Tanggal:02 May 2024

Tips 5 Cara Memaksimalkan Facebook Ads Bagi Pemula!

Kamu memiliki passion di bidang bisnis? Atau kamu sudah memiliki bisnis? Tentunya, kamu harus tau bagaimana melakukan promosi dalam bisnis kamu bukan? Promosi yang kamu lakukan bisa melalui offline dan online, loh! 

Seperti social media marketing, aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah Facebook. Saat ini, kamu bisa melakukan bisnis melalui promosi online dengan media sosial maka kamu bisa memaksimalkan strategi pemasarannya. Selain itu, kamu akan lebih efektif karena target pasar jangkauan lebih luas, hemat dari segi biaya dan lainnya. 

Jika kamu pilih media sosial Facebook, kamu bisa menggunakan Facebook Ads. Apa kamu sudah tau Facebook Ads itu apa? Yuk, simak berikut ini penjelasannya!

Apa itu Facebook Ads? 

Facebook Ads adalah salah satu platform media situs layanan iklan yang berfungsi untuk melakukan promosi atau pemasangan iklan sehingga membantu halaman atau website bisnis kamu berkembang, sesuai target yang diinginkan.   

Bentuk dari iklan pada platform Facebook Ads, seperti teks, foto, video, banner, dan lainnya. Biasanya, iklan akan ditampilkan di bagian sidebar atau antara postingan. Kini, Facebook menjadi platform media sosial yang populer karena banyak pelaku bisnis mengharapkan dapat mencapai target pasar yang luas untuk beriklan di Facebook.

Kenapa Facebook menjadi media sosial populer? Sesuai data dari statista menunjukkan bahwa jumlah pengguna Facebook saat ini mencapai 2,85 miliar dan terus mengalami peningkatan.

Jika kamu memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya, apa aja keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan Facebook Ads? Keuntungan yang didapat antara lain meningkatkan bisnis atau brand kamu supaya lebih banyak dikenal, peluang meningkatkan conversion rate, jumlah impresion, dan traffic akan semakin tinggi.

Nah, jika kamu tertarik memulai bisnis kamu di Facebook Ads, simak berikut cara menggunakan Facebook Ads bagi pemula! 

Cara Menggunakan Facebook Ads Bagi Pemula

Ilustrasi Cara Menggunakan Facebook Ads (Sumber: Pexels)

Langkah bagi pemula tidak terlalu rumit, berikut cara memulai Facebook Ads.

1. Kamu buka Facebook Ads, lalu pilih iklan terpadu

Langkah pertama kamu harus login terlebih dahulu setelah itu, kamu akan dimunculkan halaman kampanye. Di halaman tersebut akan ada pilihan pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. 

Bagi kamu yang baru memulai menjadi pemula, kamu pilih bagian pembuatan iklan terpadu ya. Setelah itu, kamu akan diarahkan lebih spesifik seperti apa iklan yang di inginkan dan siapa target pasar dalam iklan tersebut.

Baca JugaCara Memasang Iklan di Facebook

2. Tentukan dan ukur target iklan di Facebook Ads

Pastikan kamu sudah menentukan konsep seperti apa dari iklan bisnis kamu, ya. 

Terdapat beberapa trik dalam poin kedua ini, loh! Selain kamu menentukan konsep, kamu perlu mengetahui tujuan iklan untuk apa? Meningkatkan kesadaran merek, traffic ke website, atau peningkatan konversi dalam tujuan bisnis kamu.

Selanjutnya, kamu akan dipilihkan jenis iklan apa yang kamu gunakan, terdapat jenis iklan uji split dan iklan pengoptimalan anggaran. Pilihlah jenis iklan sesuai kebutuhan dan keperluan bisnis kamu, ya.

Berikutnya, kamu perlu memberikan nama iklan untuk memudahkan dalam memantau dan melakukan analisis iklan. Selain itu, tampilkan promo dengan mencentang pilihan promo untuk menarik perhatian pembeli. 

Lalu, kamu dapat tentukan target pasar dalam iklan bisnis, agar dapat terarah dan mencapai target yang spesifik. Target pasar yang kamu pilih sesuaikan dengan produk bisnis kamu misalnya, kamu mengiklankan fashion remaja maka targetnya remaja hingga dewasa. 

Selain itu, target tidak hanya berdasarkan usia saja, tak lain berdasarkan segmentasi seperti lokasi, jenis kelamin, penghasilan dan lainnya.

3. Gunakan Facebook pixel 

Apa kamu sudah pernah menggunakan Facebook pixel? Jika kamu mencobanya, dapat mengoptimalkan Facebook Ads, loh! 

Dengan fitur ini, kamu dapat mengetahui orang-orang yang melihat produk dalam iklan kamu dan fokus targeted market. Kamu belum siap menentukan dan menyusun iklan promosi? Tenang! Facebook pixel dapat melakukan pelacakan data dan pemasaran ulang saat mulai mengotimalkan Facebook Ads.

Baca JugaPengertian Facebook Pixel dan Cara Kerjanya!

4. Lakukan iklan dengan uji coba dan optimalkan dengan Facebook Ads

Sebelum kamu uji coba, pastikan sudah menentukan jadwal, format, deskripsi iklan, serta dokumentasi yang mendukung. Tentunya, lakukan uji coba dalam mempromosikan iklan bisnis kamu di Facebook Ads agar mengetahui peningkatan dan kekurangan dari sebelumnya. 

Selain itu, kamu dapat optimalkan dengan Facebook Ads manager untuk memantau bagaimana iklan Facebook-mu berjalan. Dapat kamu lihat traffic jumlah pengunjung, jika traffic pengunjung kamu tidak meningkat, kamu dapat menggunakan fitur iklan berbayar, dengan itu iklan akan ter-boost memiliki banyak pengunjung.

Baca JugaApa itu Facebook Bussines Manager?

Tips Maksimalkan Facebook Ads

Ilustrasi Mengoptimalkan Facebook Ads (Sumber: Pixels)

Setelah kamu mengetahui cara menggunakan Facebook Ads bagi pemula, kamu perlu mengoptimalkannya. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.

1. Membuat konten yang relevan

Dalam memulai digital marketing, tentu menjadi konsep utama yang perlu diperhatikan, loh! Terutama target iklan kamu, karena mayoritas orang mengetahui trend atau isu terkini, pastikan buat konten yang relevan, ya! 

Selain itu, kamu dapat membuat konten yang informatif, inspiratif bersifat educational. Karena berdasarkan hasil survei, 80% orang menyukai konten dengan tema dibandingkan konten yang terkesan memaksa.

2. Tentukan target yang berkualitas

Saat kamu memiliki daftar email yang aktif, dapat dimanfaatkan target likers selanjutnya, bisa menggunakan ads sponsored search atau ads marketplaces.

3. Sematkan testimonial konsumen

Agar memaksimalkan iklan bisnis kamu di Facebook Ads, kamu dapat menggunakan testimoni pada konsumen yang sudah merasakan manfaat produk kamu. Dengan begitu, kepercayaan calon konsumen kamu akan meningkat dan berpotensi tertarik untuk membeli produk iklan bisnis kamu.

4. Perhatikan waktu

Facebook Ads merupakan alat pemasaran berupa iklan yang dijalankan sesuai dengan pilihan sendiri. Salah satunya perhatikan waktu iklan kamu sesuai sasaran target pasar, jika kamu mengatur di Facebook Ads default maka iklan akan dijalankan secara 24 jam nonstop. Namun, akan menjadi pemborosan waktu dan uang, gunakan waktu yang sesuai dengan target pasar.

5. Promosikan konten terbaik

Kamu dapat menggunakan analisis data konten untuk mengetahui konten mana yang memiliki performa terbaik secara organik. Selain itu, gunakan Facebook Ads untuk memperkuat konten tersebut.

6. Analisis hasil

Setelah kamu mengetahui cara menggunakan Facebook Ads dan kamu mengoptimalkannya. Pasti perlu analisis untuk mengetahui kinerja. Kamu dapat mengetahui reaksi dan minat serta waktu menonton pengunjung terhadap iklan.

Sekian tips menggunakan dan mengoptimalkan Facebook Ads, Kamu dapat belajar dan mendapatkan ilmu beriklan yang baik agar jagoan bisnis di facebook ads, semoga dapat membantu untuk memaksimalkan strategi pemasarannya bisnis kamu, ya! Semangat selalu.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *