Tanggal:06 May 2024

Kuliah Sambil Kerja? Berikut Cara-Cara Membagi Waktunya!

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa pastinya memprioritaskan tugas mereka dengan belajar dalam kehidupannya selama masih dalam status seorang pelajar atau mahasiswa. Tetapi, tidak menutupi mereka untuk mencari pekerjaan atau program magang yang dapat diikuti sembari mereka mengikuti jam kelas pelajaran atau perkuliahan. Tetapi, apakah bisa seseorang untuk membagi waktunya?  

Seiring berjalannya waktu, kamu pastinya harus belajar bagaimana cara untuk mengontrol time management yang baik untuk menyeimbangi kehidupan pribadi dan pekerjaan atau studimu. Maka dari itu, jawabannya pasti bisa untuk seseorang membagi waktunya antara perkuliahan dan pekerjaan. Mau tahu cara-caranya? Yuk kita simak bareng-bareng! 

1. Pintar Membagi Waktu 

Pastinya, kehidupan kamu akan sangat sibuk dan tidak terlalu banyak waktu kosong di luar jam perkuliahan dan pekerjaan kamu. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar mencari waktu kosong walaupun hanya sebentar. Karena kamu akan membutuhkannya untuk istirahat, makan, mandi, dan sebagainya. Kamu juga harus menyeimbangi waktu kuliah dan kerja agar tidak bentrok ya!

2. Komunikasikan Dengan Atasan 

Selanjutnya, kamu harus bisa mengatasi situasi jika bentrok dan komunikasikan dengan atasanmu. Jangan sampai, kamu tidak memberi tahu apa yang sedang kamu alami kepada atasan ya. Karena sangat penting bagi kamu dan atasan untuk menyelesaikan masalah yang dapat diatasi dengan bersama. Jika komunikasi terus berjalan lancar, pastinya kamu tidak akan mengalami kesulitan.

3. Pilih Bidang Pekerjaan Yang Sama Dengan Studimu 

Memilih pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan mata kuliahmu juga sangat penting. Hal ini dilakukan agar kamu masih mengerjakan hal yang kamu pelajari dan kamu minati, dan pastinya kamu merasakan pekerjaan di dunia yang sudah kamu pilih. Di akhir nanti, kamu pasti mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman dari pekerjaan kamu yang sama dengan studimu.

4. Banyak-Banyak Istirahat 

Seperti yang sudah disebutkan di poin awal, waktu kamu akan sangat banyak digunakan setiap harinya. Untuk perkuliahan dan pekerjaan. Tetapi, jangan sampai kamu lupa untuk istirahat ya! Karena kamu harus banyak-banyak istirahat setelah menguras energi dan pikiran untuk kuliah dan kerja secara bersamaan.

5. Jangan Sampai Gagal Mata Kuliah 

Dan yang terakhir, jangan sampai pekerjaan kamu membuat perkuliahanmu berantakan! Sampai-sampai, kamu banyak gagal mata kuliah. Hal ini sangat amat harus dihindari, karena kamu juga tidak bisa melupakan kewajiban kamu sebagai mahasiswa. Pastikan, kamu harus pintar-pintar menerapkan pembagian waktu yang benar ya!

Kalau kamu yang sudah kerja sambil kuliah, jangan lupa terus terapkan cara-cara di atas ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *