Tanggal:30 April 2024
Jurusan kuliah yang cocok untuk berbisnis.

9 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Berbisnis

Selepas lulus SMA atau SMK, banyak dari siswa tersebut menjadi bingung dan bimbang dalam menentukan jurusan kuliah yang akan mereka masuki. Selain karena tak sesuai lintas jurusan di SMA/SMK dan barangkali belum tahu mengenai jurusan-jurusan yang ada, bisa jadi jurusan tersebut tak sesuai minat mereka. Meskipun begitu, tak bisa dikatakan bahwa memilih jurusan secara asal merupakan pilihan yang bijak. Mengapa? Bisa jadi hal tersebut akan membuatmu menyesal karena tak sesuai minat. Belum dengan fakta lain bahwa menentukan jurusan kuliah sama dengan menentukan masa depan yang ingin digapai.  Oleh karena itu, dalam memilihnya, seorang siswa tak boleh dengan acak dan asal memilih salah satu, tanpa pertimbangan yang matang. Nah, apakah kamu juga salah satu dari mereka yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang ingin dimasuki?

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Coba diinga-ingat mengenai impianmu. Apakah kamu masih memiliki impian untuk menjadi seorang pengusaha? Apakah kamu juga masih memiliki mimpi untuk membangung bisnis yang besar? Nah, jika jawabanmu ya, maka kamu sudah berada di jalan yang benar! Berikut akan dijelaskan beberapa jurusan yang sangat cocok untuk berbisnis untukmu!

Baca Juga : 9 Universitas Terbaik Di Indonesia

1. Jurusan IT

Jurusan IT.
Jurusan IT. Sumber: Pexels

Jurusan #1 yang sangat cocok untuk berbisnis adalah jurusan IT. Jurusan IT adalah jurusan yang mempelajari, menerapkan, serta melakukan perencanaan, pengujian, dan pengembangan pada software (perangkat lunak). Lalu bagaimana bisa jurusan IT menjadi salah satu jurusan yang bisa digunakan dan cocok untuk berbisnis? Saat ini, perkembangan teknologi dan informasi menjadi begitu pesat. Adanya hal itu tentunya sangat menguntungkan bagi mahasiswa jurusan IT karena bidang ini sangat dibutuhkan di masa tersebut. Baik mereka yang ingin membuka usaha layanan jasa atau mengembangkan software-software atau aplikasi yang bermanfaat seperti Gojek, Facebook, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Kenali Perbedaan BEM dan HIMA

5 Jurusan Yang Cocok Untuk Jadi CEO

2. Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga.
Jurusan Tata Boga. Sumber: Pexels

Jurusan #2 yang juga sangat cocok untuk berbisnis adalah jurusan tata boga. Nah, apakah kamu tertarik mendirikan usaha kuliner? Jika ya, maka kamu cocok untuk masuk jurusan tata boga ini. Hal itu karena di dalam jurusan tata boga ini, nantinya kamu akan diajarkan bagaimana mengolah berbagai hidangan dari dalam atau luar negeri. Kamu juga akan diajarkan bagaimana membuat minuman. Hal-hal tersebut bisa menjadi bekal kamu ketika ingin mendirikan bisnis kuliner, nih!

Baca Juga :

10 PTN Yang Menerima Lulusan SMK

6 Alasan Kenapa Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

3. Jurusan Tata Rias

Jurusan Tata Rias.
Jurusan Tata Rias. Sumber: Pexels

Jurusan #3 yang cocok untuk berbisnis selanjutnya adalah jurusan tata rias. Berbeda dengan jurusan tata boga yang berhubungan dengan makanan, jurusan tata rias ini berhubungan dengan makeup! Nah, jika kamu sangat hobi menata rias wajah dan bereksperimen dalam makeup, maka jurusan ini sangat cocok untukmu. Di dalam jurusan ini, kamu akan diajarkan banyak hal, salah satunya tata rias pengantin daerah atau internasional. Dari jurusan ini, nantinya kamu bisa mendirikan bisnis rias pengantinmu sendiri, nih!

Baca Juga :

Jurusan Kuliah Yang Memiliki Peluang Jadi PNS

5 Jurusan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia

4. Jurusan Tata Busana

Jurusan Tata Busana.
Jurusan Tata Busana. Sumber: Pexels

Jurusan #4 yang cocok untuk berbisnis adalah jurusan tata busana. Jurusan ini juga akrab dikenal dengan jurusan fashion design. Apakah kamu ingin menjadi seorang designer baju? Apakah kamu ingin mendirikan rumah mode dan brand pakaianmu sendiri? Jika ya, maka kamu harus masuk ke jurusan tata busana ini!

Baca Juga :

6 Jurusan Kuliah Untuk Kamu Yang Introvert

5 Jurusan Dengan Gaji Terendah Di Indonesia

5. Jurusan Pendidikan

Jurusan pendidikan.
Jurusan pendidikan. Sumber: Pexels

Jurusan #5 yang juga cocok untuk berbisnis adalah jurusan pendidikan. Loh, kok bisa? Bukankah jurusan pendidikan hanya bisa jadi guru saja? Eit, jangan memandang remeh jurusan pendidikan! Jurusan ini juga bisa menjadikan mahasiswanya seorang pengusaha loh. Caranya yaitu dengan mendirikan lembaga-lembaga les untuk masyarakat umum lainnya.

Baca Juga :

8 Jurusan Kuliah Untuk Pecinta Matematika

Apa Itu Gap Year

6. Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen bisnis.
Jurusan manajemen bisnis. Sumber: Pexels

Jurusan #6 yang cocok untuk berbisnis selanjutnya adalah jurusan manajemen bisnis. Jurusan ini tentu saja sangat cocok untuk kamu yang ingin selepas lulus kuliah menjadi seorang pengusaha dan mendirikan bisnismu sendiri. Nah, apa saja yang akan dipelajari dalam jurusan manajemen bisnis ini? Di dalam jurusan ini, kamu akan diajarkan bagaimana membuat perencanaan, mengembangkan strategi, pembukuan, marketing, dan lain sebagainya yang tentu saja sangat bermanfaat jika kamu membuka sebuah bisnis.

Baca Juga :

9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

7 Prospek Kerja Jurusan Biologi

7. Jurusan Agroteknologi

Jurusan agroteknologi.
Jurusan agroteknologi. Sumber: Pexels

Jurusan #7 yang juga cocok untuk berbisnis adalah jurusan agroteknologi. Di beberapa universitas, jurusan ini akrab dikenal sebagai jurusan agroekoteknologi. Nah, jika kamu berniat ingin mengeluti bisnis pertanian yang modern dengan memanfaatkan tekonologi, maka jurusan ini sangat cocok untukmu. Di dalam jurusan ini, kamu nantinya akan diajarkan bagaimana mengolah tanaman, hama, lahan, hingga menghasilkan produk yang memiliki daya saing di pasar, dan lain sebagainya.  

Baca Juga :

Peluang Kerja Untuk Bidang Komunikasi

Prospek Kerja Untuk Jurusan Manajemen

8. Jurusan Peternakan

Jurusan peternakan.
Jurusan peternakan. Sumber: Pexels

Jurusan #8 yang cocok untuk berbisnis selanjutnya adalah jurusan peternakan. Kamu berniat untuk membuka budidaya ikan lele? Atau ayam broiler dan sapi, ikan, serta lain sebagainya? Nah, maka kamu harus masuk ke jurusan peternakan ini. Di dalam jurusan ini, nantinya kamu akan diajarkan bagaimana memelihara hewan ternak, mengatur kebutuhan kebutuhan nutrisi mereka, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

7 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

9. Farmasi

Jurusan farmasi.
Jurusan farmasi. Sumber: Pexels

Jurusan #9 atau yang terakhir dan cocok untuk berbisnis adalah jurusan farmasi. Dengan kamu masuk ke jurusan farmasi, nantinya kamu bisa membuka bisnis apotekmu sendiri, loh! Hal itu karena di dalam jurusan farmasi ini, kamu akan diajarkan bagaimana pembuatan obat, fungsi dan kegunaan obar, serta lain sebagainya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Baca Juga :

Cara Cepat Lulus Kuliah

Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

Hal Yang Dilakukan Setelah Program Magang

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *