Tanggal:15 May 2024

Apa yang Membedakan Antara On Page dan Off Page SEO?

Perbedaan antara on page dan off page SEO (Sumber: rawpixel.com)

Strategi optimasi mesin pencari dapat dibagi menjadi dua kategori berbeda: SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya sangat penting untuk keberhasilan kampanye SEO, tetapi mereka berada di sisi pagar yang sama sekali berbeda.

Baca Juga | Berikut Tugas-Tugas SEO Specialist!

SEO On-page berfokus pada pengoptimalan bagian situs web Anda yang berada dalam kendali Anda, sementara SEO off-page berfokus pada peningkatan otoritas domain Anda melalui pembuatan konten dan mendapatkan backlink dari situs web lain. Untuk lebih memahami perbedaan antara keduanya, Anda harus memahami, pada tingkat dasar, bagaimana algoritma mesin pencari bekerja. Mari kita cermati.

Apa Itu On-Page SEO?

SEO On-page mengacu pada semua berbagai elemen yang dapat ditemukan di halaman aktual situs web Anda. Ini mencakup elemen seperti judul halaman, deskripsi meta, judul, gambar yang dioptimalkan, teks alternatif, dan banyak lagi. SEO On-page melibatkan berbagai teknik yang membantu meningkatkan pengalaman pengguna situs web Anda, memudahkan bot mesin pencari menemukan konten Anda, dan pada akhirnya meningkatkan peluang Anda untuk peringkat lebih tinggi di SERPs.Jika Anda ingin mempertahankan atau meningkatkan peringkat Anda perlu terus meninjau dan merevisi halaman Anda dan mengoptimalkannya berdasarkan data yang ditemukan di Analytics.

Kenapa on-page SEO itu penting?

SEO pada halaman penting karena memberi tahu Google semua tentang situs web Anda dan bagaimana Anda memberikan nilai kepada pengunjung dan pelanggan. Ini membantu situs Anda dioptimalkan untuk mesin pencari.

Baca Juga | Ingin Diterima Magang? Ikuti Tips-Tips Berikut!

Membuat dan mempublikasikan situs web Anda saja tidak cukup Anda harus mengoptimalkannya untuk Google dan mesin telusur lainnya untuk menentukan peringkat dan menarik lalu lintas baru. SEO On-page disebut “on-page” karena tweak dan perubahan yang Anda lakukan untuk mengoptimalkan situs web Anda dapat dilihat oleh pengunjung di halaman Anda (sedangkan elemen SEO off-page dan teknis tidak selalu terlihat). Setiap bagian dari SEO on-page sepenuhnya terserah Anda; itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk melakukannya dengan benar. Sekarang, mari kita bahas elemen SEO on-page.

Apa Itu Off-Page SEO?

SEO Off-page berfokus pada peningkatan otoritas domain Anda melalui tindakan mendapatkan tautan dari situs web lain. SEO di luar halaman sangat penting untuk meningkatkan relevansi, kepercayaan, dan otoritas situs web Anda. Tujuan dari SEO off-page yang baik adalah untuk mendapatkan dukungan sebanyak mungkin dari situs lain yang terkait dengan bisnis Anda. Karena jumlah penyebutan merek dan tautan berkualitas yang mengarah ke situs web Anda meningkat, konten Anda akan terlihat lebih berharga bagi algoritma mesin telusur.

Baca Juga | 8 Rekomendasi SEO Tools YouTube Terbaik 2021

Ada skor yang disebut “Otoritas Domain” yang menghitung seberapa otoritatif situs web Anda dibandingkan dengan situs lain. Anda dapat mengetikkan nama domain Anda di sini untuk melihat skor Anda.

Panduan Optimasi untuk Off-page SEO

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peringkat SEO off-page Anda. Sementara masing-masing ditangani dengan strategi yang berbeda, untuk membangun kepercayaan dan reputasi situs web Anda dari luar.

Faktor SEO off-page terbesar adalah jumlah dan kualitas backlink ke situs web Anda. Beberapa contoh cara Anda dapat membangun tautan ke situs web Anda adalah:

  • Membuat konten luar biasa yang ingin ditautkan orang karena itu penting.
  • Media sosial membagikan konten Anda yang pada akhirnya menghasilkan tautan.
  • Menjangkau email ke influencer di industri Anda yang pada akhirnya menautkan ke Anda.
  • Blogging tamu di situs yang terkait dengan Anda. Posting tamu ini akan memiliki tautan kembali ke situs Anda.

Apa yang Membedakan On – Page dan Off – Page

Perbedaan antara SEO on-page dan SEO off-page adalah masing-masing berfokus pada berbagai jenis pengoptimalan situs web. SEO On-page mengacu pada pengoptimalan bagian-bagian situs web Anda yang Anda kendalikan sementara SEO off-page berfokus pada faktor peringkat yang terjadi di luar situs web Anda seperti penyebutan merek dan tautan balik.

Baca Juga | Peluang Kerja Digital Marketing, Ada Apa Aja Ya?

Semoga artikel ini dapat membantu Anda lebih mudah memahami antara SEO on-page dan off-page. Bisa disimpulkan perbedaan antara SEO on-page dan off-page adalah Anda dapat mengontrol faktor pengoptimalan on-page dalam situs web Anda sendiri. Tetapi untuk mendapatkan peringkat terbaik di Google, Yahoo, dan Bing, strategi optimisasi mesin pencari yang baik perlu fokus pada kedua strategi tersebut. Dalam hal SEO on-page vs SEO off-page, tidak ada pemenang tunggal karena mereka harus bekerja sama untuk mencapai hasil terbaik untuk situs web Anda.

Baca Juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *