Tanggal:05 May 2024

10+ Ide Ice Breaking Online Ampuh Hilangkan Garing, Mudah Dan Seru!

Dalam sebuah tim, ice breaking memegang peran penting untuk mencairkan suasana. Hal ini dilakukan demi membangun kekompakan agar semakin nyaman dalam melakukan teamwork. Ice breaking sendiri merupakan permainan atau aktivitas untuk memecah rasa bosan dan kebekuan yang kerap terjadi selama meeting.

Aktifitas ini sangatlah bagus untuk membuat meeting menjadi lebih menyenangkan. Meski sedang pandemi dan kegiatan perkantoran dilakukan secara work from home, aktivitas ice breaking ini tetap dapat dilakukan secara virtual, lho.

Nah, berikut ini kami telah merangkum ide ice breaking online yang bisa kamu lakukan saat work from home bersama tim.

Baca juga: 11 Games Online Populer untuk Zoom

11 Ide Ice Breaking Online yang Mudah dan Seru

11 Ide Ice Breaking Online yang Mudah dan Seru. Sumber: pexels.com

1. Tebak Gambar

Ide yang pertama adalah permainan tebak gambar yang tergolong mudah dilakukan. Permainan ini menuntut para peserta untuk menebak sebuah gambar dari clue yang diberikan. Dalam rapat atau pertemuan online, kamu bisa memanfaatkan fitur whiteboard digital di aplikasi meeting online.

Fitur whiteboard berfungsi sama seperti papan tulis pada umumnya. Orang lain dapat melihat apa yang kamu gambar atau tulis pada papan tersebut. Permainan tebak gambar ini diawali dengan menampilkan beberapa gambar sebagai clue untuk membantu orang lain dalam menjawab. Misalnya, jawabannya adalah “buku cerita”, maka gambar yang ditampilkan berupa “buku” “buah ceri” dan “huruf TA”.

2. Tebak Tokoh

Jika acaramu adalah suatu acara formal, seperti workshop yang menghadirkan para profesional sebagai pembicara, maka ide ice breaking online ini cocok untuk dilaksanakan. Cara memainkannya sama dengan permainan tebakan lain, tetapi dengan menunjukkan foto tokoh yang sesuai dengan tema acara yang sedang berlangsung.

Agar suasana lebih meriah, para fasilitator dapat memotong beberapa bagian foto sehingga para peserta akan lebih merasa tertantang untuk menebak tokoh tersebut. Misalnya, tokoh yang dipilih adalah Ridwan Kamil sebagai seorang politisi sekaligus tokoh arsitektur terkenal di Indonesia. Para fasilitator dapat menunjukkan bagian mata saja dan mempersilahkan para peserta untuk menebak nama dari tokoh tersebut.

3. Sambung Cerita

Selanjutnya, jenis ice breaker yang mudah dilakukan secara virtual adalah sambung cerita. Selain menciptakan suasana yang lebih semarak, kegiatan sambung cerita dapat melatih kreatifitas untuk membuat rangkaian cerita yang saling menyambung. Cara memainkan sambung cerita pun sangatlah mudah.

Pertama, tunjuklah satu orang untuk memulai sebuah cerita. Tema cerita boleh ditentukan agar prosesnya lebih cepat, misal tema pengalaman liburan. Orang yang pertama ditunjuk, harus membuka cerita sampai dihentikan oleh moderator pada kata tertentu.

Kemudian, orang berikutnya yang ditunjuk untuk melanjutkan cerita dari kata terakhir yang diucapkan oleh orang sebelumnya. Lakukan terus hal yang sama demi merampungkan cerita sehingga semua peserta yang hadir mendapatkan giliran.

4. Tebak Kalimat

Permainan tebak-tebakan memang paling mudah dan bisa menarik perhatian banyak orang. Apalagi kalau tebakannya merupakan kata yang out of the box, maka banyak peserta yang bisa ikut merasakan keseruannya.

Permainan ini pun cukup simpel dimainkan, para fasilitator atau panitia harus mengumpulkan beberapa kalimat atau kata yang biasa dipakai masyarakat sekarang ini. Kata-kata tersebut bisa didapatkan dari melihat trending di media sosial. Peserta pun bisa langsung menjawab lewat kolom chat atau menyalakan microphone saat permainan dilaksanakan.

5. Tebak Lagu

Permainan ini membutuhkan ketangkasan dalam berpikir serta kecepatan dalam menjawab. Cara mainnya cukup mudah. Kamu dapat membagi tim kerja ke dalam beberapa kelompok, misalnya satu kelompok dua orang. Lalu, salah satu orang dari tiap kelompok harus menjadi penebak dan satunya lagi menjadi pemberi petunjuk.

Sebagai contoh, ada soal dengan judul lagu Manusia Kuat dari Tulus. Dari situ, satu orang yang menjadi pemberi petunjuk harus pandai dalam mendeskripsikan judul lagu tersebut. Agar lebih seru dan menarik, kamu bisa tambahkan beberapa peraturan, seperti tidak boleh mendeskripsikan dengan kata sinonim, antonim, ataupun kata yang berada dalam judul lagu tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Lagu-Lagu Untuk Menemani Kerja!

6. One Word

Pada permainan ini peserta diminta untuk memperkenalkan dirinya hanya dengan satu kata saja. Permainan ini dapat dilakukan secara lisan maupun pada kolom chat. Mengingat jumlah peserta yang banyak pada suatu acara online, permainan ini dapat mempersingkat sesi perkenalan. Permainan ini juga dapat memberikan kesempatan bagi peserta untuk bebas mengungkapkan idenya.

Jadi, para peserta diminta untuk mengetik satu kata saja di kolom chat yang dapat mendeskripsikan dirinya. Para peserta maupun fasilitator dapat melihat kreativitas peserta lain untuk mendeskripsikan dirinya. Umumnya, permainan ini akan berisi komentar lucu dari para peserta yang dapat membangun semangat acara.

7. Fun Fact

Ide ice breaking online ini juga memfasilitasi para peserta untuk saling berkenalan tetapi dengan cara yang seru. Cara bermainnya yaitu para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok oleh fasilitator dan dimasukkan dalam beberapa breakout room. Setelah berkumpul, para peserta dipersilahkan untuk menyebutkan 3 hal unik tentang dirinya.  Hal unik dapat berupa makanan yang tidak disukai, lagu kesukaan, hobi bahkan kebiasaan unik.

Ketika semua peserta telah menyampaikan fun fact-nya, para fasilitator akan menunjuk peserta untuk menyebutkan hal unik yang dimiliki peserta tertentu. Pada permainan ini peserta diharuskan untuk memperhatikan peserta lain ketika mengutarakan 3 hal uniknya. Dengan menyelipkan sesi fun fact, para peserta tidak merasa canggung dan dapat bekerja sama untuk sesi acara selanjutnya.

8. Truth or Dare

Truth or Dare merupakan ide ice breaking online yang efektif mencairkan suasana. Selain itu, orang akan lebih nyaman karena dapat memilih sendiri antara truth atau dare. Sistem permainannya yakni memilih salah satu peserta secara random sebagai sasaran pertama. Kamu boleh langsung menunjuk, memilih peserta yang berinisial huruf tertentu, memilih peserta yang tanggal lahirnya 10 atau menggunakan aplikasi pengundi nama online.

Setelah terpilih, lalu tawarkan apakah mau truth atau dare. Jika memilih truth, maka berikan pertanyaan yang ringan saja namun seru. Contohnya “apakah film favorit saat masih kecil?”. Jika memilih dare, maka berikan tantangan yang mudah dilakukan, contohnya “katakan dengan lantang impian terbesar yang dimiliki”.

9. Background Challenge

Fitur ganti background pada aplikasi meeting online seperti Zoom, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media ice breaking online, lho. Permainannya disebut dengan background challenge. Cara mainnya pun sangat simple dan dapat diikuti oleh semua orang.

Pertama, peserta diminta untuk memasang background yang menarik dan unik. Hal tersebut pasti akan merangsang kreativitas mereka untuk memilih latar yang tidak biasa. Nantinya, peserta yang memiliki background paling menarik dan unik akan memperoleh hadiah. Jenis hadiahnya bisa berupa voucher belanja online, e-book atau pulsa internet.

10. Where In The World Game

Permainan ini sangat cocok dimainkan pada acara workshop maupun webinar karena memberikan informasi yang luas terkait ciri khas suatu tempat. Cara bermainnya sangat mudah yaitu para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok di breakout room. Setelah itu para peserta dipersilakan untuk memilih 1 tempat yang berkaitan dengan konteks acara.

Lalu, peserta akan diminta untuk memberikan 3 petunjuk tentang tempat itu dan peserta yang lain harus menebak di mana tempat itu berada. Misalnya, topik workshop yang digelar tentang perusahaan start up dan salah satu peserta memilih kota San Fransisco.

Peserta tersebut akan memberikan petunjuk seperti salah satu kota di Amerika, asal Google dan kota tersebut terdiri dari 2 suku kata. Setelah memberikan petunjuk maka peserta lain dapat mencoba untuk menebak tempat tersebut. Permainan ini akan dilakukan secara bergantian sesuai urutan yang ditentukan oleh fasilitator. Durasi permainan ini maksimal 10 menit agar tidak mengulur waktu acara.

11. Simon Says

Permainan simon says ini sangat mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan alat apa pun. Untuk memainkan simon says, para fasilitator hanya membutuhkan daftar kegiatan yang akan dibacakan secara lisan dan tentu saja koneksi internet yang baik. Untuk memainkannya, para fasilitator akan meminta seluruh peserta untuk on camera lalu fasilitator akan memberikan perintah yang sederhana yang harus diikuti oleh para peserta.

Jika fasilitator menyebutkan kata simon says di awal perintahnya maka para peserta harus mengikuti perintah tersebut. Tetapi, jika fasilitator tidak menyebutkan kata simon says maka peserta tidak boleh mengikuti perintah tersebut. Permainan ini murni bertujuan untuk memecah kejenuhan peserta saat mengikuti acara daring karena para peserta diajak untuk bergerak dengan mengikuti perintah serta menguji tingkat fokus peserta.

Sebagai contoh, ketika fasilitator menyebutkan “simon says pegang kepala” maka seluruh peserta wajib untuk memegang kepala mereka. Sedangkan, ketika fasilitator hanya menyebutkan “angkat buku ke arah kamera” maka para peserta yang mengangkat buku dan menunjukkannya ke kamera dianggap gagal.

Baca juga: Bosan WFH? Rekomendasi Coworking Space untuk Kerja di Jakarta Selatan

Demikian ide ice breaking online yang bisa kamu gunakan dan variasikan sesuai dengan acara atau meeting yang akan kamu selenggarakan. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai sesi ice breaking berlangsung lebih lama dari acara inti. Bagilah waktu yang sesuai dengan durasi dan susunan acara yang kamu buat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *