Tanggal:25 April 2024
ilustrasi jurusan kuliah yang mudah diterima kerja (pixabay.com)

Bingung Pilih Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan Nantinya? Simak Jawabannya di Sini!

Teruntuk kamu yang akan lulus dari jenjang SMA/SMK dan melanjutnya ke jenjang perkuliahan tentunya saat ini jadi dilema terkait jurusan apa yang tepat untukmu, ya. Dimana dari bangku perkuliahan yang akan kamu jalani ini akan menjadi tolak ukur terbesar akan pekerjaanmu di masa depan, lho. Maka dari itu, dalam memilih jurusan kuliah tak bisa sembarang pilih karena akan mempertaruhkan kehidupanmu ke depannya secara jangka panjang. Yang mana kalau salah jurusan bukan hanya susah mendapatkan pekerjaan yang berpeluang besar, tapi kamu bisa saja kesusahan dalam menamatkan jurusan yang salah tersebut.

Kursus online IELTS Vocasia

Baca Juga | Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMA Jurusan IPS

Nah, atas dasar rasionalitas di atas, maka dalam memilih jurusan haruslah mengkombinasikan pertimbangan antara keinginan, kemampuan, serta peluang kerja yang ada di masa depan, ya. Bahkan kamu juga bisa mencari jurusan yang berpeluang tapi peminatnya masih kecil, ya tujuannya agar tak banyak pesaing baik saat ujian masuk perguruan tinggi maupun tak banyak pesaing hingga kamu diperebutkan perusahaan yang membutuhkan jurusan terkait tapi lulusannya di bidang itu masih sedikit.

Baca Juga | Bagaimana Sih Peluang Kerja Data Scientist? Simak Penjelasannya di Sini, Ya!

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk memikirkan jurusan terbaik untuk masa depanmu yang bukan hanya memikirkan apa yang kamu mau atau sekadar ikut-ikutan teman, tapi pilihlah jurusan yang benar-benar kamu butuhkan secara jangka panjang, ya. Sebagai bahan referensi dalam memilih jurusan yang berpeluang besar untuk cepat dapat pekerjaan setelah lulus nantinya, simak 9 jurusan di bawah ini.

1. Jurusan Kedokteran

Seperti yang kita ketahui bersama bagaimana popularitas dari jurusan kedokteran, nih. Yang mana atas terkenalnya jurusan kedokteran, maka tak heran kalau peminatnya juga banyak, ya. Tak hanya banyak peminat yang akan membuatmu ekstra bersaing apalagi kalau mau masuk di jurusan kedokteran pada perguruan tinggi negeri, tapi juga biaya kuliah yang dibutuhkan juga terbilang cukup mahal terlebih untuk kamu yang berasal dari kalangan ekonomi menengah hingga ke bawah.

Baca Juga | Jenis-Jenis Dokter Spesialis

Namun, hal itu tak boleh menyurutkan niatmu untuk maju, percaya bahwa kemauan yang kuat disertai usaha keras bisa membawamu pada kelancaran pada jurusan kedokteran ini. Mengenai urusan biaya kamu juga bisa mendaftar program beasiswa jika kamu memiliki kemampuan khusus yang sesuai persyaratan, ya. Dengan perjuangan secara pemikiran maupun finansial tentunya masa depan seorang dokter akan terjamin, lho. Hal tersebut karena profesi dokter ini senantiasa dibutuhkan dalam tiap tahunnya, ya. Dimana gaji seorang dokter tentu tak perlu diragukan lagi, ya gajinya cukup menjanjikkan deh.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Kalau tadi membahas jurusan populer dikalangan anak IPA, jurusan yang satu ini tak kalah populernya bagi anak IPS, lho. Dimana jurusan ilmu komunikasi ini umumnya akan bekerja di industri kreatif yang terbilang cukup menjanjikan di masa sekarang terlebih dalam era digital yang terus berkembang. Jika kamu mengambil jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman, nih.

Baca Juga | Peluang-Peluang Kerja Untuk Kamu Yang di Dalam Bidang Komunikasi!

3. Jurusan Ekonomi

Jurusan selanjutnya yang berpeluang besar di masa depan yakni jurusan ekonomi, ya. Dimana kita sama-sama tahu bahwa di semua sektor bisnis pastinya berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Hal itu terbukti dari diajarkannya beragam skill yang dibutuhkan di pasar untuk para karyawannya. Maka dari itu, kalau kamu mengambil jurusan ekonomi tentu saja cakupannya bisa lebih luas untuk kamu bisa memilih pekerjaan di masa depan dan perusahaan juga akan senantiasai memberikan penilaian lebih terhadap lulusan sarjana ekonomi, ya.

Baca Juga | Kamu Berada di Bidang Ekonomi? Ini Prospek Kerjanya Yang Perlu Diketahui!

4. Jurusan Teknik Mesin

Selanjutnya jurusan yang berpeluang untuk mudah mendapatkan pekerjaan di masa depan yakni teknik mesin, nih. Dimana kuliah di teknik mesin akan mempelajari beragam aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin,dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada. Dari situ coba bayangkan deh setiap harinya pasti sebuah perusahaan itu tak bisa lepas dari mesin bukan? Bahkan dalam kehidupan sehari-hari saja kita membutuhkan juga mesin untuk membantu pekerjaam kita mulai dari kulkas, TV, mesin cuci, setrika, kipas angin, dan beragam alat elektronik lainnya hingga sepeda motor juga perlu sentuhan mesin di dalamnya, ya. Maka dari itu, seorang lulusan teknik mesin tentu akan dilirik oleh beragam perusahaan yang membutuhkan keahliannya, nih.

Baca Juga | Pengertian Dan Tujuan Pelatihan Kerja Pada Karyawan

5. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan selanjutnya yang paling banyak peluang dan mudah untuk keterima kerja yakni jurusan teknik informatika. Yang mana dengan melihat kemajuan teknologi yang semakin pesat, para lulusan teknik informatika atau yang biasa disebut dengan jurusan teknik komputer menjadi salah satu jurusan yang masa depannya cerah. Peluang kerjanya pun masih sangat luas apalagi untuk di masa mendatang, begitu pula penghasilan yang bisa didapatkan tentunya sebanding dengan besarnya kebutuhan dari lulusan teknik informatika, ya.

Baca Juga | Bagaimana Sih Prospek Kerja Informatika? Cek Jawabannya di Sini!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *