Tanggal:30 April 2024

Jurusan Kuliah Yang Memiliki Peluang Menjadi PNS

Tidak sedikit dari remaja di Indonesia yang ingin menjadi PNS. Mereka tiap tahunnya berbondong-bondong mendaftar untuk menjadi CPNS dengan tujuan agar mereka bisa diterima pemerintah dan nantinya akan bekerja di institut pemerintahan. Remaja-remaja ini tentunya memiliki motif dan tujuan tertentu, namun rata-rata dari tujuan mereka ini hampir mirip.

Kursus online belajar grammar vocasia

Baca Juga : Rangkaian Seleksi CPNS

Tujuan para remaja yang sedang berkuliah ataupun sedang duduk di bangku SMA yang mempunyai mimpi untuk menjadi PNS ialah agar “masa depannya terjamin”. Kalimat tersebut memang sangat terkenal dan mempunyai banyak makna. Biasanya, PNS memiliki tunjangan yang bermacam-macam untuk mempermudah kehidupannya.

Baca Juga : Perbedaan CPNS dan PPPK

Nah, dengan mempunyai niat besar seperti itu, pasti harus ada usaha dan faktor yang mendukung untuk bisa meraih cita-cita menjadi PNS. Salah satu faktor besar yang mempengaruhi hal tersebut ialah jurusan kuliah yang dipilih, nih, teman-teman. Tapi jangan khawatir, untuk kamu yang kebingungan dengan jurusan kuliah apa saja yang dicari oleh pemerintah untuk seleksi PNS, Vocasia telah merangkum jurusan-jurusan kuliah yang mendukung untuk daftar PNS. Yuk, simak!

Baca Juga : Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS

1. Jurusan Pendidikan

Dikutip dari laman BAN-PT, jurusan yang pertama adalah jurusan pendidikan, ini dikarenakan jurusan ini mempunyai peminat terbanyak dan hampir semua memiliki jurusan pendidikan dalam seleksi CPNS.

Baca Juga : Terapkan Trik ini Agar Lulus Ujian CPNS

2. Jurusan Kesehatan

Kedua adalah jurusan kesehatan, jika Sobat Medcom memiliki keinginan menjadi seorang PNS atau ASN, maka bisa memilih jurusan kesehatan. Ini karena dalam bidang kesehatan terus membuka penerimaan CPNS melalui jurusan kesehatan ini. Selain karena banyak dicari, dengan memilih jurusan ini maka akan langsung berhubungan dengan pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca Juga : Alasan 6 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

3. Jurusan Teknologi Informasi

Ketiga adalah jurusan teknologi informasi. Ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat administrasi pemerintahan juga membutuhkan tenaga IT.

Jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan dengan banyak peminat oleh kaum muda karena dinilai keren dan saat seleksi CPNS jurusan ini memiliki ruang kosong yang siapp untuk diisi.

Baca Juga : Jurusan Dengan Gaji Tertinggi

4. Jurusan Teknik

Jurusan keempat merupakan jurusan teknik, ini dikarenakan jurusan ini memiliki berbagai kualifikasi. Meskipun jurusan ini mempunyai peluang yang sama dari teknik fisika, kimia, lingkungan hingga teknik pertambangan. Tetapi dalam CPNS, SDM dalam jurusan ini juga selalu dicari supaya dapat menduduki perusahaan-perusahaan besar di dalam negeri maupun luar negeri. Juga kondisi pemerintah saat ini sedang dalam tahap pembangunan sehingga jurusan ini sangat dibutuhkan.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Mudah Mendapatkan Kerja

5. Jurusan Hukum

Berikutnya adalah jurusan hukum. Mahasiswa jurusan ini dinilai sangat beruntung, karena jurusan ini mempunyai banyak peluang pada program seleksi CPNS dalam setiap waktu. Pemerintah akan sangat membutuhkan lulusan dari jurusan hukum, karena Indonesia negara yang berdiri dengan dasar hukum.

Baca Juga : Jurusan Yang Cocok Menjadi CEO

6. Jurusan Politik dan Pemerintahan

Kemudian jurusan politik dan pemerintahan juga dapat mengantar kamu menjadi seorang PNS atau ASN. Ini karena dibutuhkan banyak tenaga ahli supaya bisa mengerti kondisi politik dan pemerintah di masa yang akan datang.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu Yang Introvert

7. Jurusan Manajemen

Selanjutnya adalah jurusan manajemen, karena jurusan ini memiliki beberapa birokrasi penting dalam pemerintah. Oleh karena itu pemerintah sangat membutuhkan tenaga ahli dalam bidang manajemen, sebab manajemen adalah induk ilmu yang dapat mengatur hingga membuat ilmu lain menjadi terlaksana dengan baik.

Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan Manajemen

8. Jurusan Bahasa Inggris

Jurusan berikutnya adalah jurusan bahasa inggris. Saat ini standar keprofesionalan adalah dapat berbahasa inggris dan mempunyai TOEFL di atas rata-rata. Meskipun tidak banyak diminati, jurusan ini adalah jurusan yang paling potensial dalam pemerintahan. Misalnya sebagai staf ahli kepresidenan, menteri luar negeri, konsultan, dan menjadi staf kedubes negara. Oleh karena itu kemampuan berbahasa serta menulis dalam bahasa Inggris, menjadi salah satu bidang yang wajib direkomendasikan untuk dipilih dan ditekuni agar bisa lolos menjadi abdi negara atau ASN pada seleksi CPNS.

Baca Juga : Prospek Kerja Informatika

9. Jurusan Ekonomi Pembangunan

Jurusan kesembilan adalah jurusan ekonomi pembangunan. Jurusan ekonomi banyak dibutuhkan di perusahaan pemerintahan ataupun di swasta, oleh karena itu jurusan ini sangat dibutuhkan di pemerintahan karena diharapkan mampu mengelola perekonomian di Indonesia.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Berbisnis

10. Jurusan Psikologi

Terakhir adalah jurusan psikologi. Jurusan ini sangat penting dalam tenaga pelayanan masyarakat misalnya, untuk tenaga di rumah sakit jiwa, sebagai pekerja sosial juga tenaga psikiatri, maupun tenaga penelitian. Meskipun bergerak pada bidang kejiwaan dan psikologi, profesi ini mempunyai peluang untuk menjadi abdi negara atau PNS.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Untuk Jurusan Biologi, Mahasiswa Baru Harus Tahu!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *