Tanggal:25 April 2024

6 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu Si Introvert

Setiap insan manusia diciptakan dengan kepribadian dan karakteristik yang beragam. Termasuk halnya bagi sebagian orang yang lebih nyaman untuk berdiam dan menyendiri saat mengerjakan sesuatu. 

Kursus online IELTS Vocasia

Penggambaran seorang introvert umumnya adalah orang yang dalam setiap pekerjaan menerapkan “talk less do more”. Hal tersebut bukan berarti sebuah kekurangan, akan tetapi kelebihan yang diarahkan pada bidang yang tepat. 

Seseorang dengan tipe kepribadian yang introvert dikenal dengan sikapnya yang menunjukkan kesederhanaan, tidak mencari perhatian, pendengar yang baik, pandai memecahkan masalah, pandai menjaga rahasia, dan sangat menghargai pertemanan.

Seorang introvert cenderung memfokuskan dirinya pada pikiran, perasaan, dan suasana hati diri sendiri. Berbeda dengan kebalikannya yaitu ekstrovert yang dominan terbuka dan sangat antusias akan pembicaraannya dengan orang lain. 

Telah disinggung bahwa seorang introvert bisa lebih diarahkan pada bidang yang tepat, termasuk dalam hal pemilihan jurusan kuliah. Hal ini penting untuk dipertimbangkan agar selama proses perkuliahan berlangsung, seorang introvert bisa memaksimalkan potensi, passion, dan bakatnya. 

Kamu seorang introvert? Mungkin beberapa penjelasan jurusan kuliah di bawah ini bisa menambah referensi kamu agar yakin dalam memilih jurusan yang tepat, simak yuk!

Baca juga: Macam To Be dalam Bahasa Inggris

Jurusan yang Cocok untuk Introvert

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Introvert. Sumber: pexels.com

Jurusan untuk introvert tidak selalu dianggap membosankan. Beberapa jurusan di antaranya terlihat keren dan menarik, sehingga tidak hanya seorang introvert yang cocok masuk jurusan tersebut.

Rekomendasi jurusan kuliah seorang introvert biasanya lebih banyak dalam menghindari interaksi sosial. Ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak banyak terlibat dalam suatu interaksi dengan kelompok tertentu dan bekerja secara individual. Meski begitu proses perkuliahan juga tetap banyak melibatkan kerja tim. 

Bagi kamu yang juga memiliki kepribadian introvert, beberapa jurusan kuliah ini sangat menarik untuk dipilih. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Sastra

Jurusan bahasa dan sastra memiliki fokus teori pada bahasa apa yang kamu ambil, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi seorang introvert. Saat kamu memilih untuk mengambil jurusan bahasa asing, kamu akan mendapatkan kesempatan bekerja sebagai seorang penerjemah. Penerjemah ini bisa menjadi pekerjaan yang cocok untuk introvert karena lebih banyak menghabiskan waktu dengan teks-teks terjemahan dibanding melibatkan komunikasi dengan orang lain.

2. Teknik atau Sistem Informatika

Jurusan teknik dan sistem informatika memiliki fokus pada pemrograman komputer. Jurusan ini cocok bagi introvert karena tidak banyak menghabiskan waktu untuk berkomunikasi ataupun bertemu dengan orang lain. Jurusan teknik informatika adalah salah satu jurusan yang paling banyak diminati di setiap perguruan tinggi. Tingkat persaingan yang tinggi untuk mendapatkan kursi di jurusan ini mengharuskan kamu untuk memiliki bakat dan minat yang kuat.

Baca juga: Cara Menjadi Agen Aqua Galon

3. Akuntansi

Jurusan akuntansi juga sangat cocok bagi kamu si introvert karena di dalam jurusan akuntansi banyak mempelajari segala hal berkaitan dengan metode pencatatan dan transaksi keuangan. Jurusan akuntansi membutuhkan perhitungan yang akurat, sehingga konsentrasi dan fokus menjadi tugas utama. Bagi sebagian besar orang introvert yang cenderung mengerjakan sesuatu dengan fokus ini akan sangat berguna agar perhitungan dan pencatatan setiap transaksi menjadi lebih detail dan akurat.

4. Desain Grafis

Jurusan desain grafis menghabiskan banyak waktu di depan komputer dan berfokus pada desain sebagai hasilnya. Jika kamu mengambil jurusan ini, siap-siap untuk disibukkan dengan tugas merancang, melakukan analisa, serta menghasilkan karya. Biasanya mahasiswa desain grafis memenuhi tugasnya dengan menghabiskan banyak waktu sendiri dan tidak perlu menghadapi keramaian. Jika kamu memiliki banyak ide yang bisa dituangkan dalam dunia desain, kamu mungkin perlu mengambil jurusan desain grafis.

Baca juga: Ancaman Bisnis Coffee Shop

5. Sains 

Jika mengambil jurusan sains waktu yang kamu habiskan adalah dalam laboratorium untuk melakukan penelitian. Oleh sebab itu, cocok bagi seorang introvert yang merasa kurang nyaman saat berada di dalam keramaian. Jika kamu juga memiliki minat dalam bidang sains dan ingin mendapatkan pekerjaan yang berfokus pada penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan, jurusan sains tepat untuk kamu ambil. 

6. Farmasi

Layaknya jurusan sains, jurusan farmasi juga cocok untuk si introvert yang lebih banyak melakukan aktivitas belajar di laboratorium. Jurusan ini akan banyak belajar mengenai meracik formula hingga menganalisis obat-obatan. Pada jurusan ini ketelitian dan ketekunan harus kamu miliki sebab pekerjaanmu nantinya akan berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan banyak orang. 

Baca juga: Universitas yang Menerima Lulusan SMK

Itu dia 6 jurusan kuliah yang cocok diambil oleh seorang introvert. Jika kamu seorang ekstrovert, informasi ini bisa kamu sampaikan kepada kerabat terdekat yang memiliki kepribadian introvert. 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *