Tanggal:26 February 2024

Begini 5 Tips Jitu Bagi Pemula Memulai Bisnis Online

Bagi kamu yang pemula dalam dunia bisnis tentu merasa kesulitan dan takut apabila ada hal yang berlum kamu persiapkan, bukan? Mau memulai bisnis online juga perlu banyak persiapan, lho! Ada banyak kiat-kiat yang bisnis online yang bisa kamu pelajari dan di artikel ini kamu akan mengetahui lebih banyak mengenai bisnis online yang kamu kelola dengan perencanaan yang matang.

Tips bisnis online

Sebelum memulai bisnis online yang saat ini sedang banyak dinikmati para calon pebisnis, alangkah baiknya bila kamu menerapkan 5 tips jitu bagi pemula untuk memulai bisnis online di bawah ini, yuk!

1.      Tanamkan mindset bisnis

Mindset pebisnis yang tepat. Sumber: pexels.com

Pola pikir sebagai pebisnis perlu kamu tanamkan saat memulai bisnis. Mindset ini akan menjadi keyakinan kamu yang paling kuat saat jalankan bisnis. Bukan hanya itu, mindset pebisnis yang tepat akan membuat kamu pantang menyerah dalam menghadapi segala sesuatu. Misalnya kamu dihadapkan dengan kegagalan, mindset pebisnis yang tepat akan membawa kamu untuk dapat mencoba bisnis tersebut sampai berhasil. Berbeda jika kamu tidak memiliki mindset bisnis yang tepat, kegagalan kamu akan dirasakan dengan terpuruk bahkan kamu enggan untuk mencoba kembali.

Mindset yang perlu kamu tanamkan adalah dengan memulai bisnis, kamu tidak perlu berharap untuk cepat kaya ataupun mendapatkan profit dengan waktu yang singkat. Proses dan rintangan yang kamu jalani akan menjawab segalanya. Sama halnya ketika kamu dihadapkan dengan kegagalan, jangan terus berlarut sedih. Ketika gagal artinya kamu perlu mencoba berusaha dan bangkit kembali.

2.      Ketahui produk yang dijual

Ketahui dan pahami produk yang anda tawarkan. Sumber: pexels.com

Memulai bisnis artinya kamu memiliki produk yang ditawarkan kepada calon customer nantinya. Ketika kamu memulai bisnis, pahami lebih dahulu produk yang akan kamu tawarkan. Pemahaman tersebut bisa kamu dapatkan dari berbagai aspek, misalnya kegunaan, manfaat, dan kebutuhan masyarakat.

Produk yang diperjualbelikan secara online dapat beragam. Kamu bisa menawarkan produk fisik, digital, maupun jasa. Hal tersebut dapat kamu sesuaikan dengan selera pasar yang kamu tuju. Selera pasar ini bisa kamu tujukan sesuai dengan target pasar yang berada di lingkungan sekitar atau kalangan tertentu. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan produk yang kamu jual memiliki pencarian terbanyak dalam online. Hal ini akan lebih membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan.

3.      Persiapkan website atau sosial media

Buat website atau toko online di media sosial. Sumber: pexels.com

Tips ketiga adalah ketika kamu memulai bisnis online tentunya kamu memerlukan website dan sosial media khusus bisnis yang kamu jalani. Bisnis online banyak memanfaatkan platform penjualan bisnis, untuk itu kamu perlu mahir menggunakannya. Hal ini sebagai aspek terpenting dalam memulai bisnis online. Raihlah pengikut dengan konten dan dasar-dasar copywriting yang kamu kuasai.

Banyaknya marketplace yang tersedia saat ini akan memudahkan kamu untuk melakukan penjualan dan promosi. Pelajari segala macam pasar online yang kamu ketahui, agar bisnismu bisa mengalami peningkatan. Selain itu, sosial media dan aplikasi chat bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis. Adapun sponsor dan iklan yang bisa dipasang dalam website dan sosial media secara gratis maupun berbayar yang dapat kamu pelajari lebih lanjut.

4.      Lakukan strategi pemasaran secara online

Gunakan strategi pemasaran yang tepat. Sumber: pexels.com

Untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan produk yang kamu tawarkan kepada customer, kamu perlu melakukan promosi. Promosi akan dapat meningkatkan volume penjualan dan kemampuan kamu dalam memasarkan produk. Selain itu, kamu juga perlu pertimbangkan waktu-waktu yang tepat saat menawarkan promosi misalnya pada tanggal, perayaan, dan event tertentu. Hal tersebut bisa memberi anggapan kepada pembeli maupun pelanggan setia bahwa produk yang kamu tawarkan turut terlibat dalam perayaan tertentu.    

Kamu juga dapat mengoptimasi pencarian produk melalui SEO competitor untuk melakukan promosi. Kamu yang telah mengusai ini akan lebih mudah melakukan analisis pada kenaikan traffic yang berhasil dicapai. Pelajari tools yang digunakan dan berguna untuk perkembangan bisnismu kedepan!

5.      Pertahankan pelanggan setia

Pertahankan pelanggan yang telah setia membeli produk. Sumber: pexels.com

Mempertahankan pelanggan setia sama dengan usahanya saat kamu mempertahankan konsistensi dalam bisnis. Banyak pembeli baru juga dalah hal yang bagus, namun untuk mempertahankan pelanggan setia itu jadi tugas kamu.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh pelanggan setia misalnya saat customer sedang mengalami keluhan atau kendala kamu berusaha untuk mendengarkannya terlebih dahulu dan berikan respon yang ramah. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mengetahui solusi yang tepat dan pelanggan merasa diapresiasi.  Selain itu, libatkan pelanggan dengan penawaran-penawaran khusus yang sedang bisnis kamu laksanakan. Pastikan kamu menyimpan kontak dan segera menghubunginya ya!

Nah, itu dia 5 tips jitu untuk pemula yang sedang memulai bisnis online! Bagi kamu yang memiliki kesulitan untuk memulai bisnis online, tips jitu ini bisa kamu coba, ya. Butuh pelatihan lainnya seputar bisnis dan pemasarannya? Ikut kursus di Vocasia aja. Yuk, daftar pada tautan berikut sekarang juga!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *