Tanggal:13 May 2024
ilustrasi wawancara kerja (pixabay.com/geralt)

Contoh Body Email Lamaran Kerja

Di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, kamu tidak harus datang ke kantor untuk melamar kerja. Banyak perusahaan yang melakukan proses perekrutan pegawai hanya melalui email. Maka dari itu tata cara penulisan email yang baik wajib kamu perhatikan agar pihak perusahaan tertarik untuk memperkerjakan kamu.

Pada dasarnya, email yang baik berisikan subjek email dan body email yang jelas. Subjek email merupakan judul dari email yang dikirim sedangkan body email adalah isi dari email yang dikirim. Tidak hanya judul email yang sesuai, kamu juga harus memperhatikan isi atau body email dengan susunan yang baik.

Ciri-ciri email yang disukai oleh HRD perusahaan adalah email yang bersifat singkat padat dan jelas. Buat kamu yang saat ini ingin melamar kerja, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahasa bagaimana membuat body email untuk lamaran kerja beserta contohnya.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan berikut ini!

promosi melalui email - @rawpixel.com

ilustrasi menulis email – @rawpixel.com

Tips menulis body email lamaran kerja

1. Bagian pembuka

Pastikan kamu sudah membuat pembuka pada email. Bagian pembuka email lamaran kerja biasanya berisikan alamat email tujuan, nama kamu serta posisi yang kamu lamar.

2. Isi email

Usahakan email tidak lebih dari 3 paragraf, dimana 3 paragraf tersebut berisikan:

  • Paragraf pertama – Ucapkan terima kasih kepada pihak rekruter karena sudah menyempatkan waktunya membaca emailmu, tulis nama dan tujuan kamu mengirim email, jelaskan latar belakang pendidikan, tulis posisi yang kamu lamar dan jangan lupa tulis darimana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan tersebut.
  • Paragraf kedua – Jabarkan alasan kamu melamar di posisi dan perusahaan tersebut dan promosikan dirimu dengan baik agar pihak HRD tertarik dengan kamu tetapi dengan cara yang tidak berlebihan.
  • Paragraf ketika – Ucapkan terima kasih dan sebutkan dokumen atau berkas apa saja yang sudah kamu siapkan dan kirim kepada pihak rekruter.

3. Bagian penutup

Ucapkan pesan penutup seperti “hormat saya” dan lain sebagainya disertai dengan nama lengkap kamu di bagian bawah.

Contoh body email lamaran kerja sederhana

Contoh body email lamaran kerja - @99.co

Contoh body email lamaran kerja – @99.co

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *