Tanggal:August 9, 2022
jurusan sastra korea

5 Universitas dengan Jurusan Sastra Korea Terbaik di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Demam Korean wave yang melanda masyarakat Indonesia rupanya berpengaruh pada membludaknya calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke jurusan Sastra Korea. Padahal, menurut beberapa sumber, hanya 5% dari keseluruhan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. Kuotanya pun cukup terbatas, yakni sekitar 200-an kursi.

Kursus online IELTS Vocasia

Nah, kalau kamu kuliah di jurusan Sastra Korea, kamu tak hanya belajar tentang bahasa, lho. Tapi lebih jauh lagi, yakni kamu juga akan mempelajari budaya hingga pop-culture yang berkembang di Negeri Ginseng tersebut.

Kira-kira, apa saja rekomendasi universitas jurusan Sastra Korea terbaik? Daripada penasaran, yuk simak daftarnya pada artikel berikut.

Baca juga | 7 Beasiwa Kuliah di Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba

Universitas Jurusan Sastra Korea Terbaik di Indonesia

jurusan sastra korea

source: freepik

1. Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta

Universitas jurusan Sastra Korea yang pertama yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada awalnya, UGM hanya membuka Program Studi D3 Bahasa Korea. Jadi, hanya untuk sekolah vokasi yang fokus pada bahasa Korea saja. Namun, pada tahun 2008, UGM telah membuka Program Studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea yang lebih terfokus pada bidang keilmuan bahasa Korea serta penggunaannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Kini jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM sudah menyandang akreditasi A. Tak heran, jurusan ini tak pernah sepi peminat. Kalau ingin masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM, kamu harus mempersiapkan dirimu sedini mungkin agar siap bersaing dengan peserta lain saat seleksi nanti. Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

2. Universitas Indonesia (UI), Jakarta

UI menyediakan Program Sarjana Bahasa dan Kebudayaan Korea. Pada program studi ini, kamu bukan hanya mendapat pelajaran Bahasa Korea, tapi juga yang lebih dalam lagi, yaitu sastra.

Tak hanya itu, kamu juga mendapat pengetahuan tambahan lainnya seputar Negeri Gingseng ini, termasuk budaya masyarakatnya. Jurusan Bahasa Korea di UI terkenal sering mendapatkan sponsorship dan mengadakan beragam event kebudayaan yang meriah, lho. Lewat jurusan ini, kamu bisa terlibat aktif dalam berbagai acara kebudayaan serta dapat mengembangkan relasi yang mungkin berguna saat lulus nanti.

Selain Korea, UI juga menawarkan Prodi Bahasa dan Sastra Asing lain, seperti Arab, Inggris, Cina, Jepang, Jerman, dan Slavia.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

Universitas ketiga yang menawarkan Jurusan Sastra Korea adalah Universitas Diponegoro. Kamu bisa mengambil waktu pendidikan yang lebih singkat dari program D3. Tapi, kalau kamu bersabar dan rela meningkatkan semangat belajar sampai 1 tahun lagi, maka kamu bisa menyandang gelar Sarjana Sastra Korea terbaik.

Baca juga | 75 Kosakata Bahasa Korea Sehari-Hari dan Artinya

4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung

Universitas yang satu ini lebih berfokus mencetak mahasiswanya sebagai tenaga pendidik sehingga namanya pun menjadi jurusan Pendidikan Bahasa Korea. Mata kuliah yang dipelajari banyak menitikberatkan pada pendidikan bahasa Korea, seperti mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Bahasa Korea, Media Pembelajaran dan TIK Bahasa Korea, serta Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Korea. Kamu tak perlu khawatir, meski berfokus pada title ‘pendidikan’, bukan tidak mungkin jika kamu akan belajar Sastra Korea juga di jurusan ini.

Tidak seperti UI dan UGM, jurusan Pendidikan Bahasa Korea UPI belum menyandang akreditasi A dan baru akreditasi B saja. Meski demikian, jurusan ini sudah menjalin kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Korea Selatan, KOICA, Korean Foundation (KF), KCC Jakarta, dan berbagai pihak lainnya. Jadi, jurusan ini tetap layak kamu pertimbangkan kalau memang tertarik menjadi tenaga pendidik atau ahli bahasa Korea.

5. Universitas Nasional (UNAS), Jakarta

Nah, jika kamu ingin mengambil kuliah pendek, jalur D3 yang ditawarkan kampus yang satu ini bisa menjadi opsi tepat. Jadi, selain menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidang bahasa Korea, ada misi lain dari Universitas Nasional melalui Prodi Bahasa Korea ini. Misi tersebut adalah menyiapkan lulusan yang bisa langsung terjun ke dunia kerja.

Baca juga | 7 Negara yang Mempelajari Bahasa Indonesia, Wah Kamu bisa Jadi Guru di Sana!

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Sastra Korea?

source: freepik

Salah satu hal yang patut diperhatikan ketika hendak mengambil jurusan Sastra Korea adalah bagaimana prospek kerjanya. Berdasarkan berbagai sumber, prospek kerja sastra Korea sangat bagus. Lulusan sastra Korea bisa berkarier di perusahaan besar Korea Selatan di Korea, di Indonesia, maupun di berbagai negara di dunia yang memerlukan bahasa Korea.

Adapun profesi yang dapat ditekuni antara lain:

  • Penerjemah (translator)
  • Pengajar bahasa Korea
  • Penulis teknis
  • Jurnalis
  • Penulis perjalanan
  • Novelis Korea
  • Tour guide
  • Content writer atau Copywriter
  • Ahli strategi konten
  • Content creator tentang budaya Korea

Baca juga | Content Writer vs Copywriter! Apa Aja Sih Perbedaanya?

Nah, sekarang kamu sudah dapat membayangkan bagaimana serunya masuk ke Jurusan Sastra Korea, kan? Jika kamu punya keinginan untuk belajar lebih soal K-Pop serta seluk-beluk negaranya, yuk belajar lebih giat lagi agar bisa masuk ke Jurusan Sastra Korea.

Bagaimana cara belajarnya? Tenang saja, Vocasia siap membantu kamu dengan menghadirkan kelas kursus bahasa Korea. Di kursus tersebut, kamu akan belajar bahasa Korea dari tingkat basic sampai advance, lho. Selain itu, kamu juga akan dibimbing langsung oleh lulusan King Sejong Institute, yaitu Felicia Kurniawan. Pastinya seru dan terjamin kualitasnya. Buruan, daftarkan dirimu sekarang juga di sini!

Selamat belajar!

Baca juga | 9 Universitas Terbaik di Indonesia Saat ini

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *