu Facebook Marketing?

Facebook Marketing (pexels.com/pixabay)

Facebook Marketing adalah berbagai kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan akun Facebook untuk bisa memasarkan produk dan menjalin komunikasi yang intens dengan para konsumen. Facebook Marketing menjadi salah satu bagian dari inbound marketing, yakni suatu strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan cara menarik perhatian konsumen menggunakan beragam informasi produk yang unik.

Kebanyakan orang sudah mengetahui, bahwa Facebook adalah salah satu platform media sosial yang sangat besar. Platform ini dapat digunakan baik untuk keperluan pribadi maupun tujuan bisnis, seperti menunjang kegiatan promosi. 

Perusahaan besar, seperti Microsoft telah menggunakan Facebook sebagai sarana memasarkan produk mereka. Karena Facebook menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak dibanding media sosial lainnya. Hal tersebut membuat pengguna Facebook memiliki potensi menjadi calon pelanggan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Dalam segi fitur, Facebook menyediakan banyak sekali fitur yang berguna untuk kegiatan pemasaran. Salah satunya fitur posting terjadwal atau scheduled post, fitur ini akan membantu kamu dalam membagikan konten produk pada waktu tertentu saat audiens sedang online.

Selain itu, ada juga Facebook 360. Dengan adanya fitur ini, setiap postingan kamu akan terlihat lebih menarik dengan foto, ilustrasi, ataupun video panorama yang sifatnya lebih interaktif.  Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan dari Facebook yang disebut dengan Facebook Ads.

Kelebihan Facebook Marketing

Dalam facebook Marketing juga memiliki kelebihan yang bisa kamu dapatkan tentunya! Kelebihan tersebut akan membuat keuntungan dalam bisnis yang sedang kamu jalani, di antaranya:

1. Kemudahan Penggunaan

Facebook Marketing mampu menawarkan kemudahan untuk setiap penggunanya. Kamu dapat melakukan pemasaran lewat Facebook. Di awali dengan membuat Facebook page yang merupakan suatu halaman publik Facebook dibuat secara khusus untuk brand terkenal, selebritas, bisnis, ataupun organisasi. Caranya cukup mudah, dengan memasukan link lalu pilih kategori bisnis kamu, lengkapi informasi data profil pribadi.

2. Jangkauan Audiens yang Luas

Dengan menggunakan Facebook Marketing akan menghasilkan pasar yang lebih luas. Hal ini disebabkan tingkat jangkauan di dalamnya lebih luas, jadi target pemasaran lebih mudah untuk dicapai. Laman resmi Napoleoncat menjelaskan bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia saat ini adalah pengguna Facebook aktif. Artinya, bila kamu menargetkan konsumen Indonesia sebagai sasaran pasar bisnis maka memanfaatkan Facebook adalah pilihan yang sangat tepat.

3. Menciptakan Brand Awareness

Media sosial Facebook mampu membantu kamu dalam membangun brand awareness produk secara baik. Brand awareness adalah kesadaran pelanggan akan sebuah produk terkait informasi yang pernah diterima sebelumnya. Dengan begitu, kamu dapat membuat strategi yang tepat dengan membuat konten menarik untuk target audiens kamu. Jika target audiens kamu adalah anak muda, buatlah postingan yang menarik untuk mereka.

Selain itu, jika kamu memilih menggunakan Facebook Ads, buatlah marketing campaign dengan tujuan brand awareness secara khusus. Facebook telah menyediakan wizard untuk memudahkan kamu melakukannya. Dari halaman pengelola iklan, pilihlah opsi membuat kampanye, lalu pilih brand awareness dan lengkapi penjelasan yang diperlukan.

4. Lebih Tepat Sasaran

Menjangkau banyak orang perlu adanya ketentuan sasaran yang tepat sebagai langkah pemasaran bukan? Kamu dapat menggunakan facebook page dalam pemasaran produk loh! Pengguna facebook yang menjadi followers kamu akan selalu mendapatkan notifikasi setiap postingan, jika konsumen tertarik maka kamu dapat menjangkau dengan mudah.

Selain itu, Facebook juga memiliki fitur pemirsa khusus (Customer-targeted Audience). Fitur ini bisa dinikmati oleh kamu yang ingin beriklan di Facebook. Dengan memanfaatkan Facebook custom audience tool, dapat mengatur target iklan dengan lebih tepat berdasarkan data pelanggan yang kamu miliki.

Baca JugaCara Memaksimalkan Facebook Ads Untuk Pemula!

Strategi Dari Facebook Marketing

1. Mulai Dengan Tujuan yang Jelas

Sebelum kamu melakukan kegiatan pemasaran, tentunya harus mengetahui tujuan apa yang akan kamu jalani saat proses pemasaran bisnis sedang berlangsung, dengan begitu akan mempermudah mengukur tingkat keberhasilan pemasaran kamu. 

Berdasarkan laman Sprout Social sebanyak hampir 80% tujuan dari Facebook Marketing adalah untuk membangun brand awareness. Selain itu, tujuan lain Facebook Marketing adalah untuk meningkatkan engagement (65%), traffic website (54%), dan meningkatkan konversi (30%).  Saat kamu masih bingung tujuannya apa untuk menjalankan bisnis pemasaran, kamu bisa coba menyebar survei ke pelanggan untuk mengetahui gambaran strategi tepat yang sedang dijalankan. 

Setelah brand atau produk kamu sudah dikenal banyak orang, lanjut menggunakan Facebook Marketing untuk meningkatkan engagement bisnis. Strategi menggunakan Facebook Marketing harus diperhitungkan dengan matang. Tentukan target pemasaran yang jelas agar produk kamu bisa laku terjual.

2. Kenali Target Pasar

Sebelum kamu menjalani bisnis pemasaran, kamu perlu tahu target pasar yang akan ditujukan. Hal tersebut, dapat membantu kamu dalam menentukan anggaran iklan sampai menentukan jenis konten yang tepat untuk di posting. Selain itu, menentukan target pasar, kamu harus memulainya dengan melakukan riset, membangun buyer persona, dan lanjut dengan menentukan brand positioning yang ingin kamu buat.

Facebook Marketing mampu memberikan kemudahan dalam menentukan target pasar. Saat kamu menggunakan Facebook Ads, dapat menggunakan fitur custom audience, di dalamnya kamu bisa membuat target audiens yang lebih detail dengan berdasarkan data pelanggan yang sudah dimiliki, pengunjung website, dll.

3. Buatlah Konten yang Menarik

Strategi ini berlaku baik untuk posting di Facebook page maupun saat beriklan menggunakan Facebook Ads. Dari sisi format, jangan hanya melakukan posting berupa teks saja. Tambahkan dengan foto maupun video. Sebuah data menunjukkan bahwa menggunakan video untuk promosi mampu menarik 46% konsumen untuk melakukan pembelian produk. 

Dari sisi ide, ada banyak jenis konten yang bisa kamu buat. Mulai dari tutorial singkat penggunaan produk, update fitur terbaru, hingga testimoni pelanggan. Kamu dapat membuat konten yang ringan namun sangat mencerminkan bisnis tersebut.

4. Jadwalkan Posting Konten Dengan Baik

Membuat jadwal posting konten memiliki peran penting dalam menentukan kapan suatu postingan harus di publish dan tingkat intensitasnya. Hindari terlalu sering memposting konten karena akan memberikan lebih sedikit waktu membuat konten.

Selain itu, kualitas konten berpotensi kurang maksimal dan akan memberikan kesan yang kurang baik untuk audiens. Sebaliknya, terlalu lama melakukan update posting juga akan menurunkan engagement followers kamu. 

Perlu kamu ketahui, waktu ideal untuk setiap bisnis dalam melakukan posting sangat berbeda, tergantung pada target audiensnya. Tapi, Sprout Social mengeluarkan data yang menunjukkan bahwa waktu posting konten yang ideal secara global adalah dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

5. Aktif Menjalin Komunikasi Dengan Audiens

Membangun sebuah komunikasi yang baik dengan audiens adalah salah satu tujuan utama dalam berbisnis, salah satunya Facebook marketing. Dengan begitu, usahakanlah untuk melakukan komunikasi dengan para konsumen secara baik. Artinya, kamu tidak boleh hanya fokus dalam membuat konten saja. Tetapi, perlu menjawab setiap komentar dari audiens.

Maka kegiatan komunikasi akan terjalin secara dua arah. Semakin sering kamu melakukan diskusi dengan audiens di kolom komentar dan menyebut nama bisnis secara personal, maka tingkat engagement kamu juga akan terbentuk dengan sendirinya.

6. Monitor dan Analisis Strategi Anda

Setelah melakukan posting konten, lakukanlah upaya monitoring. Bisa dengan mengamati komentar yang diberikan pengunjung, atau melihat perkembangan jumlah share atau like. Kamu juga bisa memanfaatkan tools analytics untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Hal ini bertujuan untuk mempelajari tipe konten manakah yang disukai konsumen dan harus dibuat lebih sering. Atau, perlukah melanjutkan upaya promosi konten tertentu jika hasil engagement kurang maksimal.

7. Meningkatkan Penjualan Dengan Cara Promosi Di Facebook

Cara mengiklankan produk di Facebook dengan menggunakan Facebook Ads menjadi cara alternatif untuk mendatangkan banyak pembeli. Untuk menggunakan layanan Facebook Ads, kamu harus mengeluarkan uang tambahan sebagai modal.

Dengan cara mengiklankan produk di Facebook sudah terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan hasil penjualan. Akan tetapi, kamu harus melakukan perhitungan dengan baik mengenai modal untuk beriklan di Facebook.

Apa Saja Tools Gratis Facebook Marketing? 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis pemasaran yang kamu jalani, terdapat beberapa tools gratis Facebook Marketing untuk mempermudah kamu menjalani bisnis, diantaranya:

1. Facebook Messenger

Ilustrasi Facebook Messanger (Sumber: Pexels)

Facebook messenger adalah tools multi-platform. Jadi, memudahkan kamu saat membangun engagement apapun perangkat yang digunakan. Beberapa fitur dari messenger ini antara lain koleksi GIF dan emoji yang menarik untuk membuat komunikasi lebih kasual. Tidak hanya itu, kamu juga dengan mudah berbagi lokasi event yang sedang diselenggarakan. 

Menurut data Buffer, 63% pengguna menunjukkan respon positif atas kemudahan untuk dapat berkomunikasi langsung dengan penjual. Dari sisi pebisnis, penggunaan facebook messenger dapat meningkatkan conversion rate (pembelian) hingga 5 kali lipat loh!.

2. Facebook Messenger Ads

Ilustrasi Facebook Ads (Pexels)

Kamu ingin beriklan menggunakan facebook? Cocok banget nih menggunakan tools facebook messenger ads. Facebook ads manager adalah pusat pengelolaan semua iklan yang kamu miliki. Baik saat membuatnya, maupun saat melakukan pemantauan iklan yang telah dipublikasikan.

Baca JugaApa itu Facebook Bussines Manager?

Jika iklan yang kamu buat tidak sesuai, kamu dapat mengeditnya dengan mudah. Selain itu, tools ini juga dilengkapi dengan real-time reporting untuk memastikan iklan yang ditampilkan mencapai tujuan pemasaran kamu.

3. Drump.up

Drum.up adalah tools facebook marketing yang cukup populer dengan lebih dari 60 ribu pengguna, termasuk nama besar seperti forbes dan entrepreneur. Kamu bisa menggunakan drumup dengan gratis. Cukup dengan login menggunakan akun Facebook kamu. 

Tools ini dapat membantu kamu membuat konten posting yang menarik. Drum.up akan melakukan analisis terhadap berbagai konten yang ditemukan dan paling sesuai dengan jenis bisnis kamu. Lalu, akan mendapatkan rekomendasi topik konten manakah yang relevan untuk posting atau iklan. 

4. Mobile Monkey 

Ingin membangun engagement dengan konsumen menjadi lebih baik? Mobile Monkey bisa menjadi tools yang sangat bermanfaat untuk tujuan tersebut. Mobile monkey adalah sebuah platform chat marketing yang dapat digunakan untuk upaya pemasaran melalui Facebook. Kamu bisa menggunakan tool ini dengan gratis namun tentu dengan berbagai batasan penggunaan.

Baca JugaRemarketing adalah?

Beberapa fitur yang dimiliki mobile monkey adalah chat blaster. Fitur ini memungkinkan kamu melakukan penyebaran informasi secara masal melalui chat. Caranya, kamu cukup membuat daftar custom audience, memasukkan detail informasi, lalu mengirimkannya. Bahkan, dapat mengatur jadwal khusus untuk blast tersebut. Maka upaya pemasaran kamu lebih efektif.

Nah, sekian penjelasan lengkap Facebook Marketing, buatlah strategi pemasaran bisnis kamu secara detail, ya, agar bisnis kamu berjalan dengan lancar. Masih bingung bagaimana cara meningkatkan penjualan melalui media sosial? ikuti kursus berikut! “Tingkatkan Penjualanan Dengan Teknik Beriklan Di Facebook dan Instagram” Semangat dan semoga bermanfaat!

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *