Tanggal:15 May 2024
cara melihat insight instagram

Cara Melihat Insight Instagram Post Dan Story, Yuk Coba!

Dewasa ini, kegiatan bisnis sering kali menggunakan media sosial. Selain kegiatan jual beli, media sosial juga digunakan oleh para pebisnis untuk melihat tren dan kondisi pasar. Seperti halnya salah satu fitur Instagram bernama Insight. Insight adalah fitur yang tersedia dalam Instagram dengan mode bisnis. 

Melalui insight, pegiat bisnis dengan mudah mendapat informasi mengenai aktivitas, interaksi, dan konten yang diminati oleh para penggunanya. Melalui hal tersebut, hasil analisis kondisi pasar dapat dengan mudah diimplementasikan pada bisnis yang sedang dijalankan.

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai Insight Instagram meliputi fitur, cara melihat insight Instagram, dan penggunaannya. Jika kamu penasaran, simak hingga tuntas artikel di bawah ini.

Baca juga | 7 Tips Pemasaran Digital untuk Bisnis Kecil

Apa itu Insight Instagram?

Insight Instagram adalah fitur yang memunculkan rangkuman mengenai aktivitas akun berupa kumpulan data. Data-data yang muncul dalam Insight adalah data mengenai interaksi, konten, dan pengikut.

Data interaksi yang dikumpulkan meliputi, jumlah kunjungan akun ke akun, jumlah views postingan, dan tindakan pengikut. Sedangkan data konten, menampilkan jumlah kiriman Instagram yang sudah kamu unggah dalam kurun waktu tertentu. Jumlah pengikut, asal, gender, dan waktu rata-rata menggunakan Instagram, masuk dalam data audience.

Berdasarkan data yang telah diketahui, Insight akan memudahkan pebisnis untuk menentukan strategi penjualan. Selain itu, pebisnis juga bisa memaksimalkan media sosial Instagram untuk keperluan bisnisnya.

Baca Juga | Apa Itu Content Marketing? Yuk Simak!

Cara Mengaktifkan Insight Instagram

Agar dapat melihat Insight Instagram milikmu, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut, beberapa tahapan yang dapat kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur insight.

  • Mengubah Akun Instagram Menjadi Mode Bisnis

Agar instagram milikmu berubah menjadi bisnis, kamu perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Login pada akun Instagram.
  2. Buka profil.
  3. Tekan menu pengaturan yang berada di pojok kanan atas.
  4. Pilih menu settings atau pengaturan yang terletak pada bagian paling bawah.
  5. Pilih menu switch account.
  6. Tekan tombol di samping menu untuk mengubah menjadi business.
  7. Ikuti langkah-langkah yang diminta. Kamu juga bisa menghubungkan akun bisnis Instagram dengan akun Facebook.
  8. Ikuti hingga selesai.

Baca Juga | Gaya-Gaya Foto Tren Di Instagram Yang Wajib Kamu Tahu! Ada Gaya Apa Aja Ya?

  • Fitur Insight Instagram

Setelah akun Instagram bisnismu aktif, secara otomatis Insight muncul dan bisa diakses. Berikut ini merupakan menu-menu dan informasi yang dapat kamu akses dalam insight Instagram.

    • Klik pilihan Insight untuk melihat data aktivitas dan konten.
    • Profil visit, menu ini berisi jumlah pengunjung profilmu dalam bentuk grafik.
    • Impression, dapat kamu gunakan untuk melihat seberapa banyak views postingan yang sudah kamu unggah.
    • Call/email click, digunakan untuk memunculkan kontak yang dapat dihubungi kepada para pengikutmu.
    • Reach, menunjukkan berapa banyak akun yang dijangkau oleh akun Instagram mu.
    • Exits, merupakan menu di bagian cerita Instagram yang melaporkan akun yang melakukan skip pada postinganmu.
    • Promotion, menampilkan kegiatan promosi yang sudah dilakukan.

Selain beberapa fitur di atas, masih banyak fitur lain yang dapat kamu nikmati dalam Instagram bisnis.

Baca juga | Membuat Akun Whatsapp Bisnis dengan Mudah dan Cepat

Cara Melihat Insight Instagram

Terdapat tiga cara melihat insight Instagram berbeda yang dapat kamu gunakan. Ketiga cara tersebut adalah melalui beranda akun, melalui postingan, dan melalui cerita Instagram.

1. Melalui Beranda Akun

Melalui beranda akun, kamu bisa mengetahui seluruh aktivitas selama 7 hingga 30 hari ke belakang. Data-data yang ditampilkan adalah impresi, pengunjung profil, website taps, email taps, postingan teratas, cerita instagram teratas, Instagram TV teratas, dan grafik mengenai penambahan serta penurunan pengikut. Insight melalui beranda dapat kamu akses melalui menu insight yang ada di pojok kanan atas profil. 

2. Melalui Postingan Instagram

Insight tiap postingan, dapat kamu lihat secara terpisah. Laporannya menampilkan data mengenai jumlah pengikut yang menyukai, berkomentar, postingan dibagikan, dan yang menyimpan postingan. Insight dapat kamu temukan pada bagian bawah tiap postingan, dengan menekan pilihan view insight.

3. Melalui Cerita Instagram

Sama halnya seperti postingan, cerita Instagram juga memiliki insight secara terpisah. Cara melihat insight Instagram melalui cerita dilskukan dengan menekan menu ‘dilihat’ yang ada di pojok kiri bawah, atau mengusap cerita Instagram ke atas. Setelah itu, insight akan menampilkan jumlah penonton cerita, impresi, dan tindakan yang dilakukan pengikut. Tindakan yang dilakukan biasanya berupa membalas cerita, menyukai, dan memberi reaksi menggunakan stiker.

Baca Juga | 14 Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula, Yuk Coba!

Saat ini, kamu sudah mempelajari mengenai cara melihat insight pada Instagram. Ternyata, begitu banyak menu yang dapat mempermudah kegiatan berbisnis. Jika kamu adalah seorang konten kreator dan pelaku marketing, kamu harus mempelajari insight  akun Instagram dengan sungguh-sungguh. Maksimalkan segala menu yang ada dan aturlah strategi yang paling tepat. Semangat dan semoga berhasil, ya!

Baca juga | Apa Itu Instagram Ads? Manfaat serta Rate Harga

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *