Tanggal:11 May 2024

Ide Quiz Pertanyaan Di Instagram Dan Cara Membuatnya!

Media sosial Instagram menjadi salah satu media interaksi yang cukup efisien, berapa ide konten Instagram bisa digunakan untuk meningkatkan kedekatan dengan konsumen. Saat mengelola sebuah akun Instagram brand, tentunya kamu menginginkan akun yang dimiliki dikunjungi oleh banyak orang sehingga membantu untuk meningkatkan brand awareness. 

Cara apapun dilakukan untuk meningkatkan interaksi di Instagram, dengan menggugah konten edukasi sebagai pengetahuan baru bagi konsumen atau giveaway sehingga menaikkan jumlah pengikut baru. Tidak hanya itu, salah satu ide konten Instagram yang bisa kamu gunakan untuk menaikkan interaksi adalah jenis konten kuis dimana pengikut anda berlomba-lomba menjawab berbagai pertanyaan yang kamu ajukan, kamu dapat memanfaatkan filter quiz Instagram. Apa kamu sudah tau filter quiz Instagram? Simak berikut ini ya!.

Apa Itu Filter Quiz Di Instagram? 

Filter quiz Instagram adalah salah satu tools Instagram terbaik yang memungkinkan kamu memberikan quiz pertanyaan di Instagram terutama InstaStory. Quiz tersebut bisa berupa pilihan ganda, polling, atau meminta jawaban secara langsung dari followers Instagram. 

Baca JugaCara Meningkatkan Engagement Instagram

Jika quiz pilihan ganda, para followers akan memilih jawaban sesuai dengan opsi yang kamu berikan. Kemudian untuk polling, followers akan memberikan jawaban that or this sehingga kamu dapat mengetahui persentasenya. Seberapa penting menggunakan filter quiz di Instagram?.

Keuntungan Menggunakan Konten Kuis Di Instagram

ilustrasi promosi di instagra, (pixabay.com)

ilustrasi promosi di instagram (pixabay.com)

Instagram story quiz dapat tingkatkan engagement user brand dengan cepat. Tak hanya itu, perusahaan juga bisa mendapatkan aspirasi user dengan menggunakan fitur tersebut secara kreatif. Saat mengoptimalkan penggunaan Instagram dalam mengembangkan bisnis, pertimbangkan juga ukuran feed Instagram dan pembuatan konten yang menarik termasuk konten kuis. Terdapat beberapa alasan mengapa kamu perlu menggunakan fitur quiz di Instagram terutama dalam hal bisnis, diantaranya:

1. Menyaring Business Insight

Dengan fitur quiz pertanyaan di Instagram ini, bisa memungkinkan kamu untuk menyaring business insight. Apa itu business insight? Business insight merupakan wawasan bisnis, yang artinya kamu akan mendapatkan ide baru terkait bisnis melalui jawaban dari pertanyaan tersebut. 

Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya riset. Apalagi, biaya riset kadang terlampau tinggi sehingga sering memberatkan. Kamu bisa mulai dengan memberikan pertanyaan terkait bisnis, mulai dari apa yang mereka suka dan tidak suka. Kamu bisa mendapatkan ide baru untuk mengembangkan bisnis tersebut.

2. Edukasi Seputar Produk Brand

Selain itu, manfaatkan dengan quiz pertanyaan di Instagram yaitu edukasi seputar produk kepada followers. Dalam hal ini, kamu bisa mengajukan pertanyaan seputar produk secara khusus kepada followers kamu loh! Misalnya, ingin mengedukasi mengenai minuman terlaris pada pelanggan. 

Kamu bisa mulai dengan memberikan pertanyaan sejenis “Apa minuman favorit pelanggan dari gerai A?”. Kemudian, buat list beberapa minuman di sana. Jika mereka klik salah satu dari minuman tersebut, maka mereka bisa melihat mana yang merupakan minuman favorit di tempat jualan.

3. Media Penyebaran Promosi

Kamu bingung bagaimana cara promosi tanpa mengeluarkan banyak biaya? bisa coba memberikan pertanyaan quiz story di Instagram loh! Bagaimana caranya? Misalnya, kamu ingin mempromosikan bisnis baru. Nah, bisa menggunakan fitur kuis dengan memberikan pertanyaan seputar bisnis tersebut. 

Selain itu, kamu bisa memberikan reward bagi yang berhasil menjawab untuk meningkatkan minat mereka mengikuti kuis. Seperti jika ada yang berhasil menjawab benar, maka mereka akan mendapatkan voucher diskon saat berbelanja di tempat kamu. Mungkin ini terlihat sederhana, tapi cara ini cukup ampuh untuk melakukan promosi. Cara ini jauh lebih baik dan menyenangkan daripada kamu hanya memposting kode diskon di feed Instagram.

4. Meningkatkan Penjualan Produk Melalui UGC

Dengan membuat quiz pertanyaan di Instagram tentang produk, kamu bisa tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan. Selain itu, bisa meningkatkan kualitas produk dari jawaban pertanyaan tersebut, lebih tepatnya meningkatkan UGC (user generated content). Jika berhasil membuat produk sesuai keinginan pelanggan. Secara tidak langsung, ini akan meningkatkan penjualan produk kamu nantinya.

Ide Konten Kuis Di Instagram

1. Konten Ask Me Anything

Kuis Ask Me Anything Bisnis Kopi Janji Jiwa (@janjijiwa)

Kamu sebagai pengguna Instagram tentunya sudah familiar dengan fitur story di Instagram satu ini bukan? dimana kamu bisa mengunggah konten foto dan video yang hanya bisa dilihat dalam jangka waktu 24 Jam. Meskipun durasi konten terasa singkat, namun konten Instagram story menawarkan berbagai fitur keren yang efektif untuk membangun kedekatan dengan konsumen sehingga meningkatkan jumlah engagement pastinya!.

Salah satunya fitur Instagram QnA, dimana kreator bisa memberikan pertanyaan pada konsumen yang kemudian akan dijawab oleh konsumen secara langsung melalui direct message, kamu bisa mengunggah kembali jawaban lucu untuk meningkatkan jumlah interaksi. Adapun contoh ide pertanyaan untuk story quiz yaitu “Ask me anything about this brand“. Nah, dari pertanyaan itulah kamu bisa mengetahui apa yang diharapkan oleh para followers. 

Baca JugaIni Dia, Instagram Tools!

Pada bagian ini, kamu dapat memberi pertanyaan tebakan kepada followers, contoh pertanyaannya “Kapan perusahaan ini dibangun?”, “Siapa saja yang bekerja di perusahaan ini?”, “Apa saja produk terlaris perusahaan X?”, “Tebak! produk apa ini?”, dan banyak lagi.

Berikut langkah-langkah membuat konten kuis Instagram menggunakan fitur QnA, di antaranya:

  • Pertama, masuk ke aplikasi Instagram kemudian gulirkan layar ke kiri untuk mengakses fitur Instagram story.
  • Kedua, kamu bisa memotret pada latar belakang kosong atau mengunggah foto dengan gambar tertentu sebagai background dari konten kuis nantinya.
  • Ketiga, pilihlah ikon kotak yang berada di bagian kanan atas Instagram story dimana anda akan menemukan berbagai fitur Instagram story, kemudian pilih fitur pertanyaan.
  • Keempat, setelah melakukan klik pada ikon tersebut, maka kamu bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan lucu untuk mendapatkan reaksi dari konsumen.
  • Kelima, unggah kembali jawaban dari konsumen dengan melakukan tangkapan layar pada reaksi di kolom direct message, semakin banyak reaksi yang kamu unggah kembali maka akan meningkatkan minat konsumen untuk menjawab pertanyaan kamu.Konten Kuis Pilihan

2. Konten Kuis Pilihan

Kuis Pilihan Binis Kopi Janji Jiwa (@janjijiwa)

Pada quiz Instagram, kamu juga bisa membuat konten pilihan dan ini merupakan kuis Instagram story terbaru yang cukup bagus digunakan untuk berbisnis. Kamu bisa meminta pengikut untuk memilih jawaban yang tepat terkait produk.

Hal ini sangat berguna saat kamu hendak meluncurkan produk baru. Misalnya, kamu bingung untuk menentukan warna dari produk tersebut. Kamu bisa memberi pertanyaan pilihan warna apa yang cocok untuk produk tersebut. Semakin banyak jawaban, maka semakin banyak kemungkinan untuk tahu kesukaan dari pengikut kamu. 

Contoh kontennya yaitu “kamu lebih suka yang mana?”, kemudian bisa meletakkan gambar atau ilustrasi lainnya yang menarik di bagian bawah produk. Nah, kemudian dari pilihan tersebutlah, pengikut bisa menentukan pilihannya.

3. Konten Tebak Gambar

Kuis Tebak Gambar Nyusun Puzzle Gambar Produk Scarleet (@Scarleetwhitening)

Kamu pastinya pernah bermain tebak gambar bukan? dimana kamu diminta mencocokan potongan gambar untuk menjadi gambar yang utuh. Permainan tersebut terasa menyenangkan dan tanpa sadar dapat membantu mengasah otak kita untuk mempelajari perpaduan bentuk dan warna. 

Meskipun tebak gambar biasanya memiliki kaitan dengan permainan anak kecil, namun konten satu ini juga bisa digunakan sebagai konten kuis di Instagram, kamu bisa meminta pengikut Instagram memilih potongan gambar yang sesuai. Dalam memilih gambar untuk konten ini, maka kamu bisa memilih foto produk yang sedang naik daun atau brand yang dimiliki, guna memudahkan pengikut kamu membayangkan foto yang tepat.

4. Konten Kuis di Instagram Carousel

Kuis di instagram carrousel (@scarleetwhitening)

Instagram feed tidak hanya mengizinkan penggunanya untuk mengunggah konten Instagram dalam sebuah foto atau video. Namun, pengguna juga bisa mengunggah beberapa foto dan video sekaligus dalam jumlah banyak menggunakan fitur Instagram carousel.

Keberadaan fitur satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai media konten kuis, dapat mengajukan beberapa pertanyaan sekaligus yang akan dijawab oleh pengikut anda di kolom komentar. Banyaknya pertanyaan yang menarik dan mengasah otak, akan membuat pengguna Instagram penasaran dan akhirnya berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Pastikan untuk memberikan caption yang menarik untuk mengajak lebih banyak orang berpartisipasi pada konten kuis yang diunggah sambil menambahkan beberapa hashtag Instagram yang berkaitan. Setelah mengunggah konten pertanyaan tersebut, jangan lupa untuk memberikan jawaban di konten Instagram selanjutnya. Dengan cara ini ampuh untuk membuat pengguna Instagram berkunjung kembali ke akun Instagram kamu untuk menemukan jawaban yang relevan.

Cara Membuat Konten Kuis Instagram 

Kamu sudah tahu apa saja pertanyaan yang diperlukan dalam fitur quiz Instagram ini bukan? Tapi masih bingung bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan, diantaranya: 

  1. Buka dan login aplikasi Instagram di HP atau device sejenisnya terlebih dahulu.
  2. Geser layar ke kanan untuk mulai membuat story Instagram.
  3. Klik “Buat” atau simbol “Aa” pada bagian kiri tengah, kemudian nanti akan muncul beberapa pilihan tema untuk story yang akan kamu buat.
  4. Kamu bisa pilih beberapa bentuk tema sesuai keinginan, Nah setelah menentukan pilihan, bisa klik di bagian tengah untuk memulai.
  5. Selain itu, kamu juga bisa klik ikon yang ada di bagian tengah atas (fitur sticker), nanti akan muncul beberapa stiker dan icon untuk membuat pertanyaan, polling, pilihan ganda, dan banyak lagi.
  6. Selanjutnya, langsung menulis pertanyaan atau polling sesuai keinginan. Kamu juga bisa menambahkan multiple choice pada beberapa kolom jawaban di bawah pertanyaannya
  7. Setelah itu, klik “Bagikan” untuk mulai membagikan story Instagram tersebut.
  8. Nah hasil jawaban dari semua followers bisa kamu lihat melalui icon notifikasi atau daftar viewer story.

Nah, setelah mengetahui pengertian hingga cara membuat quiz pertanyaan di instagram tersebut, kamu bisa langsung mempraktekkannya sendiri, ya. Kamu inginr mneningkatkan minuman untuk sang nenek, dengan mengikut kursus online “Tips and Trik Mengoptimalkan Instagram Bisnis” Kamu tidak akan pernah bisa jika tidak mencoba, jadi jangan lupa dicoba. Semoga bermanfaat!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *