Tanggal:22 June 2024

6 Makanan Khas Jawa Timur!

Kuliner makanan Indonesia memiliki banyak sekali varian dan beragam-ragam kuliner dari setiap daerah. Makanan khas dari setiap daerah contohnya, hampir dari setiap daerah memiliki makanan dan minuman khasnya yang dapat menggambarkan daerah tersebut. Tetapi, banyak sekali makanan yang terdapat di daerah-daerah yang berbeda. Contohnya seperti soto, martabak, sate, dan masih banyak lagi.

Kali ini, kita akan membahas makanan-makanan khas Jawa Timur! Jawa Timur sendiri memiliki kota-kota yang banyak akan kuliner seperti kota Surabaya, Malang, Madiun, Kediri, dan masih banyak lagi! Makanan Khas Jawa Timur memiliki banyak sekali varian dari rujak, rawon dan lain-lain. Kalau kamu pernah ke Surabaya, kuliner apa saja nih yang pernah kamu cobain? Yuk kita cek ada kuliner apa saja di Jawa Timur!

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur. Photo: Majalah Bali

Kamu sudah pernah mencicipi masakan kuliner yang satu ini belum? Pasti penasaran kan kenapa dinamakan Rujak Cingur? Konon, makanan khas kuliner asal Jawa Timur ini dinamakan seperti itu karena cingur memiliki makna mulut, dan mulut mengarah kepada moncong sapi yang telah direbus dan dibersihkan. Jadi itulah istilah mengapa Rujak Cingur dinamakan seperti itu, gapapa ya kita belajar sejarah dan istilah dari kuliner yang satu ini! Lalu, apa saja sih yang ada di dalam makanan ini? Rujak Cingur berisikan sayuran, cingur (moncong sapi), dan bumbu kacang yang membuat kuliner ini sangat unik dengan khas kota Surabaya banget! Yuk cobain!

2. Pecel Madiun

Pecel Madiun
Pecel Madiun. Photo: Sajian Sedap

Dari namanya sendiri, makanan kuliner yang satu ini berasal dari kota Madiun! Bagi kamu yang berasal dari Madiun pastinya sudah tidak asing lagi dengan Pecel Madiun yang super lezat. Walaupun pecel sendiri terdapat di banyak daerah di seluruh Indonesia, pecel yang satu ini sangat berbeda dari pecel-pecel lainnya lho. Sedikit sejarah dari hidangan ini, istilah pecel sendiri pertama kali dicetuskan oleh Ki Gede Pamanahan yang sedang bertemu dengan Sunan Kalijaga. Konon, Ki Gede Pamanahan sedang menghidangkan sebuah nasi serta sayuran dan lauk pauk lainnya. Lalu, munculah istilah pecel! Di dalam Pecel Madiun sendiri, terdapat berbagai macam varian makanan dan lauk yaitu satu pincuk nasi pecel, sayuran hijau, toge, petai cina, daun kemangi, serundeng, dan sambal pecel khas Madiun! Duh enak banget kayaknya ya, kamu sudah coba belum?

Baca Juga | Wisata Petik Buah di Indonesia

Baca Juga | Daftar Toko Roti di Semarang

3. Rawon

Makanan-makanan kuah asal Indonesia sudah tidak usah diragukan kelezatannya. Mulai dari soto ayam, bakso, sayur lodeh, sayur asem, dan terutama hidangan yang super enak dengan daging yang bikin nagih di dalamnya, Rawon! Makanan kuliner yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki kuah yang hitam dan berisikan daging sapi yang pastinya sangat enak untuk disantap. Bahan-bahan dasar dari Rawon ini adalah daun jeruk, serai, cabai, dan jahe. Kamu dapat menyajikannya dengan nasi, jeruk nipis, telur asin, sambal, dan juga kerupuk. Makan Rawon yuk!

4. Bakso Malang

Bakso Malang
Bakso Malang. Photo: Bobo Grid ID

Setelah tadi kita sudah membahas makanan kuah yang super enak, kuliner khas Jawa Timur berikutnya ini juga tidak mau kalah enaknya dengan Rawon. Bakso Malang yang sudah sangat populer tentunya di kota Malang, ternyata merupakan salah satu makanan yang sangat diminati oleh masyarakat di seluruh pulau Jawa. Bakso Malang sendiri sudah banyak kali yang menjualnya, dari Restoran, warung, gerobak kaki lima, hingga para penjual yang berada di motor agar dapat berpindah-pindah tempat dengan mudah. Kamu sudah coba Bakso Malang belum?

Baca Juga | Manfaat Antioksidan Bagi Tubuhmu

Baca Juga | Makanan Ini Harus Dihindari Saat Membentuk Otot

5. Soto Lamongan

Soto Lamongan
Soto Lamongan. Photo: Berita Baik

Masyarakat Lamongan pastinya sangat bangga dengan kuliner yang satu ini. Soto Lamongan yang berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur ini pastinya unik dan berbeda dari soto-soto lainnya. Apa yang membuat Soto Lamongan berbeda? Soto ini memiliki khas yang berbeda, yaitu dengan serbuk kerupuk udang yang terdapat di hidangan khas Lamongan ini. Setelah kamu taburkan serbuk tersebut, konon rasa dari hidangan ini menjadi gurih, rasanya jadi Soto Lamongan banget deh, ciri khas!

6. Sego Tempong

Sego Tempong
Sego Tempong. Photo: Traveloka

Hidangan terakhir khas Jawa Timur ini berasal dari kota Banyuwangi! Istilah dari hidangan ini banyak sekali, tetapi populernya kamu bisa memanggilnya Nasi Tempong atau Sego Tempong. Jadi apa saja sih yang ada dalam hidangan asal Banyuwangi ini? Sego Tempong adalah kumpulan sayuran yang sudah direbus (bayam, daun kemangi, kenikir) lalu tahu, tempe, bakwan, dan ikan jambal goreng tepung. Lalu, nasi ini akan disiram dengan sambal kacang. Duh jadi pengen ngak sih? Yuk kita beli Sego Tempong!

Jadi, kuliner khas Jawa Timur mana yang akan kamu coba?

Baca Juga | 10 Makanan Khas Surabaya, Enak!

Baca Juga | Tips Kerja Sambil Liburan

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *