Tanggal:15 May 2024

Inilah 6 Keuntungan Bekerja di Startup, Kamu Harus Coba!

Perkembangan startup di Indonesia, beberapa tahun belakangan terbilang cukup pesat. Hingga saat ini, diperkirakan sudah ada ribuan startup lokal yang ikut meramaikan dunia kareir dalam negeri. Dengan ciri khasnya yang sangat erat dengan generasi milenial yang serba inovatif dan serba cepat, startup merupakan pilihan menarik bagi individu kreatif yang mencari alternatif berkarier di jalur korporat.

Namun sangat disayangkan, berkerja di startup belum menjadi salah satu pekerjaan yang dipertimbangkan oleh masyarakat, khususnya fresh graduate. Hal tersebut dikarenakan, masih banyak yang berpikir bahwa bekerja di perusahaan besar akan jauh lebih menjanjikan dan cenderung aman.

Walaupun saat ini sudah banyak generasi muda yang terbuka dan menerima berbagai peluang yang datang, namun tetap masih ada yang merasa ragu untuk bekerja di startup karena berbagai alasan dan kepentingan.

Oleh karena itu, supaya kamu tidak mengalami dilema berkepanjangan. Berikut beberapa keuntungan berkerja di startup yang sudah Vocasia rangkumkan, yang perlu kamu ketahui khususnya bagi kamu fresh graduate.

Baca juga :

Tips Membuat Bisnis Startup Bagi Pemula

Pengertian Dari Perusahaan Startup Yang Harus Kalian Ketahui

Keuntungan Bekerja di Startup

1. Kesempatan untuk Belajar dan Berkembang

Keuntungan berkarir di startup yang pertama adalah kamu berkesempatan untuk belajar dan berkembang. Berbeda dengan perusahaan besar yang sudah memiliki sistem dan manajemen yang tetap tanpa adanya perubahan yang berarti, banyak perusahaan startup yang cenderung masih belajar atau mencoba berbagai sistem-sistem baru yang menyesuaikan dengan karakter dari perusahaan itu sendiri.

Sebab itu, tidak sedikit karyawan yang bekerja di perusahaan startup berkesempatan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mengembangkan sistem dan manajemen perusahaan tersebut. Dan tentu, dari sinilah kamu akan belajar mengenai berbagai hal yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

2. Turut Membangun Kultur

Keuntungan berkarir di startup yang kedua ialah kamu akan diberikan kesempatan dalam membangun kultur. Hal ini, sangat erat kaitannya dengan poin sebelumnya. Seperti yang diketahui bahwa pada umumnya perusahaan startup memiliki lingkungan kerja yang cenderung terbuka.

Tidah hanya itu, perusahaan startup sangat erat kaitannya dengan generasi milenial dan inovatif, sehingga tidak akan membuat kamu terperangkap di dalam kebiasaan rutinitas yang sudah turun temurun. Kamu akan diperbolehkan untuk mengekspresikan diri dengan mengenakan pakaian yang casual dengan jam kerja yang cenderung lebih fleksibel.

3. Memupuk Kreativitas

Keuntungan lain bekerja di startup adalah kamu akan dapat memupuk kreativitasmu. Sebab selain mengerjakan tanggung jawab yang sudah diberikan, kamu juga selalu diminta untuk berkontribusi dalam memberikan berbagai ide-ide kreatif demi tercapainya target perusahaan.

Sehingga diskusi antar tim dan brainstorming bukanlah sesuatu yang asing untukmu, hal tersebut tentu berdampak kepada sikap kamu yang lebih leluasa dalam mengungkapkan ide-ide kreatif yang dapat membantu perusahaan menjadi lebih baik lagi. Hal tersebut juga didukung oleh karateristik perusahaan startup yang terkenal tidak pernah membatasi para karyawan untuk mengungkapkan pendapatnya.

Baca juga :

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Berpikir Kreatif

4 Ide Bisnis Yang Kreatif Dan Unik, Jangan Sia-Siakan Kesempatan!

4. Menciptakan Inovasi

Selain dapat memupuk kreativitas, satu keuntungan berkarir di startup ialah turut andil dalam menciptakan inovasi juga. Hal tersebut belum tentu bisa kamu dapatkan di perusahaan-perusahaan besar. Karena itu, bekerja di startup merupakan opsi yang sangat tepat untuk individu yang memiliki banyak inspirasi dan ide-ide gila. Sebab, seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, startup memiliki kultur perusahaan yang terbuka akan inovasi dan temuan-temuan baru. Sehingga kamu dapat lebih leluasa dalam menciptakan inovasi yang dapat membantu mengembangkan perusahaan.

Selain itu, kultur perusahaan yang terbuka akan membuat kamu sering terlibat di dalam diskusi bersama tim untuk menciptakan inovasi baru, pikiranmu pun akan semakin terbuka mengenai berbagai hal. Oleh karena itu, tidak perlu ragu dalam mengungkapkan ide-ide yang kamu miliki, sebab apapun yang kamu ungkapkan akan diapresiasi oleh perusahaan.

5. Memiliki Banyak Peluang dan Kesempatan

Keuntungan bekerja di startup selanjutnya adalah memiliki banyak peluang dan kesempatan. Umumnya di perusahaan besar, jika kamu masih memiliki pengalaman kerja yang minim, kamu akan ditempatkan di jabatan bawah. Namun berbeda jika kamu bekerja di startup, meskipun kamu masih memiliki pengalaman kerja yang minim, kamu memiliki kesempatan besar untuk menempati posisi atau jabatan penting, selama kamu memiliki keinginan kuat untuk terus belajar dan menambah ilmu.

Sehingga terdapat banyak sekali peluang dan pengalaman yang berharga yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, memiliki peran yang penting di dalam perusahaan akan membuatmu menjadi lebih cepat tumbuh dan berkembang.

6. Setiap Kontribusi akan Diapresiasi

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di startup adalah setiap kontribusi yang kamu lakukan sangat diapresiasi. Seperti yang kita tahu, perusahaan startup merupakan perusahaan yang masih berkembang. Maka setiap ide, inovasi atau pekerjaan yang kamu lakukan dapat memberi dampak pada pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan.

Tentu hal tersebut membuat setiap pekerjaan yang kamu lakukan menjadi lebih bermakna. Selain itu, bekerja di tempat yang selalu memberi apresiasi, tentu akan membuatmu menjadi lebih bersemangat dalam memberikan inovasi-inovasi yang jauh lebih baik lagi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *