Tanggal:27 April 2024

Sudah Tahu? 15 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan!

Kebanyakan tanaman memiliki sejuta manfaat masing-masing, salah satunya daun sirih. Apa kamu di rumah memiliki tanaman daun sirih? Sangat baik, lho, menanam daun sirih di rumah! Sirih (Piper betle L.) adalah tanaman merambat yang berasal dari Asia Tenggara. Sejak jaman dulu, sudah banyak orang mengetahui bahwa daun sirih digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Selain memiliki manfaat yang beragam, daun siri mengandung protein, lodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Ada dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai, yakni daun sirih hijau dan sirih merah. Keduanya sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini, mudah dibudidayakan dan tumbuh dengan cara merambat. Famili piperaceae ini dikenal bisa beradaptasi di lingkungan pantai hingga tanah pegunungan di atas 3.000 meter.

Sekitar 85 – 90% daun sirih terdiri dari air. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4 – 1% lemak. Daun sirih memiliki banyak jenis, yaitu sirih hijau, sirih merah, sirih gading, sirih perak, sirih bulu, sirih Irian, dan sirih hitam. Namun, sirih merah dan sirih hijau paling banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman hias sekaligus obat herbal. Lalu apa saja manfaat dari daun sirih? Simak selengkapnya!

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih dipercaya memiliki banyak manfaat untuk proses metabolisme tubuh. Selain itu, daun sirih memiliki peran penting bagi kesehatan, di antarannya:

1. Membantu Penyembuhan Luka

Daun sirih terutama yang berjenis merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini berperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.

Kandungan protein pada daun sirih, membantu proses penyembuhan luka. Daun sirih juga berkhasiat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sehingga menyebabkan luka khususnya pada luka bakar cepat mengering.

Baca Juga: Manfaat jahe merah!

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita.

Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu mencegah diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima. Bahkan minyak daun sirih juga bisa digunakan oleh penderita diabetes. Daun sirih kaya antioksidan yang melawan stres oksidatif pada pasien diabetes. Hal ini mengurangi kadar glukosa darah sehingga dengan demikian bertindak sebagai agen antidiabetes.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut 

Manfaat daun sirih lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mulut dan merawat gigi. Sifat antimikroba pada daun sirih, membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di mulut. Oleh karena itu, sejak dulu daun sirih sudah digunakan untuk menjaga gigi. Orang tua saat itu memakainya dengan cara mengunyah daun sirih. Daun sirih melindungi gigi dari karies dengan menghambat asam yang dihasilkan bakteri saliva saat tubuh mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula.

4. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Kandungan fenol dan flavonoid di dalam sirih ini mampu mencegah risiko infeksi. Bahkan daun tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus. Daun sirih diyakini berkhasiat untuk mengurangi penyakit yang disebabkan bakteri seperti E.coli, S.aureus, dan P aeruginosa. Hal ini karena daun sirih kaya akan kandungan antimikroba.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang mengandung berbagai khasiat, seperti antibakteri, antimutagenik, antioksidan, dan antiproliferatif. Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Kemudian daun sirih membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini penting dalam mencegah kanker.

6. Membantu Mencegah Kolesterol

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Daun sirih juga diyakini berpotensi mengurangi jumlah lemak total dalam darah. Khasiat ini menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan lemak jahat dalam tubuh. Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

7. Membantu Mengobati Jerawat di Area Wajah

Tersumbatnya pori-pori akibat produksi minyak berlebihan adalah pemicu utama jerawat di wajah. Nah, air rebusan daun sirih bisa menjadi solusi atas permasalahan jerawat kamu. Caranya dengan membasuh muka menggunakan air rebusan sirih. Kandungan tanin, flavonoid, dan saponin dalam tanaman ini bersifat antibakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat.

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri pada daun sirih dipercaya membantu mencegah timbulnya jerawat. Komposisi daun sirih yang dikombinasikan dengan kunyit untuk masker wajah dipercaya bisa menghilangkan komedo, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan pH kulit.

8. Manfaat Untuk Area Kewanitaan

Penelitian dalam Journal of Vocational Health Studies (2022) mengamati efektivitas rebusan daun sirih merah untuk mengurangi fluor albus, yaitu cairan berlebih pada vagina. Riset menggunakan sampel 20 remaja putri untuk membersihkan vagina menggunakan rebusan daun sirih merah. Hasil penelitian ini menunjukkan rebusan daun ini berpotensi mengurangi keputihan.

Sifat antibakteri dalam daun ini mampu mencegah bacterial vaginosis yang menyebabkan gatal-gatal di area kewanitaan. Untuk membasmi bakteri tersebut, basuh bagian luar vagina menggunakan rebusan sirih. Namun, hindari menggunakan rebusan sirih dalam jangka panjang karena dapat mengubah pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, periksakan diri ke dokter.

9. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui berpotensi membantu meningkatkan produksi lendir usus dan lambung. Lendir ini dapat mencegah luka pada dinding usus dan lambung. Maka dari itu, daun sirih membantu mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD. Daun ini juga melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Khasiat lain daun sirih juga menetralkan kembali pH lambung, sehingga meredakan maag, asam lambung baik, dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

Baca Juga: Obat asam larut alami!

10. Mengobati Gejala Batuk

Tak banyak yang tahu kalau daun ini juga bisa mengatasi batuk dan hidung mampet. Untuk mengatasi gejala flu tersebut, sirih perlu direndam dalam minyak, dihangatkan, lalu dioleskan ke dada. Air rebusan sirih yang dicampur madu juga efektif mengatasi batuk berdahak. Daun sirih membantu meredakan sesak dada dan batuk serta pilek karena memiliki sifat antibiotik. Senyawa pada daun sirih juga membantu mengurangi peradangan yang disebabkan batuk.

11. Membantu Melindungi Tukak Lambung

Dalam pengobatan tradisional kuno, daun sirih digunakan sebagai salah satu obat tukak lambung. Daun sirih dipercaya berkhasiat untuk menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (yang melindungi lambung dari penyebab maag), dan mengurangi sekresi asam lambung. Fitokimia dan polifenol pada daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiulserogenik. Keduanya melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi.

Baca Juga: Manfaat jagung untuk tubuh!

12. Membantu Mencegah Malaria

Daun sirih pada zaman dahulu di pedesaan Malaysia telah digunakan sebagai obat antimalaria. Kandungan flavonoid pada daun sirih dikenal sebagai bahan antiparasit yang bisa memerangi malaria.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun sirih membantu proses penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh untuk mengurangi lemak tubuh.

14. Obat Radang Prostat

Daun sirih merah bisa kamu jadikan pengobatan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol. Hydroxychavicol diyakini bisa memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa. Tetap konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan daun sirih sebagai pengobatan alternatif pada radang prostat, ya.

15. Membantu Mencegah Asma

Kandungan antihistamin dan antiinflamasi pada daun sirih membantu aliran udara melalui bronkitis tidak terganggu. Dengan demikian kemungkinan serangan asma bisa berkurang. 

Itu tadi manfaat daun sirih bagi kesehatan. Penting untuk memperhatikan aturan konsumsi daun sirih untuk tujuan pengobatan dan tetap konsultasikan ke dokter atau ahli, ya. Semoga bermanfaat!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *