Tanggal:16 May 2024
subdomain

Mengenal Subdomain dan Jenis-jenisnya

Subdomain menjadi elemen penting untuk Anda yang ingin membuat website. Keberadaan elemen ini pada website biasanya terletak di bagian depan. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari subdomain? Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Pengertian Subdomain 

Subdomain merupakan bagian dari URL yang terletak sebelum domain utama dan ekstensi dari domain.  Misalnya, pada URL www.vocasia.id. Bagian ‘www’ pada awal URL tersebut termasuk dalam subdomain. Subdomain juga dikenal sebagai Third Level Domain (3LD).

Seiring perkembangannya, subdomain tidak hanya berupa ‘www’ saja, tetapi ada pula yang menambahkan komponen lain. Komponen ini dapat berupa penambahan ‘blog’ untuk menambahkan laman situs web yang berisi trivia atau informasi lain ataupun penambahan ‘store’ untuk menambahkan laman belanja apabila situs web tidak spesifik diperuntukkan untuk menjual produk. 

Fungsi Subdomain 

Subdomain memiliki fungsi yang penting, yaitu untuk mengetahui fungsi dari subdomain. Keberadaan bagian dari domain ini sebenarnya untuk mempermudah pembagian laman situs web menjadi beberapa bagian. Bagian tersebut dapat membantu produktivitas situs web karena masih dalam satu domain yang sama dengan fokus informasi yang berbeda. 

Fungsi lain subdomain adalah untuk menambahkan komponen dalam laman situs web. Adanya fungsi ini akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan dalam pengembangan situs web. 

Baca Juga: Proses Pengembangan Situs Web

Jenis-jenis Pemanfaatan Subdomain 

Dalam pemanfaatannya, subdomain kerap digunakan untuk menambahkan beberapa laman lain, yaitu sebagai berikut 

1. Laman Blog 

Subdomain Blog

Ilsutrasi Subdomain Blog (cr. freepik.com)

Penambahan blog pada website akan menambah intensitas kunjungan dengan adanya halaman berisi trivia, tips dan trik, atau informasi lainnya yang dapat dibagikan pada pengguna. 

2. Laman Store 

Adanya laman store tentu akan memudahkan pemilik website dalam memasarkan produknya. Apalagi jika domain utama tidak mengacu spesifik pada penjualan produk, adanya subdomain store ini akan membantu memaksimalkan penjualan produk. 

3. Laman News 

Biasanya, website yang memanfaatkan laman ini ialah website yang bergerak di bidang sosial. Dalam laman ini, pemilik website akan membagikan berita-berita terkait kegiatan sosial yang telah dilakukan. Meskipun begitu, website lain juga dapat menggunakan laman ini sesuai dengan kebutuhan website itu sendiri. 

4. Laman Events 

Laman ini berfungsi untuk memberikan informasi terkait acara yang pernah dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukan. Keberadaan laman ini juga akan membantu menarik audiens yang mengunjungi website, sehingga dapat meningkatkan intensitas kunjungan pada website. 

Baca juga: 6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik

5. Laman FAQ 

Adanya laman ini akan membantu pengunjung website untuk mengetahui produk atau informasi lengkap mengenai website tersebut. Laman ini pula akan menjadi laman yang menghimpun pertanyaan dan jawaban mengenai website tersebut dari pengunjung lain. 

6. Laman Contact 

Tambahan domain ini akan sangat bermanfaat untuk jaringan komunikasi antara pengguna dan pemilik website. Apalagi jika website yang ditampilkan merupakan website yang merujuk pada penjualan produk. 

7. Laman versi bahasa lain 

Penggunaan laman ini akan berguna untuk menjangkau lebih banyak audiens secara global. Penambahan versi bahasa lain ini misalnya dapat menggunakan id./en.

8. Laman website versi mobile 

Bagian dari domain ini dapat digunakan untuk menyediakan laman situs web dalam versi mobile atau dalam bentuk yang lebih efisien secara terpisah. 

Itu dia informasi yang berkaitan dengan subdomain. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda dapat menambah pengetahuan mengenai pengembangan website agar memiliki jangkauan dan intensitas kunjungan yang lebih luas. 

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan website secara profesional, Anda dapat bergabung kelas Web Design – Membuat Website Menggunakan HTML dan CSS Untuk Pemula bersama vocasia.id. Bukan hanya harganya yang terjangkau, Anda juga akan ditemani dengan pengajar yang kompeten di bidangnya dan dapat diakses seumur hidup. Tunggu apalagi? Ayo bergabung bersama vocasia.id

Baca juga: Pengertian Domain dan Jenis-Jenisnya

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *