Tanggal:30 May 2024
Content writer adalah

Mengenal Content Writer, Profesi Penulis yang Paling Dicari

Apa yang ada dipikiranmu tentang seseorang yang memiliki hobi menulis? Menjadi seorang penulis novel seperti Raditya Dika? Atau menjadi seorang sastrawan hebat seperti Sapardi Djoko Damono?

Iya, profesi di atas memang cocok bagi kamu yang suka dengan dunia tulis-menulis. Tetapi, tahukah kamu bahwa profesi penulis tidak hanya itu saja? Dan, pernahkah kamu mendengar profesi content writer

Jika belum, kamu tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini akan dibahas secara detail terkait profesi content writer. Rileks dan selamat membaca hingga akhir!

Baca juga | Cara Mudah Menulis Cerpen Untuk Pemula

Pengertian Content Writer

Content writer adalah

Source: freepik

Content writer adalah salah satu profesi penulis yang bertugas untuk membuat beragam konten menarik di media online. Konten-konten tersebut di antaranya seperti artikel blog, postingan di media sosial, dan tulisan apa pun yang dipublikasikan dalam platform online.

Profesi ini sangat dibutuhkan sekarang. Apalagi saat ini banyak perusahaan mulai mengikuti perkembangan zaman yang beralih ke sektor digital. Wah, tentunya profesi content writer adalah angin segar bagi kamu yang hobi menulis.

Seorang content writer harus pandai untuk merangkai kata-kata dan membuat bacaan menjadi menarik bagi pembacanya. Mereka memiliki peran yang cukup krusial dalam suatu perusahaan, lho.

Baca juga | Ini Dia Cara Mudah untuk Menjadi Penulis Novel bagi Pemula!

Jenis-jenis Content Writer

Content writer adalah

Source: freepik

Content writer terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan konten yang dibuat. Berikut di antaranya:

1. SEO Content Writer

SEO content writer bertugas untuk membuat konten artikel yang sesuai dengan standar Search Engine Optimization atau istilah lainnya SEO friendly. Mereka akan menggunakan keyword tertentu yang paling banyak dicari orang untuk dijadikan konten artikel.

Bagi pemula, tentunya pekerjaan ini gampang-gampang susah karena harus menyesuaikan isi konten artikel dengan beberapa elemen SEO. Tetapi, jika kamu sudah terbiasa, nantinya akan terasa gampang kok. Chill…

Kenapa sih harus disesuaikan dengan SEO? Hal itu dilakukan agar artikel yang kamu buat nantinya mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari seperti Google. Peringkat yang tinggi tentunya akan mendatangkan traffic yang tinggi pula pada website yang dikelola.

Baca juga | Berikut Tugas-Tugas SEO Specialist!

2. Jurnalis

Jika berbicara tentang jurnalis, pasti yang ada dipikiranmu adalah pekerjaan lapangan yang bertugas mencari informasi terbaru untuk diberitakan. Iya, benar. Maka dari itu, seorang jurnalis dituntut untuk tahan banting dalam segala situasi, bekerja cepat dan cermat, serta kritis.

Kini semua aspek mulai beralih ke era digital. Portal berita online pun ikut menjamur dengan persaingan yang sangat ketat. Hal itulah yang membuat tiap portal berita online berlomba-lomba untuk memproduksi berita sebanyak mungkin. Berita yang disajikan semakin beragam. Bahkan, berita yang dibuat pun tak jarang yang bersifat menghibur pembaca, seperti artikel entertainment ataupun feature.

3. Technical Writer

Ketika kamu membeli sebuah produk, pernahkah kamu membaca daftar komposisi, manfaat, dan paduan penggunaannya? Tulisan-tulisan itu adalah hasil buatan dari seorang technical writer, lho.

Technical writer dituntut untuk mengetahui kandungan dan manfaat sebuah produk secara mendetail. Mereka juga harus menguasai cara penulisan bahan baku dan alur penggunaan produk yang tepat. Tentunya supaya pengguna dapat memaksimalkan kegunaan produk tersebut.

Baca juga | Syarat-Syarat Kemasan Produk yang Baik

4. Social Media Writer

Saat membuka akun media sosial sebuah brand, kamu akan menemukan beragam konten seru dan interaktif. Konten tersebut merupakan garapan dari seorang social media writer.

Social media writer harus up to date dan peka dengan hal-hal yang sedang tren. Hal itu tentunya beralasan. Mereka harus membuat konten yang menarik, fresh, dan juga interaktif untuk menaikkan engagement akun medsos brand yang dikelola.

5. Generalist Writer

Seorang generalist writer bertugas untuk membuat konten sebanyak-banyaknya. Konten yang dibuat pun tidak menggunakan tema dan gaya bahasa khusus yang ditentukan. Tujuan mereka menulis konten tersebut biasanya adalah untuk menciptakan brand awareness

Apakah Content Writer dan Copywriter Sama?

Profesi content writer dan copywriter sering disangka sebagai hal yang sama. Namun, keduanya berbeda, lho. Perbedaan itu terletak pada tujuan penulisan kontennya. Content writer akan membuat konten yang sifatnya mengedukasi dan informatif bagi pembaca. Sedangkan copywriter membuat konten yang sifatnya persuasif untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Seorang copywriter tidak hanya menulis sebuah artikel, tetapi juga menulis ads, campaign, sales landing pages, dan email blast.

Baca juga | Content Writer vs Copywriter! Apa Aja Sih Perbedaanya?

Tanggung Jawab Content Writer

1. Membuat, mengelola, dan mendistibusikan konten

Seorang content writer juga harus bisa mengatur dan mengelola jadwal penerbitan konten atau artikel. Jika bertugas membuat konten artikel di website, mereka harus melakukan pengecekan pada artikelnya apakah sudah sesuai standar SEO atau belum sebelum diterbitkan.

2. Riset

Content writer harus melakukan riset sebelum membuat konten. Riset diperlukan untuk menjamin kualitas dan kredibilitas konten yang akan dibuat. Mereka harus memastikan bahwa referensi yang mereka pakai berasal dari sumber terpercaya dan memiliki informasi yang akurat.

3. Memahami SEO

Bagi content writer yang menulis untuk website, pastinya sudah tak asing lagi dengan SEO. Hal itu dikarenakan setiap pembuatan konten artikel website harus menggunakan kata kunci dari SEO. Jika ingin menjadi content writer, pastikan kamu sudah memahami dasar-dasar SEO, ya!

4. Menguasai kemampuan editorial

Sebelum menerbitkan suatu konten, seorang content writer wajib untuk memeriksanya kembali. Mereka harus memastikan tidak ada typo atau penulisan kata dan kalimat yang salah. Tentunya content writer harus menguasai kemampuan editorial. 

Baca juga | 7 Tugas-Tugas Seorang Content Writer, Pekerjaan Yang Berat?

Itu dia pembahasan lengkap tentang profesi content writer. Content writer adalah profesi penulis yang paling dicari di era digital saat ini. Untuk menekuni profesi ini, kamu tentunya harus mempunyai skill menulis, kepekaan terhadap tren, dan melek teknologi. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu paham tentang apa itu content writer, ya. 

Ingin berkarier menjadi content writer, tapi bingung caranya? Saat ini kamu tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan kocek yang tinggi. Cukup di rumah dan ikuti mini bootcamp tentang content writing dari Vocasia. Dijamin kamu akan mahir dan siap meniti karier sebagai content writer profesional! Yuk, langsung saja daftar dan ikuti dengan cara klik di sini.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *