Tanggal:29 April 2024

Kamu Berada di Bidang Ekonomi? Ini Prospek Kerjanya Yang Perlu Diketahui!

Khusus untuk kamu nih yang lagi berada di bidang ekonomi, sudah tahu belum sih prospek kerja yang dimiliki nanti saat kamu sudah ingin bekerja? Kalau belum, yuk kita belajar dan cari tahu bareng! Jangan sampai di skip biar tahu ya prospek-prospek kerjanya!

Orang yang lulusan dari jurusan ekonomi sendiri akan memiliki gaji yang terbilang cukup tinggi lho! Dari data yang didapatkan oleh salah satu institusi di Inggris, menyebutkan bahwa lulusan baru akan mendapatkan kisaran nominal 90 hingga 100 juta! Tinggi sekali bukan? 

Lalu, ada prospek kerja apa aja sih? Banyak sekali prospek kerja yang dapat kamu temukan, beberapa-nya seperti akuntansi, perbankan, hingga di bidang ekonomi itu sendiri sebagai pakar yang terbilang profesional. Sisanya, yuk kita lihat bareng di list berikut ini! 

1. Perbankan 

Sudah tidak salah lagi kalau perbankan merupakan salah satu prospek yang bisa kamu pilih nanti saat sudah bekerja. Karir yang satu ini memang sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Yang sudah pasti, kamu akan sering dan bertemu masalah keuangan dan hal lainnya yang terkait deh!

2. Akuntansi

Kalau prospek kerja yang satu ini pasti sudah kamu mulai pelajari dari bangku sekolah bukan? Akuntansi akan menemukanmu dengan pekerjaan seperti pemantauan keuangan, bisnis, dan masih banyak lagi. Kalau kamu merasa bisa dalam materi yang satu ini, bisa nih dijadikan rencana dan prospek kerja kamu nanti untuk dicapai.

3. Ekonomi Profesional 

Pastinya dalam bidang ekonomi, kamu akan kembali bekerja di dunia ekonomi apapun materinya. Beberapa contohnya adalah profesi yang satu ini, yaitu ekonomi profesional. Apa sih yang dimaksud? Kamu sendiri nanti akan dipercaya untuk ditempatkan di dunia ekonomi dengan melakukan nasihat untuk diberikan serta strategi bisnis lho! Seru bukan?

4. Sektor Publik

Dalam sektor swasta, pastinya dibutuhkan untuk melakukan analisis harga dan risiko untuk kepentingan dalam sektor publik. Fakta serunya juga bahwa profesi yang satu ini peminatnya jadi banyak lho! Hal ini terjadi karena resesi global yang ada di seluruh dunia saat ini menjadikan prospek kerja yang satu ini meningkat terus!

5. Konsultan Keuangan 

Masih masalah keuangan, kamu bisa lho menjadi konsultan keuangan! Di bidang ekonomi ini memang banyak sekali kok profesi konsultan keuangan, pasti banyak perusahaan dan usaha yang memerlukan profesi ini. Kamu juga bisa bekerja dengan klien dan memberikan nasihat strategi keuangan bisnis mereka.

6. Analisis Data 

Sudah pasti kamu akan bertemu dengan banyaknya data kalau sudah bicara di dalam bidang ekonomi. Terutama melakukan riset analisis data yang dibutuhkan. Tugas-tugasnya sendiri antara lain seperti mengevaluasi dan memberi nasihat untuk dampak dan risiko ketidakpastian keuangan. Kamu minat gak nih sama prospek kerja yang satu ini?

7. Alternatif Ekonomi 

Alternatif ekonomi? Apa sih maksudnya? Ternyata walaupun kamu bukan lulusan jurusan ekonomi, kamu masih bisa lho bekerja di bidang ekonomi, pastinya dengan profesi yang berbeda dengan lulusan jurusan ekonomi. Beberapa profesi ini adalah riset pasar, politik, TI, jurnalis, perpajakan, dan masih banyak lagi!

Nah buat kamu yang sedang atau akan ada di dalam bidang ekonomi, sudah tahu kan prospek kerjanya? Diingat-ingat ya!

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *