Tanggal:30 May 2024
notion adalah

Mengenal Aplikasi Notion dan Kegunaannya

Pada dasarnya manusia sangat menyukai hal-hal yang bersifat praktis. Tidak heran teknologi digital berkembang begitu pesat sebab begitu banyak manusia yang menggantungkan hidupnya pada hal-hal praktis, seperti internet. Kita tidak bisa pura-pura tidak melihat fakta di depan mata bahwa internet sudah bagaikan kebutuhan pokok masyarakat di era digital. Banyak hal yang bisa kita lakukan saat duduk manis berkawan dengan jaringan internet. Misalkan, berkomunikasi jarang jauh, berbisnis online, belajar, dan masih banyak lagi.

Banyak orang berpandangan bahwa internet dapat meningkatkan produktivitas kerja. Bayangkan saja, untuk bekerja bersama tim sekarang kita sudah tidak perlu menghabiskan waktu untuk mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Cukup dengan mengatur waktu pertemuan dan segala macam diskusi tim dapat dilakukan dari manapun. Begitulah tujuan terciptanya teknologi yang sesungguhnya, yakni meringankan beban pekerjaan manusia.

Berbicara tentang kemudahan dalam bekerja, semua orang pasti membutuhkan sebuah platform yang cocok digunakan untuk aktivitas personal maupun tim. Bisa berkolaborasi secara bersamaan dalam satu dokumen kerja adalah kebutuhan dasar sebuah tim. Notion adalah salah satu aplikasi yang menyediakan kemudahan tersebut.

Apa itu Notion?

Notion adalah all-in-one workspace untuk catatan dan pekerjaan di bidang tech industry. Sederhananya, Notion adalah aplikasi untuk membuat notes atau catatan dengan tampilan yang sederhana. Aplikasi ini digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan komunikasi, didukung dengan adanya fitur-fitur yang memungkinkan kolaborasi dengan pengguna lain. Tampilannya yang sederhana akan memudahkan setiap pengguna untuk mengoperasikannya.

Baca juga: 7 Aplikasi WFH yang Wajib Kamu Miliki

Fitur-fitur Notion

1. Membuat Notes atau Catatan

Daya tarik utama aplikasi ini adalah fitur pembuatan catatan yang lengkap. Tidak hanya catatan berupa teks biasa, di Notion kamu juga bisa membuat list, menambahkan gambar, video, hingga format kode untuk pekerjaan. Komponen-komponen tersebut tentu saja akan memudahkan pengguna dan tim untuk merencanakan atau mengerjakan sesuatu.

2. Task dan Project

Pada dasarnya, Notion adalah aplikasi yang ditujukan untuk melakukan kolaborasi. Fitur yang disediakan Notion dapat memberikan task atau menambahkan project yang sedang dikerjakan.

3. Template

Apabila kamu sering melakukan penugasan dan format catatan berulang, menggunakan template adalah cara kerja yang lebih praktis. Dengan menggunakan template pengguna akan lebih mudah menambahkan catatan dengan format tertentu. Template juga berguna untuk menyeragamkan format pekerjaan tim. Anggota tim hanya perlu memasukan catatan dan tidak perlu berkreasi setiap saat.

4. Multiple View

Tampilan dasar Notion adalah kanban board yang lazim digunakan untuk mempermudah project management. Meskipun tampilannya sederhana dan relatif mudah dioperasikan, masih ada pengguna yang merasa kurang nyaman. Oleh kerena itu, ada pilihan untuk mengganti tampilannya menjadi to-do list. Dengan tampilan ini pengguna akan lebih mudah melihat macam task, project, dan catatan yang telah dibuat.

5. Integrasi

Notion memiliki fitur yang dapat mengintegrasikan aplikasi ini dengan akun Email, Google Calendar, hingga Typeform. Demi kepentingan produktivitas tentu saja fitur ini tidak boleh terlupakan.

Baca juga: Aplikasi Control Panel Hosting Terpopuler

Manfaat Notion

1. All-in-one Workspace 

Notion disebut sebagai aplikasi ramah kolaborasi. Sesuai dengan jargon Notion, yaitu all-in-one workspace. Untuk versi gratis, pengguna tidak bisa memberikan akses kepada pengguna lain untuk melakukan perubahan workspace tetapi masih dapat melihat atau mengoreksi catatan. Sedangkan, versi subscribe, pengguna lain dapat memiliki akses untuk mengubah workspace, menulis, sampai menggeser block-block.

2. Membuat Project Management, Gampang!

Salah satu fitur aplikasi Notion yang paling diburu oleh para pelaku tech industry adalah kemampuan project management-nya. Kamu bisa membuat block atau kotak yang ditempatkan sesuai keinginan dan diisi dengan catatan atau judul.

3. Templates Melimpah

Notion punya seabrek templates untuk memudahkan pengguna bekerja. Saat pertama kali mencoba Notion kamu akan ditawari beberapa templates yang bisa langsung kamu coba secara gratis. Kamu bisa memilih templates sesuai dengan selera dan kebutuhan pekerjaan.

4. Fleksibel

Saat membuka halaman Notion, kamu akan bertemu dengan lembaran putih. Kamu bisa menggunakan ruang putih ini untuk membuat apapun. Mulai dari membuat proyek, catatan harian, catatan kerja, to-do list, dan masih banyak lagi. Kamu bisa berkreasi di Notion dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan jaringan internet.

5. Mengerjakan To-do List Jadi Semakin Semangat!

To-do list adalah salah satu fitur basic Notion. Tampilannya yang minimalis benar-benar bikin semangat untuk mengerjakan to-do list! Cocok banget untuk para developer yang dikejar-kejar deadline atau freelancer yang memiliki banyak klien supaya tetap on track.

6. All in One Note

Manfaat aplikasi Notion yang satu ini bisa kamu maksimalkan dengan menggunakan fitur page in pages. Kamu bisa memasukkan link notes lain di dalam satu notes khusus. Jadi, kamu tidak perlu membuka banyak catatan di aplikasi berbeda.

7. Pekerjaan Menjadi Lebih Tertata

Dengan fitur-fitur yang disajikan Notion, sudah tidak diragukan lagi dapat membantu kamu menata seabrek catatan dengan mudah dan dalam waktu singkat. Catatan tertata rapi maka pekerjaan kamu juga akan lebih terstruktur.

Baca juga: 6 Aplikasi untuk Belajar Desain, Gampang Banget!

Kekurangan Aplikasi Notion

Tidak ada gading yang tidak retak. Walaupun muncul dengan segala kemudahan yang ditawarkan, Notion juga masih memiliki kekurangan.

  • Proses navigasi yang cukup rumit sehingga pengguna harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk sekadar mencari tools atau fitur tertentu.
  • Tidak ada fitur Gantt Chart dan menambah komentar untuk task atau project tertentu.
  • Meskipun aplikasi yang mendukung kolaborasi kerja, Notion hanya dapat digunakan untuk tim kecil.
  • Dibandingkan dengan aplikasi serupa, misalkan Slack dan Asana, Notion tidak dapat digunakan untuk pengguna berskala besar, seperti perusahaan.

Nah, demikianlah informasi singkat mengenai aplikasi Notion yang dapat menjadi inspirasi kamu dalam meningkatkan produktivitas. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pastikan kamu mengetahui betul kebutuhan aktivitasmu. Walaupun masih memiliki sejumlah kekurangan, Notion punya manfaat yang sangat dibutuhkan pekerja masa kini, salah satunya adalah menjadikan jadwal lebih tertata. Apabila kamu tipe orang yang mengalami kesulitan untuk mengikuti jadwal kerja secara konsisten, aplikasi ini dapat menolong kamu. Daftar Notion disini.

Dapatkan tips dan trik menarik tentang cara membuat jadwal kerja terstruktur hanya di Vocasia. Didampingi oleh instruktur profesional yang siap berbagi ilmu untuk meningkatkan produktivitasmu. Menarik bukan? Kunjungi kursusnya sekarang.

Baca juga: 8 Contoh Aplikasi Pengolah Gambar

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *