Tanggal:26 April 2024

7 Negara yang Mempelajari Bahasa Indonesia, Wah Kamu bisa Jadi Guru di Sana!

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris sudah lazimnya dipelajari di banyak negara. Namun, apa pendapatmu jika ternyata ada beberapa negara yang turut mempelajari bahasa tanah air kita, yaitu bahasa Indonesia?

Tentu saja kita harus bangga karena ternyata tak sedikit negara yang ingin mempelajari bahasa kebangsaan kita, bahkan tertarik untuk mempelajari keragaman budaya kita. Hal ini seharusnya bisa menjadi motivasi kita sebagai generasi muda Indonesia untuk terus mencintai bahasa Indonesia. Karena dalam banyak kasus, generasi muda Indonesia saat ini terkesan kehilangan identitasnya dalam menggunakan bahasa Indonesia. Hal itu tercermin dalam pergaulan sehari-hari, lho.

negara yang belajar bahasa indonesia

Hands waving flags of Indonesia

Namun, kini kamu tak perlu minder lagi karena bahasa Indonesia ini dianggap penting di berbagai negara. Mencintai dan mempelajari bahasa Indonesia juga bisa mengantarmu ke gerbang kesuksesan. Salah satunya adalah kamu bisa menjadi pengajar atau guru di negara lain yang mempelajari bahasa Indonesia.

Lantas, apa saja sih negara yang mempelajari bahasa Indonesia? Vocasia sudah merangkum daftarnya untukmu. Selamat membaca sampai akhir!

Baca juga | 8 Penyanyi Indonesia yang Sukses Go Internasional

Negara yang Mempelajari Bahasa Indonesia

1. Hawaii

hawaii

jurnalsoreang

Yang pertama adalah Hawaii. Negara eksotis yang merupakan bagian dari Amerika Serikat ini tertarik mempelajari bahasa Indonesia, lho. Hal itu terbukti banyak dengan banyaknya universitas yang mengajarkan bahasa Indonesia di Hawaii. Salah satunya yaitu University of Hawaii at Manoa. Bahkan, pengajarnya rela terbang langsung ke Indonesia untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Indonesia.

2. Suriname

source: jurnalsoreang

Suriname merupakan salah satu negara yang terletak di ujung utara Amerika Selatan. Di negara yang tidak begitu luas ini, 14% penduduknya adalah warga Indonesia yang dulunya dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda untuk dijadikan buruh. Tak heran jika di sini bahasa Indonesia dijadikan sebagai sebuah program studi.

3. Jepang

negara yang belajar bahasa indonesia

source: freepik

Indonesia dan Jepang memiliki hubungan bisnis yang cukup erat. Tak heran bila negeri matahari terbit itu menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang perlu dipelajari lebih dalam. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia di Jepang yaitu Tokyo University of Foreign Studies.

Baca juga | Ingin Kuliah Gratis Di Jepang? 4 Beasiswa Kuliah Di Jepang Yang Bisa Jadi Referensi

4. Kanada

negara yang belajar bahasa indonesia

source: freepik

Secara kultur, Kanada tidak memiliki keterkaitan yang erat dengan Indonesia. Tapi banyak sekolah atau kursus bahasa Indonesia yang dibuka di Kanada. Ternyata, hal ini disebabkan oleh banyaknya orang Indonesia yang tertarik untuk mencari pekerjaan atau bahkan bermigrasi ke Kanada. Alasan mengapa banyak orang Indonesia ke Kanada adalah pendapatan yang lebih besar dan kondisi sosial yang cenderung lebih stabil lantaran jarang terjadi konflik.

5. Vietnam

negara yang belajar bahasa indonesia

source: freepik

Vietnam merupakan satu-satunya negara dari kawasan Asia tenggara yang sangat menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Sudah sejak lama bahasa Indonesia dipelajari oleh masyarakat Vietnam. Bahkan, salah satu kotanya yaitu Kota Ho Chi Minh mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua.

6. Ukraina

negara yang belajar bahasa indonesia

source: freepik

Negara penghasil gandum terbesar ini membuka program studi bahasa Indonesia di Taras Shevchenko National University of Kyiv. Studi bahasa Indonesia itu sempat ditutup pada tahun 1997 karena kekurangan tenaga pengajar. Namun, pada akhirnya dibuka kembali di tahun 2012 karena melimpahnya peminat studi bahasa Indonesia.

7. Korea Selatan

source: freepik

Tak hanya warga Indonesia yang mempelajari bahasa Korea, warga Korea Selatan pun ternyata juga mempelajari bahasa Indonesia. Ada beberapa universitas di Korea Selatan yang membuka program studi bahasa Indonesia. Misalnya di Busan University of Foreign Studies dan Hankuk University of Foreign Studies. Salah satu pengajarnya pun asli orang Indonesia yang bernama Tengsoe Tjahjono.

Baca juga | 7 Beasiwa Kuliah di Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba

Nah, itu dia 7 daftar negara yang mempelajari bahasa Indonesia. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk menjadi pengajar di sana? Semoga sukses, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *