Tanggal:04 May 2024

Jurusan Sastra Inggris? Berikut Prospek-Prospek Kerjanya!

Beberapa universitas di Indonesia memiliki banyak jenis jurusan sastra. Beberapa-nya ada sastra jepang, sastra belanda, sastra jerman, sastra arab, dan juga sastra inggris. Sastra Inggris sendiri merupakan jurusan sastra dengan peminat yang paling banyak lho! Kamu sendiri jurusan apa nih di kampus? 

Lalu, mata kuliah di jurusan ini sudah tahu belum ada apa aja? Ada matkul bahasa, ilmu linguistik, sastra, sejarah dan budaya, dan masih banyak lagi. Untuk prospek-prospek kerjanya sendiri juga sangat banyak dan variatif. Kamu sudah tahu belum ada apa aja? Yuk kita simak di list berikut! 

1. Social Media Manager 

Media sosial merupakan salah satu hal yang digunakan banyak orang setiap harinya. Mulai dari perihal bersosialisasi, belajar, bekerja, hingga transaksi jual-beli. Salah satu pekerjaan yang dapat kamu kerjakan adalah sebagai social media manager. Kamu yang dari sastra inggris minat gak nih?

2. Content Writer 

Profesi content writer biasanya mengerjakan produksi artikel sampai dengan tulisan-tulisan lainnya. Kalau kamu suka menulis dan ingin dijadikan sebagai profesi, bisa nih jadi content writer saat kamu kerja nanti!

3. Translator 

Menjadi penerjemah merupakan salah satu prospek kerja yang diminati oleh para lulusan sastra inggris. Karena sastra inggris merupakan jurusan sastra yang paling populer, pasti banyak juga lowongan menjadi penerjemah.

4. Guru/Dosen 

Prospek kerja yang satu ini juga bisa kamu jadikan profesi saat sudah bekerja nanti. Maupun jadi guru atau dosen, kamu akan menjadi pengajar untuk para murid atau mahasiswa. Tetapi ingat, banyak sekali syarat dan ketentuan yang juga kamu harus perhatikan ya!

5. Copywriter 

Walaupun sama-sama memiliki tugas yaitu menulis tulisan yang dibutuhkan oleh perusahan, copywriter lebih fokus kepada tulisan yang persuasif atau menjual atas produk yang ditawarkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja. Misal saja produk kecantikan atau jasa.

6. Jurnalis 

Sebagai jurnalis, kamu harus pintar-pintar meliput dan juga menulis berita. Kalau kamu tidak suka kedua hal tersebut, mungkin prospek kerja yang satu ini bukan profesi yang harus kamu fokuskan saat sudah bekerja nanti.

7. Penulis Buku 

Biasanya yang suka membaca buku, ada keinginan ingin menulis buku sendiri nih! Dengan membaca banyak buku dari berbagai genre buku, kamu ingin sekali menulis buku kamu sendiri. Kalau diberikan kesempatan menulis buku, ingin menulis tentang apa nih?

Buat kamu yang jurusan Sastra Inggris, sudah tahu kan prospek-prospek kerjanya? Kamu minat yang mana nih?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *