Tanggal:02 May 2024

Yuk Ketahui Manfaat Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja. Manfaat kartu prakerja ini bisa dijadikan sebagai sarana melatih keterampilan seseorang sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Di samping itu, program kartu prakerja yang digagas oleh Presiden Joko Widodo ini juga bisa membantu banyak orang khususnya yang terdampak pandemi Covid-19, di mana banyak perusahaan melakukan pengurangan karyawan dan dampaknya adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Sebelum kami uraikan lebih lanjut mengenai manfaat-manfaat dari kartu prakerja, yuk ketahui dulu apa yang dimaksud kartu prakerja itu. Simak di bawah ini, ya!

Baca juga: Cara Bikin Kartu Pra Kerja

Apa itu Kartu Prakerja?

Apa Itu Kartu Prakerja? Sumber: laluahmad.com

Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah ataupun kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Awalnya, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun untuk merespon COVID-19, program ini pun diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Tak hanya itu, orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja. Namun, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

Tujuan yang paling utama pemerintah membuat, atau meluncurkan kartu prakerja ini tentunya untuk mengentaskan masalah pengangguran yang sedang terjadi di tanah air. Sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan membuka roda kewirausahaan.

Baca juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja

Manfaat Kartu Prakerja

Manfaat Kartu Prakerja. Sumber: etindonesia.com

Banyak sekali yang bisa kamu dapatkan apabila mengikuti program kartu prakerja yang digagas oleh pemerintah ini. Nah, supaya tidak bertanya-tanya lagi mengenai manfaat kartu prakerja, berikut kami uraikan manfaat-manfaatnya. Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Mendapat Insentif Bulanan

Setelah mendaftar dan lolos sebagai penerima program Kartu Prakerja, kamu akan menerima bantuan dana sebesar Rp3.550.000. Dari total dana tersebut, sebanyak 1 juta nya tidak dapat diuangkan. Karena digunakan untuk membeli kelas pelatihan dari lembaga-lembaga pelatihan yang menjadi mitra Kartu Prakerja.

Sedangkan, sisanya sebesar Rp2.400.000 bisa diuangkan dan akan dikirimkan sebesar Rp600.000 setiap bulannya selama 4 bulan. Dan jika kamu mengisi survei sebanyak 3 kali, kamu akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp150.000. Insentif ini akan dikirimkan ketika kamu sudah selesai mengikuti pelatihan. Jika tidak mengikuti pelatihan, maka tanda kepesertaanmu akan hangus dan dana tersebut akan dikembalikan ke kas negara.

2. Menambah dan Meningkatkan Keterampilan

Dengan menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu punya kesempatan untuk ikut program pelatihan dari mitra Kartu Prakerja. Kamu bisa mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah kamu miliki agar lebih mantap lagi.

Ini sangat bermanfaat bagi kamu yang terkena dampak PHK, fresh graduate, atau pelaku bisnis yang mengalami collapse akibat pandemi. Dengan mengikuti pelatihan, kamu bisa mempersiapkan diri untuk menjemput peluang kerja atau bisnis baru.

Kalau kamu pelaku bisnis, kamu juga bisa belajar strategi bisnis baru melalui program pelatihan ini. Karena, Kartu Prakerja bekerja sama dengan 165 lembaga pelatihan yang di dalamnya terdapat 1700 program pelatihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

3. Mendapatkan Potongan Biaya Pelatihan

Melalui program Kartu Prakerja, pemerintah akan menanggung biaya pelatihan sebesar 1 juta untuk 1 orang sesuai jumlah kuota yang diberikan. Jadi, kamu bisa ikut pelatihan berbayar secara gratis karena biayanya dibayarkan oleh pemerintah.

Tidak hanya itu, biasanya, lembaga yang menjadi mitra Kartu Prakerja akan memberikan diskon khusus bagi penerima program ini.

Baca juga: 6 Kursus Online Gratis untuk Menunjang Keahlian Kamu!

4. Meningkatkan Nilai Tambah Bagi Penerima Program

Setelah menyelesaikan pelatihan, pasti kamu akan mendapatkan ilmu atau keterampilan baru. Lewat program pelatihan ini juga, kamu akan menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa jadi bukti kalau kamu punya keterampilan tertentu. Bisa dicantumkan di LinkedIn atau di CV. Pasti akan menambah nilai kamu di mata perekrut.

5. Membuka Peluang Mendapatkan Informasi Lintas Keterampilan

Dengan memiliki Kartu Prakerja kamu akan diberikan akses seluas-luasnya untuk memilih sendiri kelas pelatihan mana yang akan kamu ambil. Sehingga, kamu bisa mendapatkan informasi meski lintas keterampilan.

6. Mengetahui Kondisi Pekerjaan Profesional Secara Nyata

Supaya tidak kaget saat membuka usaha atau meniti karir, tentu kamu perlu tahu terlebih dahulu kondisi aslinya di lapangan. Untuk itu, mengikuti kelas-kelas pelatihan sangat disarankan.

Sehingga ketika pada akhirnya mencemplungkan diri ke dunia profesional, kamu tidak merasa kaget dengan tantangan-tantangan yang ada. Kamu sudah membawa bekal dan persiapan ke dalam medan perang.

Baca juga: Apa Itu Inisiatif? Kemampuan Dalam Dunia Kerja Yang Dapat Mendukung Diri Kita!

Itulah manfaat kartu prakerja yang akan kamu peroleh apabila kamu mendaftarkan diri pada program tersebut. Menarik bukan? Bisa ikut pelatihan gratis, menambah keterampilan baru, dapat uang saku pula.

Gimana, sudah tidak ragu lagi untuk daftar programnya dong? Kamu bisa mendaftarkan diri melalui laman prakerja.go.id, dan ikuti langkah-langkahnya. Nah, kalau untuk upgrade skill-mu, kamu bisa mengikuti beragam pilihan kursus online di vocasia.id ya!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *