Tanggal:05 May 2024
Gamelab.id

Mengenal Apa Itu Software Testing

Software Testing adalah metode untuk memeriksa apakah produk perangkat lunak yang sebenarnya sesuai dengan persyaratan yang diharapkan dan untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak bebas Cacat. Ini melibatkan eksekusi komponen perangkat lunak/sistem menggunakan alat manual atau otomatis untuk mengevaluasi satu atau lebih properti yang diinginkan. Tujuan pengujian perangkat lunak adalah untuk mengidentifikasi kesalahan, kesenjangan, atau persyaratan yang hilang dibandingkan dengan persyaratan sebenarnya.

Beberapa lebih suka mengatakan definisi pengujian Perangkat Lunak sebagai Pengujian Kotak Putih dan Kotak Hitam. Secara sederhana, Pengujian Perangkat Lunak berarti Verifikasi Aplikasi yang Diuji (AUT). Kursus Pengujian Perangkat Lunak ini memperkenalkan perangkat lunak pengujian kepada audiens dan membenarkan pentingnya pengujian perangkat lunak.

Pentingnya Software Testing

Sudah umum bagi banyak startup untuk melewatkan pengujian. Mereka mungkin mengatakan bahwa anggaran mereka adalah alasan mengapa mereka mengabaikan langkah yang begitu penting. Mereka pikir itu tidak akan menyebabkan konsekuensi besar. Tetapi untuk membuat kesan pertama yang kuat dan positif, itu harus yang terbaik. Dan untuk itu, menguji produk untuk bug adalah suatu keharusan.

Demikian pula, organisasi yang mapan perlu mempertahankan basis klien dan kesan mereka. Jadi mereka harus memastikan pengiriman produk tanpa cacat ke pengguna akhir. Mari kita lihat beberapa poin dan lihat mengapa pengujian perangkat lunak sangat penting untuk pengembangan perangkat lunak yang baik.

Tingkatkan Kualitas Produk

Perusahaan dapat memberikan nilai kepada pelanggan mereka hanya jika produk yang dikirimkan ideal. Dan untuk mencapai itu, organisasi harus memastikan bahwa pengguna tidak menghadapi masalah apa pun saat menggunakan produk mereka. Cara yang sangat mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat produk Anda bebas bug.

Organisasi harus fokus pada pengujian aplikasi dan memperbaiki bug yang diungkapkan pengujian sebelum merilis produk. Ketika tim menyelesaikan masalah sebelum produk mencapai pelanggan, kualitas kiriman meningkat.

Tingkatkan Keamanan

Ketika pelanggan menggunakan produk, mereka terikat untuk mengungkapkan semacam informasi pribadi. Untuk mencegah peretas mendapatkan data ini, pengujian keamanan adalah suatu keharusan sebelum perangkat lunak dirilis. Ketika sebuah organisasi mengikuti proses pengujian yang tepat, itu memastikan produk yang aman yang pada gilirannya membuat pelanggan merasa aman saat menggunakan produk.

Bagian lain dari keamanan tidak kehilangan data Anda. Saat ini sudah umum bagi orang untuk menyimpan data di penyimpanan cloud. Anda juga mungkin menyimpan foto dan file di iCloud atau Google drive.

Bagaimana jika terjadi kesalahan dan Anda kehilangan semua data Anda? Keamanan suatu produk tidak hanya melindungi informasi dari peretas, tetapi juga memastikan tidak hilang atau rusak.

Deteksi Kompatibilitas Dengan Berbagai Perangkat dan Platform

Hari-hari berlalu ketika pelanggan bekerja secara eksklusif di desktop yang besar dan kuat. Di era mobile-first, menguji kompatibilitas perangkat produk adalah suatu keharusan.

Misalnya, katakanlah organisasi Anda mengembangkan situs web. Penguji harus memeriksa apakah situs web berjalan pada resolusi perangkat yang berbeda. Selain itu, itu juga harus berjalan di browser yang berbeda.

Alasan lain mengapa pengujian semakin penting adalah opsi browser yang terus meningkat. Apa yang berfungsi dengan baik di Chrome mungkin tidak berjalan dengan baik di Safari atau Internet Explorer. Hal ini menimbulkan kebutuhan untuk pengujian lintas-browser, termasuk memeriksa kompatibilitas aplikasi pada browser yang berbeda.

Dalam setiap kasus, memvalidasi persyaratan dasar adalah penilaian kritis. Sama pentingnya, pengujian eksplorasi membantu penguji atau tim pengujian mengungkap skenario dan situasi yang sulit diprediksi yang dapat menyebabkan kesalahan perangkat lunak.

Bahkan aplikasi sederhana pun dapat dikenakan sejumlah besar dan berbagai tes. Rencana manajemen pengujian membantu memprioritaskan jenis pengujian mana yang memberikan nilai paling banyak – dengan mempertimbangkan waktu dan sumber daya yang tersedia. Efektivitas pengujian dioptimalkan dengan menjalankan jumlah pengujian paling sedikit untuk menemukan jumlah cacat terbesar.

Strategi Pengujian dalam Perangkat Lunak Engineering

Berikut adalah strategi penting dalam perangkat lunak engineering:

Pengujian Unit: Pendekatan dasar pengujian perangkat lunak ini diikuti oleh programmer untuk menguji unit program. Ini membantu pengembang untuk mengetahui apakah masing-masing unit kode berfungsi dengan baik atau tidak.

Pengujian integrasi: Ini berfokus pada konstruksi dan desain perangkat lunak. Anda perlu melihat bahwa unit terintegrasi bekerja tanpa kesalahan atau tidak.

Pengujian sistem: Dalam metode ini, perangkat lunak Anda dikompilasi secara keseluruhan dan kemudian diuji secara keseluruhan. Strategi pengujian ini antara lain memeriksa fungsionalitas, keamanan, portabilitas.

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *